20171129_111807

Tersesat kesekian kalinya ke balaikota demi perpanjangan visa, saya ketemu sosok Gixxer 750 ini lagi. Hmm, cukup terkejud juga mengingat suhu yang sudah sekitar 5 derajat dan sering hujan, Gixxer ini rupanya dipakai si empunya juga di musim dingin. Dan tadi saya ke sana lagi, eh ada lagi. Jadi bisa dipastikan ini motor dipakai harian hihi..

Entah terbitan tahun berapa tepatnya, tetapi model ini keluar tahun 1996-1999. Di model ini terjadi peralihan dari karburator vakum ke injeksi, tepatnya di tahun 1998. Gixxer ini bisa juga dibilang peralihan dari lampu model bulat 2 jadi lampu tunggal. Gixxer 750 yang menggemparkan di tahun 1985 dengan memperkenalkan bobot extra ringan dan tenaga besar di zamannya memang menjadi standar bagi motor superbike di era pertengahan 80an itu. Hadir dengan dua lampu depan bulatnya, bertahan terus hingga model ini. Dari luar memang terlihat satu frame, tapi di dalamnya masih bulat dua, ya belum beralih jadi lampu model superman lalu jadi model alpukat.

Ciri lain khas Gixxer 750 lainnya yang bisa diamati sampai Gixxer 750 zaman now  adalah velgnya yang setia dengan palang 3 ya..

20171129_111821-1

Dibandingkan Gixxer sekarang, Gixxer tahun segini memang bisa dibilang bohay. Ukurannya layak membuatnya disebut moge! Motor yang di tahun kelahirannya masih jadi jagoan di WSBK yang memang masih 750cc ini sampai sekarang masih sangat digemari sebab kelincahan ala 600cc dan tenaga mesin di jalan sanggup mengimbangi 1000cc. Di tahun 1996, Suzuki menghadirkan rangka RGV sebagai bahan dasar rangka Gixxer yang membuatnya makin ajiiib.. Fairing pun dikembangkan di wind tunnel, hasilnya tentu toyyib dan siap membawa Gixxer 750 jadi numero wahid! Track bike banget lah…

20171129_111749-1

Gixxer 750 generasi ini lumayan digemari penggemar motor balap second. Selain harganya terjangkau, kualitasnya bisa dibilang asik banget. Mesin 750cc dirasa menyediakan tenaga yang cukup menyenangkan. Jaga-jaga dari kebabalasan, rem tokico 6 piston per kapilernya dianggap sensasional! Buat yang ngangkat second, tinggal ganti ban, servis suspensi plus disarankan tambah sedikit oli suspensi depannya, maka Gixxer 750 sudah siap untuk diajak hepi-hepi. Riding qualitynya dinilai oke, minusnya hanya di tikungan lambat, doi terasa agak berat. Obatnya sih, ganti steering dampernya.. Maklum, tak bisa disetting.. Biar terasa dahsyat Tokico 6 pistonnya, disarankan juga ganti minyak rem dan menggunakan selang rem branded..

20171129_111806-1

Yang dikritik di motor ini adalah kualitas finishingnya yang katanya ga oke.. Hmm, baik-baik saja sih ya kalau dari jauh dan untuk motor berumur belasan tahun, saya bisa bilang ini awet gantengnya.. Ga jadi bule dan bekapang dan terlihat bebas karat wkwk… Ini motor yang ga ori saya perhatikan hanya spion, jok, wind screen dan knalpot, plus tambahan frame slider. Sisanya sih, bawaan orok yang ganteng kronis..