Perkenalkan mobil yang setahu saya tiada duanya di dunia.. Mercedes-Benz 540 K Stromlinienwagen alias streamline wagon.. Doi merupakan mobil prototipe tahun 1938 yang dirancang untuk balapan jarak jauh Berlin-Roma!

20170409_132719

Tahun 30an, memang Autobahn alias jalan raya dibangun dengan cepatnya. Dan faktor ini membuat mobil-mobil bisa digeber lebih kencang. Ujung-ujungnya, faktor aerodinamika makin menentukan.. Inilah tantangan yang coba dijawab sedan yang dibangun di bawah bimbingan Hermann Ahrens ini.

20170409_132728

Tadinya mobil ini dirancang untuk jadi mobil balap jarak jauh yang efisien. Namun, akhirnya doi malah dijadikan Dunlop Jerman untuk mencoba ban generasi baru yang lebih aman, kuat dan handal untuk kecepatan tinggi.. Ya disesuaikan dengan karakter Autobahn.. Akibat PD II, semuanya morat-marit. Tahun 50an, bagian-bagian penting 540 K akhirnya bisa diperoleh kembali oleh museum Mercedes-Benz. Dan proyek perakitan dan restorasi yang melibatkan banyak ahli pun dilaksanakan untuk mengembalikan mobil berkaroseri alumunium ini kembali ke bentuk semula. Butuh 4800 jam kerja untuk merekonstruksi dan merestorasi mobil super kece ini.. Menilik jumlah jam kerjanya, jangan coba-coba bayarin ini mobil ya.. Baru di tahun 2014 mobil ini akhirnya jadi!

20170409_132746

Doi pun langsung ditest di wind tunnel dan dapat nilai koefisien drag 0,36.. Hmm, bagus ga tuh ya? Saya terlalu awam untuk menilainya hehe.. Kalau dari samping gini, wah kerennya keterlaluan ya hihi..Mengingatkan Blog Sesat pada Batmobile!

20170409_132800

Ketika ditest turun ke jalan, mobil berusia 76 tahun ini tembus 167,97 Km/jam lebih! Edan, tahun 30an lho.. Dengan kompressor menyala, top speed meningkat jadi 185, 57 Km/jam! Ya ga bisa terus-terusan di kecepatan itu sih, karena kompressor hanya dibatasi beroperasi 1 menit tanpa henti. Tanpa kompressor, tenaga mobil berbobot 2,4 ton ini hanya 115 PS, begitu kompressor aktif, melonjak jadi 180 PS.

Gimana Bro? Pusing ya lihat body full alumunium dengan desain stream line hihi..