Lagi tersesat ke balai kota hari ini, di tepi jalan nongkrong sosok motor klassik yang mirip salah satu motor Kawasaki yang sempat melegenda dan dipasarkan di tanah air. Pas saya dekati, rupanya motor ini bernama Kawasaki GPZ 550!
Melihat sosoknya, wah, masih full original! Ketara sudah buluk, tapi auranya masih sangat ada. Saya pun berhenti sebentar mendokumentasikan motor 4 silinder berkapasitas 553cc ini. Motor DOHC ini unik juga, meskipun DOHC, klep per silindernya hanya 2 buah..hmm jangan-jangan sumber saya yang salah ya..entahlah…
Yang jelas, motor kelahiarn 1982-1983 ini memang punya kegantengan retro yang layak banget dibangkitkan lagi. Mesin berkompresi 10:1 6 speed bertenaga sekitar 65 PS @ 9000 rpm ini dinilai cukup oke dan secara keseluruhan, motor berbobot 210 Kg full tank 15 liter ini dianggap terbaik di zamannya dan di kelasnya.
Gimana Bro? Keren juga ya tampilan motor sport touring ini.. Buat hari-hari kayanya lincah sih.. Ukuran bannya masih kecil, menjamin kelincahan dan keiritan hihi.. Meskipun ukurannya tak terlalu besar, top speednya lumayan, sanggup 190 Km/jam lebih..
Sebenarnya yang lebih klassik lagi yang terbitan tahun 79. Yang doyan klassik angkatan Yamaha RX-Z pasti doyan dengan GPZ terbitan 79. Kalau mau lebih klassik lagi, tentu versi sebelumnya yang masih diberi nama KZ550.
Nah. kalau di awal teks saya bilang ada yang mirip dengan salah satu motor Kawasaki yang sempat melegenda di Indonesia, coba lihat sosok utuh motor yang mulai tergolong klassik tapi masih murah ini (Di sini 2 unit GSX 125 R baru bisa dapat 2-3 unit GPZ 550!)
Mirip banget sama Kawasaki AR125 Bro.. Bandingkan deh:
Ninja 250 karbu dimodif gini boleh juga ya wkwk…
6 komentar
Comments feed for this article
29 November 2017 pada 6:10 pm
awansan
Mungkin dibangun sebasis dengan AR125, cuman dibedakan mesin 😅
30 November 2017 pada 1:20 am
arieslight
hihi.. AR 125 baru nongol tahun 82 kayanya Bro, dijual di Indonesia tahun 84. GPZ 550 sudah dari tahun 79..berarti memang polanya gitu, mogenya dulu nongol, baru motor cc kecilnya nongol..pengecualian pas CBR 250RR keluar duluan, baru CBR1000RRnya nongol dengan desain mirip
30 November 2017 pada 2:13 am
Abdul cholik
Wah tau banget dah ni mongtor, kawak ar 125.mau ngebangunnya aja jumpalitan, nyari bahannya aja tuh jenggot ampe lumutan g nemu2.musti bersabar tingkat dewa. Klo setau mas ari, ar 125 akselerasinya kayak apa? Klo head to head sama rx king bagaimana? Tapi estede mas ari
30 November 2017 pada 4:48 pm
arieslight
Susah Bro..nyari bahannya aja susah, apalagi ngebangunnya ya.. Ngebangun Suzuki GT250 aja Bro..enak banget dinaikinnya hihi.. tapi bentuk kerenan AR125 ini sih, lebih khas desainnya.
Saya belom pernah ketemu sama sekali sama motor ini di jalan..eh, pernah deh, tapi dulu zamannya ini motor masih dibuang2..udah butut gitu dan jalan pelan..
Kalau lihat power 22 PS dan berat 107 Kg, ya ini setara sama RGR ya, atau sama Touch 125 masih berani ngelawan.. RX-King standar ya lewat..
30 November 2017 pada 7:56 am
nunoe
80’s banget…
btw, itu yg nemplok diatas tangki gpz550 apaan ya??
30 November 2017 pada 4:49 pm
arieslight
fuelmeter dan indikator oli brader.. udah kaya mobil ya wkwk..