Dulu kalau disuruh menyebut nama media berkualitas baik secara jurnalistik dan tajam dalam analisis plus ada nilai keberanian yang kritis, yang terlintas di kepala: Tempo!

Namun, belakangan ini, entah sejak kapan, media ini cenderung ke pihak tertentu.. Ya kita bisa lihat dari pilihan isu yang diangkat dan bagaimana teks-teks berita itu ditulis…Untungnya, “permainannya” sangat baik.. Jadi tak akan mudah dikenali.

Nah, 3 hari lalu, ada yang mulai menggelitik agak keterlaluan hihi.. Ini yang ada di halaman MSN.Com:

20180815_201524

Apa yang terlintas di benak ketika melihat judul yang terpotong itu? Ribuan Anak Korban Pelecehan Seksual Imam …

Jujur saja redaksi Blog Sesat lumayan kaget… Imam macam apa yang berani-beraninya begitu dan kok bisa ribuan! Ya, yang namanya istilah “imam” kan identik dengan agama Islam. Eh..pas diklik beritanya, isinya ini:

20180815_201549

Tertulis Imam Katolik dan kejadiannya di AS! Alhamdulillah bukan di Indonesia..

Namun, penggunaan kata “imam” ini kesannya memojokkan ya.. Kami di redaksi Blog Sesat yang mengklaim dirinya sebagai yang tersabar se-Jakarta Selatan mendadak jadi seperti petasan banting.. hihi sumbu pendek mah lewaaaat..

Namun, reputasi sebagai yang tersabar se-Jakarta Selatan perlu dipertahankan hihi.. Coba cek KBBI Online dulu lah.. Ada tidak istilah imam Katolik.. Maklum, belum pernah dengar.. Dan hasilnya:

20180817_153337

Kata “imam Katolik” tak ada di KBBI V… eng ing eng… Hati mulai panas, untung kepala masih dingin.. Coba cari lagi di bawah lema “imam”…dan hasilnya:

20180817_153512

Oh..ternyata ada di nomor 6… Supaya tak memancing huru hara, si penulis mengambil inisiatif menambahkan kata “Katolik” di belakangnya. Ini tentu langkah yang baik, sebab di Indonesia saat ini sensitif berkenaan dengan hal-hal macam ini…

Dan untungnya, besoknya ada perbaikan di halaman depan MSN.comnya..Jadi begini:

20180816_044135-1-1