BMW R5 yang kita bahas di artikel sebelumnya merupakan sebuah legenda, salah satunya dalam segi desain. Tak heran, ada pihak-pihak yang membuat homage alias tribute untuk BMW R5. Salah satunya adalah modifikasi BMW R5 berikut:

20170304_121242

Sebenarnya ini motor tak sepenuhnya BMW R5.. Gila saja kalau memodifikasi motor klassik sekelas BMW R5! Yup, meskipun punya duit, memodifikasi motor klassik kelas wahid itu bisa-bisa malah menuai kritik pedas dari kalangan penggemar motor klassik. Motor klassik itu harus dilestarikan dengan sebisa mungkin dijaga keasliannya! Jangan mentang-mentang punyanya dan punya duit lebih, motor klassik dihancurkan dengan menamai itu sebagai kreatifitas!

20170304_121257

BMW R5 ini beda kasus. Doi diambil dari motor eks balap yang sudah hancur. Yang bisa dibilang masih asli hanya mesinnya, sedangkan rangka dan tanki dibuat ulang dengan berorientasi ke original gaya BMW R5 yang mereka ubah sedikit dengan interpretasi mereka.. Bisa dilihat juga gaya strippingnya yang klassik, tetapi dilaburkan di atas cat hitam yang dikombinasikan finishing beraksen smoked (ga pake beef) . Suspensi depan pun sebenarnya suspensi modern yang dikamuflase dengan model klassik. Soal pengereman, ya memang cakram modern sih..

Mesin yang aslinya bertenaga hanya sekitar 25 PS pun dimodifikasi. Tentunya diperbaiki dulu mesin yang sudah jebol dipakai balap itu..Si modifikator yang tak puas dengan tenaga bawaan pun mengembangkan sendiri kompressor untuk melonjakkan tenaga mesin boxer 494cc bawaan hingga dihasilkan tenaga 40PS, jauh dari tenaga standard motor terbitan tahun 1936 ini.

20170304_121225

Gimana Bro? Keren juga ya silhouettenya! Soal harga jangan tanya, hand made Bro..