Alhamdulillah Blog Sesat diperkenankan lagi bertemu dengan Ramadan di tahun ini. Dari awal kami bertekad untuk mempertahankan peraihan tahun lalu dan sebisa mungkin menaikkan kualitasnya.

20180511_170646

Berhubung bulan ini bulan yang amalannya dilipatgandakan pahalanya, maka amalan-amalan kita perlu ditingkatkan. Hmmm, tentu si Mr. Satan tak mau kita panen pahala dan mencoba membisikkan dengan berbagai cara yang terdengar benar: “awas riya’! Beragama jangan berlebih-lebihan! Beragama semampunya! Kalau ga ikhlas ga ada nilainya!” Pernah terngiang-ngiang kalimat-kalimat tersebut? Ya ada benarnya pastinya… tapi itu bisa kita tepis..kalau mau meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah, yang memang harus dipaksa… Dan jaga niat karena mencari ridho Allah..

Blog Sesat coba berbagi amalan apa yang perlu dilakukan. Ya catatan dari ceramah Ustadz Adi Hidayat pada hari Jumat pekan lalu.. Menurut Beliau, ada tiga amalan yang perlu ditingkatkan:

  1. Memperbanyak sholat
  2. Memperbanyak interaksi dengan Al Quran
  3. Memperbanyak sodaqoh/infaq

Memperbanyak sholat tentunya bukan sholat wajib, kan itu jumlahnya tetap. Namun, coba diusahakan lebih tepat waktu dan sebisa mungkin berjamaah di mesjid. Yang diperbanyak adalah sholat yang hukumnya sunnah, misalnya 12 rakaat sunnah rawatib: 4 rakaat sebelum Dzuhur, 2 rakaat setelah Dzuhur, 2 rakaat setelah Magrib, 2 rakaat setelah Isya dan 2 rakaat sebelum Subuh. Ya tentu masih banyak juga sholat berhukum sunnah lainnya yang bisa dikejar, seperti sholat Dhuha dan Tarawih.

Soal memperbanyak interaksi dengan Al Quran, kita bisa memperbanyak bacaan (qiroatun), berusaha memahami makna-makna ayat Al Quran (tilawah) dan menghafal Al Quran (tahfiz). Masing-masing interaksi dengan Al Quran ini tentu dijanjikan pahala masing-masing. Untuk yang mencoba memahami ayat-ayat Al Quran saja ada yang dijanjikan: ditenangkan jiwanya, dilimpahkan rahmat kepadanya, disertai malaikat dan Allah menyanjungnya sampai selesai tilawah.

Mengenai sodaqoh.. tak banyak yang Beliau sampaikan karena keterbatasan waktu. Intinya, infaq bisa dilipatgandakan balasannya oleh Allah hingga 700 kali lipat. Dan karena Ramadan istimewa, dikali lagi hingga 100. Jadi pahala penuhnya bisa 70.000 kali lipat… Hmmm jangan sampai kita meragukan ini.. Apalagi kalau yang menjamin Yang Maha Kaya dan tak ada batas kekayaannya..

Sekian yang bisa Blog Sesat bagikan, maaf kalau ada kekurangannya.. Selamat berpuasa bagi yang melaksanakannya. Semoga amalan kita diterima Allah swt..