Yo.. kembali lagi setelah sempat tersendat-sendat. Selain harus nguber Ramadan dan kerjaan, asrama Blog Sesat didera masalah internet yang kadang berfungsi kadang tidak. Sayangnya beberapa waktu lalu seringnya tak berfungsi. Giliran berfungsi, pas mau menulis artikel, eh Blog Sesat terasa berat diakses. Tiap di bagian mau menulis teks, selalu berat, dan seringnya hang hihi..Jadi harap maklum baru bisa update sekarang via komputer kampus wkwk..

Kita mulai saja…Ngelihat motor yang satu ini pasti tak terlalu asing, ya karena memang di Indonesia kita sempat kebagian Yamaha TZM 150 yang memang mirip dengan Yamaha TZR 125 ini.

Ngomongin Yamaha TZR, bisa panjang ceritanya, sebab ada berbagai model.. Ya dilihat dari nomor rangkanya juga, dimulai dengan kode apa..

20180304_134556

Berikut ini model-model Yamaha TZR 125, entah sudah lengkap, atau masih ada yang belum disebutkan:

  • 4FL (untuk pasar Jepang) 1997–1998
  • 4DL (untuk pasar Italia)   1992– 1998
  • 4DL SP (untuk pasar Italia) 1992–1993
  • 4HE (TZR 125 R, seperti 4DL), diimport sejak 1992 hingga 1995
  • 4HX (juga seperti TZR 125 untuk pasar Jepang, seperti 4FL), diimport sejak 1994 hingga 1999
  • 4HW (untuk pasar Inggris) 1996–1997

20180304_134609

Nomor rangka 4FL atau 4DL bisa menunjukkan, TZR 125 ini dibangun di mana. Yang kerennya versi 4DL, artinya versi importir asal Italia, yakni Belgarda. Bedanya lumayan banget di sisi suspensi dan pengereman. Yang keluaran Belgarda berbekal USD buatan Paioli dan rem depannya dapat Brembo 4 piston yang menjepit cakram 320mm. Sama ga ya dengan punya TZM? Seingat-ingat saya sih secara bentuk dan ukuran sama, dan ini rem cakram dulu dipakai di semua motor road race haha..

20180304_134614

Veri 4 FL kalau tak dikebiri menghasilkan tenaga 29 PS. Lumayan untuk melajukan motor berbobot fulltank 136 Kg ini hingga 160 Km/jam.

Lumayan berat ya..maklum, tankinya sampai 15 liter. Kan harus meladeni Mikuni kotak TM28SS berventuri 28mm.

Oh ya, di Jerman, motor 6 percepatan bermesin 124cc 2 tak ini dikebiri jadi 23 PS saja. Ya versi kencangnya juga ada kok. Motor yang punya kickstarter dan elektrostarter ini mudah dikilik jadi bertenaga 34 PS. Hmm tak heran jadi motor yang menyenangkan buat bikers yang mulai boleh menggeber motor bertenaga lebih..
20180304_134629

Oh ya, ini motor dikatakan Yamaha TZR 125 R, artinya diimport dari Italia ke Jerman antara tahun 1992-1995. Yang asiknya ya karena dia keluaran Italia, kaki-kakinya kekar dengan suspensi USD Paioli di depan. Ya mengimbangi juga motor macam Aprilia RS125 dan Cagiva Mito kan.. Ga mungkin juga dijual di Italia dengan kaki cungkring macam RGR dan NSR 150 di zamannya seperti yang beredar di Indonesia.

20180304_134650

Oh ya, seperti Honda NSR yang juga ada versi SPnya, Belgarda Italia juga membuat versi SP TZR 125. Basisnya 4DL R yang dimodifikasi lagi mesin dan kaki-kakinya. Versi SP dikatakan dibuat di Belgarda untuk kepentingan homoglasi saja. Jumlahnya yang hanya 500 membuat motor yang dikeluarkan dengan livery yang ada bendera Italianya (tricolore) tergolong langka. Tulisan Sport-Production pun terbaca di bagian buritan dan di windshieldnya.

 

20180304_134944

Perbedaan di bagian mesin antara lain dinding silindernya diberi lapisan yang membuatnya lebih kuat. Mesinnya pun kena porting, lubang bilas, lubang transfer, lubang buangnya dirancang berbeda dan diberi kode 4DL00-Gilardoni.

YPVSnya pun kena modifikasi menyesuaikan lubang-lubang di silinder barunya. Reedvalve tentunya juga kena sentuh, lebih besar Bro.. Motor ini pun dibekali dengan rasio gigi 2 dan 3 yang lebih panjang. Dan semua itu ditutup dengan desain perut knalpot dan silencer knalpot yang berbeda dari varian standardnya.

Hasilnya lumayan juga, 34 PS siap untuk dipanggil bersenang-senang…