Apa itu definisi moge atau motor besar? Kalau berdasarkan ukuran, pasti banyak yang menentang kan.. Sebab memang banyak motor berkapasitas kecil yang ukurannya sudah bisa dibilang setara moge..

Nah, ada yang mendefinisikan motor berkapasitas di atas atau setara 400cc. Ya ini ngikutin kapasitas motor 400cc 4 silinder di zaman 90an juga sih.. Ada juga yang menganggap kapasitas 500cc yang jadi pemenuh kriteria moge. Oke, segitu dulu..

Nah, pernah liat moge dipakaikan ban cacing? Susah pasti kan.. Selucu-lucunya paling motor 250cc 2 silinder yang masih berani dimodifikasi macam ini. Kalau sudah moge, sudah tak sangguplah velg dan ban cacing menerima beban dan menyalurkan tenaganya…

Nah, saya punya contoh moge dengan ban cacing yang bukan hasil modifikasi! Ini moge dari sananya sudah pakai ban cacing! Dan dijamin ga ada yang protes! Yang punya moge pun dan punya otak cukup pasti paham untuk menunjukkan sedikit rasa hormat pada moge ban cacing yang satu ini:

20170409_133853

Wkwkwk… Ini dia moge ban cacing yang saya maksud! Blog Sesat tidak ngibul saudara-saudara.. Ini Excelsior single tahun 1910! Mesin 1 silindernya berkapasitas¬† 500cc! Kalau dipakai dengan teknologi sekarang, 1 silinder 500cc 4 tak dengan ban beginian pasti dipakai drag ya hehe.. Yang ini mah aman.. Maklum, tenaga tahun 1910 500cc hanya menghasilkan 4 PS saja!

Gimana? Ada yang mau adopsi motor yang diklaim masih 100% original ini?

Ga mungkin 100% original sih, bannya pasti sudah bukan bawaannya hihihi…