Dulu kita pernah bahas tentang moyangnya Honda Goldwing alias GL1000. Jadi, tak perlu dibahas lagi kan hihi.. Menarik tapi tentunya berjumpa langsung dengan motor yang generasi terbarunya sudah laris minimal 10 unit di Indonesia, meskipun harganya 1 milliar rupiah lebih.

20180304_133659

GL1000 benar-benar unik. Ketika Honda dan pabrikan lain mengandalkan mesin tegak, Honda membekali GL 1000 dengan mesin boxer. Kalau BMW hanya mengandalkan mesin 2 silinder tidur, nah Honda berani kasih 4 silinder hehe.. Namun, kalau didengar bunyinya, unik juga, masih seperti mesin boxer 2 silinder, tak terlalu rapat.. adem di kuping dan bawaannya menenangkan, ga bikin panas, ga ngomporin pengendaranya untuk kebut-kebutan.

20180304_133321

Motor yang banyak penggemarnya, tetapi banyak hatersnya juga ini memang unik. Versi GL1000 ini pun sudah menunjukkan betapa nyamannya motor ini. Berwibawa, tenang, dan menggoda untuk diajak touring jauh..

20180304_133335

Desainnya lucu juga ya.. Tankinya mirip Honda CB kapasitas besar di zaman itu. Ya di Indonesia bisa kita lihat di CB750 dan CB 650 yang dulu sempat jadi motor kepolisian RI. Bagi orang awam, ya tankinya mengingatkan ke motor GL100 lah hihi.. Bedanya, ini tanki tipu-tipu… Katanya sih di bawah tanki itu justru kelistrikan, sementara bensinnya disimpan di bawah jok…mirip MotoGP dong wkwk.. Entah benar atau tidak…saya belum pernah bongkar-bongkar GL1000 hihi..

20180304_133351

Oh ya..yang menarik, ternyata harganya yang sudah full restorasi ini tak mahal. Motor 1000cc keluaran 1976 ini memerlukan 200 jam kerja untuk restorasi. Untuk meminang motor bertenaga 82 PS ini, pemilik buka harga 9268 Euro saja. Murah untuk ukuran orang sini, hanya setara motor 650cc twin! Bisa dapat motor legendarisnan nyaman  yang sering dikatakan laksana hotel berjalan…

20180304_133253