Negara kita memang negara yang penuh warna-warni. Banyak hal yang membanggakan, tetapi banyak yang membuat kadang kita merasa sedih.

Yang membanggakan yang bisa dibilang dari sananya tentu alamnya… Soal keindahan dan kekayaan alam, itu bisa dibilang “dari sananya”.. Ya karunia Tuhan.. Misalnya, kita jadi negara dengan garis pantai terpanjang ke-dua di dunia setelah Kanada, tentu dengan segala keindahan dan potensinya memberikan kebanggaan tersendiri.

Namun, ketidakpedulian kita pada alam ini sungguh menjadi ancaman besar. Sedih misalnya membaca berita macam ini:

https://de.finance.yahoo.com/fotos/dreckigsten-str%c3%a4nde-weltweit-slideshow-wp-121231112/

20180726_153519

Di situ dikatakan, Pantai Kuta sebagai pantai ke-dua terkotor di dunia! Padahal ini pantai yang bisa dibilang paling tenar di Indonesia.

Bahkan dikatakan di situ, Indonesia merupakan negara terbesar kedua setelah Cina dalam hal pencemaran laut! 10% sampah di laut dunia adalah “sumbangsih” Indonesia! RUAAARR BIAZAAA…

Ayo lebih serius menangani masalah sampah ini.. Kalau mau jualan pariwisata, keadaan macam ini dan pemberitaan macam ini harus buru-buru dibenahi. Jangan fokus pada hal-hal kecil saja yang “dibesar-besarkan” media…

Siapa yang harus bergerak cepat dan bekerja keras mengatur rakyatnya? Ya tentu pemerintah.. mulai dari pemerintah daerah sampai pusat perlu lebih serius. Masalah buang sampah sembarangan saja masih tak pernah benar-benar tuntas. Tak perlu hukuman penjara atau denda. Hukuman yang membuang sampah ya membersihkan sampah.. Kalau secara fisik tak sanggup, baru kenakan denda.