Suatu hari teman saya yang sesama anggota BMW Edan Club menunjukkan foto Vespa yang terlihat begitu gurih..
Oh ya, gara-gara dia sebenarnya saya beli Excell Rose, rencananya mau touring ke Bromo pas libur tahun baru 2012 yang akhirnya gagal karena takut Bu Jendral wkwk..
Melihat perawakan Vespa ini bikin pangling, saya kira dia nambah Vespa baru. Eh, rupanya ini Vespa PX 150 milik babenya. Tau kan Vespa PX 150 warna biru tua yang ga menarik itu wkwk..ya lebih karena warnanya yang ga cerah sih, begitu diganti warna cerah dan lampu bulat, wah langsung bikin hepi ngelihatnya..
Dia tertawa sih saat mengirimkan gambar ini. Yup, dibangun total..lumayan mahal katanya. Ya tapi semahal-mahalnya, kalau sudah pernah bangun BMW tua, ngebangun Vespa tahun 80-90an sih terasa membahagiakan.
Sayang dia ga bilang detailnya berapa.. Ya kalau ditotal-total, sangat mungkin sih mencapai 10 juta, tergantung seberapa baik kualitas cat, keoriginalitasan parts dan aksesoris. Dari pengalaman ngebangun Excell Rose yang sampai perbarui total mesin, cat, velg dan sebagainya, sebenarnya dengan 10 juta sudah bisa jadi Vespa ganteng..
Oh ya, kenapa seru membangun Vespa 2 tak dibanding merestorasi atau membangun Vespa 4 tak?
Ya jelas karena yang klassiknya Vespa ya 2 tak… Yang sudah keracunan Vespa 2 tak, ga banyak yang tertarik main Vespa 4 tak.
Bengkel balap Vespa 2 tak pun bilang, secara biaya, ngebangun Vespa 2 tak kuenceng itu jauuuuh lebih murah..
Vespa 2 tak juga perawatannya dan servisnya jauh lebih murah.. Coba, ada gak Vespa 4 tak yang dengan 20 ribu bisa bayar jasa servisnya?
Soal parts, Vespa 2 tak juga jauuuuh lebih murah…
Soal pajak, hihihi..yang bikin malas bayar pajak bukan nominalnya pastinya… Murah Bro….
Vespa 2 tak harganya berpotensi naik, sedangkan 4 tak lebih cenderung turun..ya hukum ekonomi lah..sekarang pun cari Vespa 4 tak belasan juta gampang banget, secara harga mulai hampir sama dengan Vespa 2 tak yang tergolong belum dianggap collector items..dan bisa jadi segera tersusul dan keadaan berbalik.
Vespa 2 tak itu ngerepotin dibandingin 4 tak karena masih harus pindah gigi, masih harus nyampur-nyampur bensin, tapi di situlah serunya..
Terakhir, masalah Brotherhood..hmm, entah, di Vespa 4 tak sepertinya tak sama dengan di 2 tak ya..atau ini perasaan saya saja wkwk..
6 komentar
Comments feed for this article
1 Juni 2018 pada 9:45 pm
k5538gl
tapi justru bratherhud itu yg kadang bikin keki. gimana enggak, lagi buru buru eh…ketemu pengendara lain lagi mogok
2 Juni 2018 pada 4:48 pm
arieslight
dulu saya mikirnya begitu..makanya kalau lagi ada keperluan dan ga banyak waktu ga naik vespa..selain itu juga saya ga ngerti vespa, make doang.tapi pas sekali2nya yang ban saya bocor dan tau2 ada yang berhenti dan gantiin ban belakang saya, wah pikiran saya berubah..malu sendiri sempet mikirnya egois gitu..
kalo kata temen sih siapin busi aja..kalo ada yang mogok say hi, kasih busi, pamit deh kalo buru2..
4 Juni 2018 pada 7:23 am
Roy
10jt murah jatuhnya… ada lho astrea grand di restorasi kena 35jt, dan dijual laku 80jt… hahahaha Honda yg notabene katanya murah malah lebih mahal drpd merek eropa atau 2 tak suzuki…
4 Juni 2018 pada 4:49 pm
arieslight
itulah dia..orang banyak yang ga logisnya berlebihan hihi..mungkin sedikit banget orang yang gitu, tapi gara2 efek media, kesannya banyak yang mikirnya gitu juga..
5 Juni 2018 pada 6:56 am
Roy
gw mikir 35jt buat sparepart, motor tua gw dpt part kelas atas semua itu. hahaha… RGR gw udh jadi paling kinclong bngt, membran v-force, karbu pwk ori, cat ulang, velg baru, tengki baru, kelistrikan dc full wave, cdi brt dualband, ban tubeless, kopling baru, blok baru, gear ratio faito baru. hahahaha
6 Juni 2018 pada 4:31 pm
arieslight
asik itu… tenaga main di 35 HP, dinaikin anteng, tampilan ala pameran hihi..