Kawasaki Ninja 250 cc dari data spesifikasinya diklaim menelurkan tenaga maksimum hingga 39 Ps

Penampakan New Ninja 250 di Tokyo Motor Show 2017 memang sudah dinantikan biker tanah air. Seberapa keren kah? Tuh… Buat yang suka model elegan dan agak klassik, pasti lebih suka desain ini dibandingkan yang sekarang! Memang modelnya lebih terlihat moge, tak banyak garis-garis tak perlu! Buntutnya malah mengadopsi gaya Kawasaki H2R dan ZX-10R dan bagian tengah fairing mengingatkan pada ZX14R! Sayang tampang depannya belum ada di artikel yang ditampilkan di:

https://otomotifnet.gridoto.com/read/02201235/peluncuran-kawasaki-ninja-baru-di-jepang-kapan-di-rilis-di-indonesia

Info berikut saya ambil dari sumber:

Mesin barunya, tetap dua silinder, DOHC dengan 8 klep, liquid cooled.

Berkapasitas ruang bakar 249 cc didapat dari konfigurasi bore 62 mm dan stroke 41,2 mm.

Klaim tenaganya, tenaga Kawasaki Ninja 250 baru ini mencapai 39 PS atau 38,45 dk di 12.500 rpm, sedang torsinya mencapai 23,5 Nm pada 10.000 rpm.

Tenaga ini lebih besar dari Kawasaki Ninja 250 sebelumnya yang saat ini dipasarkan di Indonesia.

Powernya hanya 32 PS atau 31,54 dk di 11.000 rpm, sedang torsinya pun hanya 21 Nm pada 10.000 rpm.

Gimana Bro? Soal power, tampaknya sudah akan menggusur Honda CBR 250RR dari singgasana. Soal desain, ya selera sih.. tapi bikers yang lebih suka gaya elegan akan melirik Kawasaki Ninja 250 gress ini.

Namun, kalau kita kritis, ada beberapa point yang bisa dibilang tak melebihi ekspektasi:

Kaki-kakinya bisa dibilang sederhana! USD hanya isapan jempol, lengan ayun pun biasa saja… Desain velg pun tak lagi khas Kawasaki Ninja 250. Buat saya pribadi sih, desain velg ini oke.. Namun, ciri khas Ninja 250nya hilang. Mungkin ini demi tetap menjaga harga Ninja 250 tak terlalu jauh dari harga yang sekarang. Yang tampak membantu di kaki-kaki mungkin diameter cakramnya. Entah benar atau tidak, tampaknya diameter rem depan semakin besar.

Yang tak melebihi ekspektasi adalah konfigurasi mesin, tetap 2 silinder pararel. Blog Sesat menilai ini sebagai sebuah kedewasaan Kawasaki. Kalau mereka buat 4 silinder, niscaya menjualnya berat! Harganya bisa  setara motor 650cc 2 silindernya! Buat apa bikin motor yang banyak pemujanya, tetapi sulit mendapatkan pembelinya? Untung saja secara tenaga sudah sangat menjanjikan, kekecewaan penggemar Kawasaki tentu bisa diminimalisir.

Nah, tampang depannya sudah ditampilkan di sini:

https://otomotifnet.gridoto.com/read/02201244/ini-pembeda-kawasaki-ninja-baru-250-dengan-versi-lamanya-ada-6-bagian-yang-jelas-berubah

Kawasaki Ninja 250 2017

Tampang depannya rupanya benar-benar agresif, tetapi yang asik tentunya garis-garis kakunya tetap elegan dan minimalis. Desainnya pun sudah menampilkan winglet! Yang doyan MotoGP pasti gelap mata haha… Yang pengrajin modifikasi pasti pusing, mau dibikin ganteng gimana lagi ini motor!

Kawasaki Ninja 250

Dari sisi serong depan, wah, kegantengannya makin nongol! Dari sisi ini, saya teringat pada desain ZXRR yang sempat diterjunkan Kawasaki dan digeber Alex Hoffmann, Makoto Tamada dan Shinya nakano.

Knalpot lebih pendek dari versi sekarang. Masih punya ciri knalpot Ninja 250, tetapi karena pendek, jadi tampak seperti knalpot Suzuki GSR 750.

Ya, sejauh ini hanya itu yang terpantau. Pastinya masih ada sisi keunggulan lain motor yang penjualannya tak pernah padam ini… Dari langkah ini dan tampilan ini, tampaknya kompetitor semakin kegerahan dan butuh angin penyejuk wkwk..