Penampakan New Ninja 250 di Tokyo Motor Show 2017 memang sudah dinantikan biker tanah air. Seberapa keren kah? Tuh… Buat yang suka model elegan dan agak klassik, pasti lebih suka desain ini dibandingkan yang sekarang! Memang modelnya lebih terlihat moge, tak banyak garis-garis tak perlu! Buntutnya malah mengadopsi gaya Kawasaki H2R dan ZX-10R dan bagian tengah fairing mengingatkan pada ZX14R! Sayang tampang depannya belum ada di artikel yang ditampilkan di:
Info berikut saya ambil dari sumber:
Mesin barunya, tetap dua silinder, DOHC dengan 8 klep, liquid cooled.
Berkapasitas ruang bakar 249 cc didapat dari konfigurasi bore 62 mm dan stroke 41,2 mm.
Klaim tenaganya, tenaga Kawasaki Ninja 250 baru ini mencapai 39 PS atau 38,45 dk di 12.500 rpm, sedang torsinya mencapai 23,5 Nm pada 10.000 rpm.
Tenaga ini lebih besar dari Kawasaki Ninja 250 sebelumnya yang saat ini dipasarkan di Indonesia.
Powernya hanya 32 PS atau 31,54 dk di 11.000 rpm, sedang torsinya pun hanya 21 Nm pada 10.000 rpm.
Gimana Bro? Soal power, tampaknya sudah akan menggusur Honda CBR 250RR dari singgasana. Soal desain, ya selera sih.. tapi bikers yang lebih suka gaya elegan akan melirik Kawasaki Ninja 250 gress ini.
Namun, kalau kita kritis, ada beberapa point yang bisa dibilang tak melebihi ekspektasi:
Kaki-kakinya bisa dibilang sederhana! USD hanya isapan jempol, lengan ayun pun biasa saja… Desain velg pun tak lagi khas Kawasaki Ninja 250. Buat saya pribadi sih, desain velg ini oke.. Namun, ciri khas Ninja 250nya hilang. Mungkin ini demi tetap menjaga harga Ninja 250 tak terlalu jauh dari harga yang sekarang. Yang tampak membantu di kaki-kaki mungkin diameter cakramnya. Entah benar atau tidak, tampaknya diameter rem depan semakin besar.
Yang tak melebihi ekspektasi adalah konfigurasi mesin, tetap 2 silinder pararel. Blog Sesat menilai ini sebagai sebuah kedewasaan Kawasaki. Kalau mereka buat 4 silinder, niscaya menjualnya berat! Harganya bisa setara motor 650cc 2 silindernya! Buat apa bikin motor yang banyak pemujanya, tetapi sulit mendapatkan pembelinya? Untung saja secara tenaga sudah sangat menjanjikan, kekecewaan penggemar Kawasaki tentu bisa diminimalisir.
Nah, tampang depannya sudah ditampilkan di sini:
Tampang depannya rupanya benar-benar agresif, tetapi yang asik tentunya garis-garis kakunya tetap elegan dan minimalis. Desainnya pun sudah menampilkan winglet! Yang doyan MotoGP pasti gelap mata haha… Yang pengrajin modifikasi pasti pusing, mau dibikin ganteng gimana lagi ini motor!
Dari sisi serong depan, wah, kegantengannya makin nongol! Dari sisi ini, saya teringat pada desain ZXRR yang sempat diterjunkan Kawasaki dan digeber Alex Hoffmann, Makoto Tamada dan Shinya nakano.
Knalpot lebih pendek dari versi sekarang. Masih punya ciri knalpot Ninja 250, tetapi karena pendek, jadi tampak seperti knalpot Suzuki GSR 750.
Ya, sejauh ini hanya itu yang terpantau. Pastinya masih ada sisi keunggulan lain motor yang penjualannya tak pernah padam ini… Dari langkah ini dan tampilan ini, tampaknya kompetitor semakin kegerahan dan butuh angin penyejuk wkwk..
10 komentar
Comments feed for this article
25 Oktober 2017 pada 1:21 pm
yogieza
Lampu depan kek vario
Btw kapan keluar new bsa ma
26 Oktober 2017 pada 1:18 am
arieslight
sebenernya varionya yang kekerenan wkwk…
BSA blm ada kabarnya lagi…
26 Oktober 2017 pada 2:08 pm
nunoe
lampu depan kayak vario, r25, cbr600, panigale, apa lagi ya??hahaha…
tapi kayaknya trend nya emang gitu kayaknya ya?
26 Oktober 2017 pada 11:59 pm
arieslight
ya..trendnya ke situ.. Dan tampaknya ini motor belom dijual aja udah banyak dikomentarin kurang positiv ya..terutama masalah desain dan belum USD. Power yang dijanjikan wow banget padahal jadi kaya ga dianggep hihi.. pembunuhan karakter sedini mungkin hihi..
HArusnya sih berani bikin trend baru juga yang agak lebay, tapi wow..kaya motor cina gitu..bikin knalpot dobel kiri kanan, cakram depan dobel, USD, ..gitu aja udah bikin motor secara siluet real moge haha..
27 Oktober 2017 pada 3:29 am
nunoe
ngga menarik ah si Ninja ini, yg menarik adalaaaaahhh Z900RS, semoga dibikin versi 250cc nya, pake mesin ninja ini aja..cakep dah..ekor belakangnya itu loohh
27 Oktober 2017 pada 11:31 pm
arieslight
laris manis pastinya kalo berani bikin desain sama plek dengan mesin 250cc..apalagi kalau ergonomi santai..wah, asik banget..
Btw, ik masih lebih suka CB1100 sih..lebih klassik..,kalau ini neo klassik.. agak kurang sreg di rangka, tapi ini dibanding Yamaha XSR jauh lebih dapet sih.. kalau dijual di sini, yang bakal nangis sih Ducati Scrambler..
7 November 2017 pada 5:12 pm
nunoe
rangka nya baru kan??bukan pake punya Z900..tapi iya sih, dibikin monosok + upside down soalnya, jadi berasa neo..kurang klassik..tapi dapet lah feel Z1 nya…
8 November 2017 pada 12:43 am
arieslight
Dari samping dapet feel Z1nya..tapi dari belakang ga ada beda2nya sama motor sekarang..ga greget banget dilihat dari lurus belakang.
yup..rangkanya beda dengan Z900 ..mirip sih ke depannya dan engine mountingnya..
28 Oktober 2017 pada 11:10 am
Fiat Tomcat
Liat penampakan sasisnya di blog sebelah…uelek pol…ngeri bgt dah kalo ngehajar lobang gede bisa ngelipet tuh
28 Oktober 2017 pada 11:27 am
arieslight
demi mengejar handling dan bobot Bro.. Pasti ada plus minusnya sih… dulu ZX-10R tahun 2004 kalau ga salah dinobatkan sebagai best superbike, power gede, dan tumben2an buat kawasaki di zaman itu, handlingnya oke banget..tapi rangkanya lemah, kalau kecelakaan ringkih