Ada yang aneh menjelang malam ini di papan jadwal U-Bahn. Kalau biasanya ada keterangan waktu, U-Bahn datang dalam waktu berapa lama lagi, kali ini ada keterangan extra:

20180125_192202-1 (1)

Intinya trayek U35 dibelah dikarenakan penemuan bom! Yup..kebayang ga kalau di Indonesia ada pengumuman macam itu? Pasti ramai diperbincangkan ya.. Nah, di sini, dari puluhan orang yang sama-sama menunggu U35, tak satupun memperbincangkan penemuan bom ini hihi.. Yes, kaya ga ada apa-apa aja.. Cuma kaya ada pengumuman keterlambatan akibat masalah teknis.

20180125_184147 (1)

Di Bochum baru kali ini sih saya alami kejadian macam ini. Waktu 2016 pernah juga mengalaminya di kota Cologne. Di Cologne yang memang kota besar dan padat penduduk, tentu lebih ramai lagi karena arus lalu lintas diblokir dan memang ada daerah yang disterilkan.

Jadi di Jerman memang penemuan bom hal yang biasa.. Bukan bom teroris ya, tapi bom sisa-sisa Perang Dunia II hehe.. Seorang teman bahkan sempat mengalami dievakuasi dari tempat tinggalnya. Jadi hebohnya ya lokal saja hihi… Mayoritas bom bisa dievakuasi tanpa meledak sih..ya walaupun sempat ada yang meledak juga karena tercangkul excavator..