Pernah dengar BMW R7 yang keren itu? Nah, kita kenalan dengan yang ga kalah kerennya. Memang tak segahar BMW R7, tetapi beda dengan BMW R7 yang hanya purwarupa alias prototipe, BMW R5 yang diperkenalkan prototipenya oleh BMW pada tahun 1935, akhirnya bisa diproduksi di tahun 1936 dan 1937. Beda dengan prototipenya yang pakai suspensi belakang, versi massalnya tanpa suspensi belakang. Namun, tetap saja, doi tergolong yang canggih di masanya! Desain, teknologi dan cara produksinya mewarnai produk-produk BMW hingga tahun 50an bahkan 60an ya..

20170409_113619

Bagaimana desainnya Bro? Keren banget kan.. Dan kalau kita baca-baca literatur, ini termasuk motor legendaris, terutama dari segi desainnya..

Yang menjadi perubahan besar adalah model rangkanya yang sangat BMW banget ya.. Beda dengan tipe sebelumnya yang mengandalkan plat baja press, kini rangkanya dibuat dari pipa baja oval.

Soal bodi, tanki berkapasitas 15 liter, spatbor depan dan belakang dibuat dari plat baja! Ini baru kuda besi Bro hihi…

20170409_113648

Untuk penerangan dan pengapian, BMW mempercayai Bosch yang memang terbukti sampai saat ini masih bertahan. Yang bikin bingung sih spidometernya, sudah ada tripmeternya juga ternyata tahun segitu hihi..

20170409_113632

Suspensi belakang memang rigid, ya ini masih tahun 30an kan.., tetapi jangan remehkan suspensi depannya. Saat banyak motor di tahun itu masih pake model cangkang, yang buat ukuran tahun sekarang memang jadi kelihatan klassik dan harganya mahal bingits, BMW sudah menggunakan model teleskopik dan bisa diatur tingkat peredamannya, bahkan saat motor dalam keadaan berjalan. Namun, jangan tanya saya bagaimana cara menyetelnya ya hihi.. pake tangan pastinya.. dan sepertinya tak perlu alat!

20170409_113713

Untuk mesin, ya kelihatan lah mesin Boxer khas BMW. Mesin boxer ini berkonfigurasi square lho..68x68mm! Memang BMW juga mendesain doi untuk menjuarai balapan. Mesin 4 tak 2 silinder berkapasitas 494cc ini bisa menghasilkan 24 PS@ 5500 rpm. Lumayan, bisa membawa motor berbobot kosong 165 Kg ini menggapai kecepatan 140 Km/jam.

20170409_113726

DAri belakang, tampilannya tak kalah sexy. Lampu belakangnya to sweet to forget and to expensive to buy wkwk.. Desainnya knalpotnya juga belum bentuk torpedo, ujungnya masih seperti motor-motor Inggris dengan gaya sirip ikannya..

20170409_113908

Gimana Bro? Ganteng dan berwibawa ya.. Tak heran motor ini banyak menginspirasi penggemar modifikasi, terutama aliran chopper. Kabarnya, BMW kalau mau buat motor chopper lagi pun, orientasinya akan ke BMW R5. Tak tertutup kemungkinan, apalagi melihat BMW R90 sukses direinkarnasi jadi BMW RNineT..