Namanya memang tak setenar Honda CB750, tetapi sebagai rival sekelasnya, Kawasaki Zephyr bisa dibilang tak kalah menarik. Bahkan bisa dibilang, desainnya lebih manis dibaling CB750. Soal tak melegenda ya wajarlah, ini motor bukan pionir dan bisa dibilang tak menyajikan sesuatu yang baru atau memukau di zamannya.

20180816_142637-1

Kawasaki Zephyr juga sama dengan Honda CB yang hadir dalam berbagai kapasitas. Namun, beda dengan CB yang kapasitasnyza dari 100cc hingga 1300cc, Kawasaki Zephyr hanya dihadirkan dalam tiga pilihan kapasitas: 550, 750 dan 1100cc.

Saat ini bisa dibilang Zephyr yang hadir versi 550 dan 750nya sejak 1991 tergolong motor yang diistilahkan young timer… Ya mulai klassik, tapi masih banyak. Banyak, tapi kondisinya tak semua layak jalan. Kondisi motor berstatus macam ini membuat harga pasarannya bisa variatif, sangat murah hingga lumayan. Namun, belum ada yang bisa dibilang mahal..

Kawasaki Zephyr 750 di Jerman yang kilometernya masih di bawah 30ribu Km sudah sangat jarang. Motor yang punya lumayan banyak penggemar setia ini yang dicari versi 1996 dan setelahnya yang sudah berbekal velg jari-jari. Yang model begini dikatakan sudah stabil harganya..lumayan sulit diperoleh di bawah 2500 Euro. Kalau ada cacat-cacat dikit macam penyok di tanki, banyak pilihannya di pasaran dan bisa diperoleh di bawah 2000 Euro. Motor ini dinilai sebagai motor bandel dan handal untuk harian.

Mari kita bicara spek. Karena banyak versi, kita batasi di Zephyr 750 tahun 1999. Motor 4 tak 4 silinder pararel berkapasitas 739cc ini punya tenaga yang tergolong jinak, sesuai konsepnya yang memang naked bike harian. Motor dengan 5 tingkat percepatan ini bertenaga 76 PS @ 9500rpm dengan torsi maksimum 63 Nm @7300 rpm. Soal kaki-kaki dan rangka, ya konvensional saja. Suspensi depan hanya seukuran Yamaha Byson, yakni berdiameter 41mm. Lengan ayun belakang pun berdesain konvensional, hanya saja bahannya sudah alumunium, bukan plat besi. Velg ukuran 3.00/17 berbalut ban 120/70/17 di depan dan di belakang velg 4.00/17 berbalut ban 150/70/17.

Soal pengereman, standar moge lah dengan dobel cakram diameter 300 mm di depan dan sebuah cakram berdiameter 230 mm di belakang.

20180816_142623-1

Bagaimana performa motor berbobot 227 Kg ini? Zephyr 750 tahun 1999 ternyata punya performa yang lumayan. Untuk akselerasi 0-100 Km/jam bisa diperoleh dalam 3,9 detik saja. Ya sanggup lah menempel motor supersport 600cc. Dengan gigi 5, kecepatan akselerasi 60-100 Km/jam bisa dalam 5,6 detik. Ya lumayan, tak perlu sering-sering oper gigi untuk memperoleh tenaga.

Konsumsi bahan bakarnya juga lumayan. Untuk tempuh 100 Km dengan kecepatan rata-rata 100 Km/jam, Zephyr 750 minta 5,5 liter saja. Kalau mau konstan di 130 Km/jam, doi cuma minta jatah bensin 5,6 liter saja untuk 100 Kmnya. Lumayan kan…

20180816_142628-1

Dengan boomingnya lagi retro, motor yang dengan 3000 Euro sudah keren ini tentu jadi pilihan. Apalagi dianggap punya performa mumpuni dan perawatan yang mudah.

Buat Blog Sesat, ini motor lebih asik dibandingkan Honda CB750 tahun 90an yang terkesan kaku dan mengotak. Zephyr tentu lebih dinamis dan lekukannya landai.. Desain buntut bebeknya pun khas dan terbukti kembali dihadirkan Kawasaki kini di Z900nya.

Oh ya, ini motor memang moge, tetapi rendah dan kecil untuk diduduki. Yang lihat langsung dan kuatir jinjit kalau naik moge, dijamin sirna.

Bagaimana kalau mesin New Ninja 250 dipasang di naked bike retro bergaya Kawasaki Zephyr? Daripada keukeuh pakai desain Z250…..

https://www.motorradonline.de/gebrauchte-motorraeder/gebrauchtberatung-kawasaki-zephyr.102608.html