Buat penggemar motor 2 tak asal Italia, masa kejayaannya sudah berakhir seiring digantikannya GP250 dengan motor Moto2. Meskipun begitu, keganasan motor 2 tak twin 250cc dengan power band sempit yang dikombinasikan dengan bobot motor yang ringan tetap tak tergantikan. Alhamdulillah Blog Sesat masih sempat menyaksikan lengkingan mesin 2 tak 250cc yang asli sakit di kuping itu wkwk… Berkesan banget memang, apalagi di Sachsenring 2009 yang juara adalah Marco Simoncelli.

Kembali ke tema! Para penggemar motor Italia 2 tak kini akan diobati kesembuhannya. Bukan oleh Aprilia, Derbi, Gilera, apalagi Cagiva, udah tinggal sejarah itu mah.. tetapi oleh produsen baru, yakni Vins Motor yang bermarkas satu kota dengan Ferrari, yakni di Maranello. Vins Motor akan meluncurkan Duecinquanta yang berarti 250, sepeda motor 2 tak dengan konstruksi twin V90 derajat yang tentunya sudah tembus Euro 4. Nah, di sinilah ajaibnya, tembus Euro 4!

Berhubung harus tembus Euro 4, jadi jangan berharap tenaganya super besar. Diprediksi sih sekitar 70 PS saja.. Itu pun sebenarnya tergolong besar mengingat norma Euro 4 yang harus dipenuhi. Namun, jangan takut kehilangan taringnya! Meskipun hanya 70PS, bobotnya dikatakan bisa di bawah 95 Kg! Ini semua diperoleh dari rangka monocoque, suspensi depan, lengan ayun dan velg berbahan karbon! Keren? Perasaan jadi ga enak malah yah dengar kata “karbon”. Yup, di satu sisi keren dan extraenteng, di sisi lain, harga tentu jadi extraberat! Jangan harap jadi motor macam Yamaha RD series atau Suzuki Gamma series yang masih kebeli golongan menengah dan menengah ke bawah. Satu unitnya dikabarkan akan dibanderol 40.000 Euro! Artinya ya sama aja kalau masuk Indonesia setara dengan 2 unit CBR1000RR SP atau 2 unit S1000RR wkwk… Itu pun masih versi standard, versi Competizione bikin palale migrane e dompete jebole, sebab plus tambah 10000 Euro lagi! Ya, kalau dijual di Indonesia dengan ini itunya bisa tembus 2 M!

Sumber: https://www.motorradonline.de/motorraeder/vins-duecinquanta.989066.html