2017-08-03-16-00-11-1

Dulu kita sudah sempat membahas tentang bore up Thunder 125 jadi 50cc. Detailnya bisa dicek lagi di sini:

https://motorklassikku.wordpress.com/2017/08/08/bore-up-thunder-125-jadi-150cc/

Nah, setelah inreyen dan pemakaian sekian lama, begini kira-kira kesaksiannya:

Sebagai perbandingan, sebelumnya motor ini hanya bermodal karburator PE 28 KW seharga 200 ribuan yang lumayan mendongkrak akselerasi lebih spontan. Namun, efek borosnya lumayan nampol dibandingkan karburator bawaan yang vakum. Lebih baik memang pakai yang vakum saja kalau mengejar keiritan… Kalau pakai PE28 tanpa ubahan mesin, kurang efektif kenaikan tenaga dibandingkan kenaikan konsumsi bahan bakarnya.

Dengan PE 28 dan gir belakang Suzuki RGR yang 42 mata (standard 45 mata, mohon koreksi kalau salah), top speed di spidometer variasi sekitar 115 Km/jam. Di spidometer standar katanya dapat 115 km/jam juga.

Nah, setelah di bore up dan setting lagi karburatornya, tenaga dirasa semakin meningkat tentunya. Dan enaknya, justru karbu PE28 ini lebih efektif.. Buka gas dikit, motor lebih mudah melejit. Efeknya, pemakaian bahan bakar dirasa lebih ekonomis dibandingkan sebelum bore up. Hmmm jadi yang sudah pakai karburator lebih besar, bore up justru berpotensi membuat motor lebih irit!

Menurut adik saya, tenaga bawah motor memang naik, tapi sedikiiit, yang lebih berasa tenaganya justru di putaran atasnya. Ya, kalau ditilik, benar juga.. Bore up memang lebih banyak pengaruhnya ke power atas, beda dengan stroke up yang memperbaiki torsi lebih baik dibandingkan bore up. Namun, bore up lebih aman lah buat harian dan tak riskan, yup, stroke up yang ga rapih bisa bikin mesin getar, kalau sudah gitu jangan harap awet..

Bagaimana hasilnya piston Moto1 untuk Satria FU yang membuat Thunder jadi 150cc disuplai Keihin PE28 KW dan gir belakang RGR? Top speed mampu 130 Km/jam! Akselerasi sih biasa saja, jangan berharap ketinggian..Lumayan sih menurut saya..apalagi melihat knalpot, pengapian, filter dan porting masih standard…

Hmmm beli Thunder 125 second 3 jutaan, dibangun mesinya jadi 150cc, porting dibenahi, karburator, pengapian dan filter diupgrade modal total 2 jutaan.. wah sudah bisa punya Suzuki Bandit 150 hihihi…

Iklan