Isu pelarangan 2 tak yang muncul beberapa hari belakangan ini tentu membuat penggemar 2 tak galau. Lebih galau lagi bagi mereka yang sebenarnya ga cinta-cinta banget 2 tak, tetapi sudah banyak menghabiskan dana untuk motor-motor ini. Maklum, karena bisa jadi duit layaknya motor klassik, banyak pemain yang membuat harga motor 2 tak tipe tertentu melesat kurang logis.. Tapi ya di situ serunya kan haha..

Nah, isu pelarangan 2 tak ini tentu bisa jadi pembeda, mana pencinta dan mana yang sekedar terbawa trend atau ada kepentingan lain. Ya, tentu tak bisa digeneralisir juga.. Dan kepentingan lain itu tak salah juga..

Dulu harga motor 2 tak anjlok karena isu pelarangan.. Akankah siklus ini terjadi lagi?

Bagaimana pendapat Blog Sesat tentang isu pelarangan ini?

Isu ya isu, bisa benar, bisa tidak… Namun, ide melarang kendaraan tipe tertentu yang memang hak pemerintah tentu bukan hal yang kita inginkan. Kalau bercermin ke Jerman, jelas negara terkemuka Eropa ini lebih peduli pada kelestarian lingkungan. Sampah diolah sangat baik, sumber energi yang bisa diperbarui pun makin digalakkan. Di kendaraan bermotor, bahkan mereka menargetkan belasan tahun ke depan hanya akan ada kendaraan listrik saja… Yup, Euro 4 yang berlaku mulai 2017 masih akan terus ditingkatkan.

Namun,  apakah ada pelarangan kendaraan tua atau kendaraan 2 tak?

Setahu Blog Sesat, tidak ada! Negara yang katanya kapitalis ini pun tak memiskinkan rakyatnya. Yang mereka paksa disiplin hanya produsen! Produsenlah yang dipaksa menciptakan kendaraan yang wajib memenuhi standar emisi tertentu. Honda CBR600RR, Kawasaki W800 dan BMW K1300 series merupakan sebagian contoh peralihan Euro 3 ke Euro 4. Tak mudah lho bagi pabrikan mematikan line up mereka..

Ketika pemerintah memaksa produsen yang memang besar modalnya untuk ikut program kelestarian lingkungan, konsumen tetap dihargai kepemilikannya.. Sebab pelarangan kendaraan tipe tertentu bisa dipandang sebagai pemiskinan oleh pemerintah…

Dalam rangka ketidaksetujuan pada isu pelarangan 2 tak, Blog Sesat akan menampilkan motor-motor 2 tak eksotis yang sudah diliput wartawan tanpa bayangan kami..

*Artikel ini dibuat seadanya tanpa penelitian, tanpa pikir panjang wkwk…