https://motorklassikku.files.wordpress.com/2009/07/dsc03211.jpg

Pertanyaan yang menggiurkan dan diiyakan tentunya bagi penggemar MotoGP. Dan bisa dibilang, Sachsenring adalah salah satu sirkuit klassik yang punya magnet tersendiri dan ramai dikunjungi. Sirkuit ini juga termasuk sirkuit yang paling menuntut skill dan teknik balap, sedangkan power motor mah urusan belakangan… Buat main game MotoGP, ini sirkuit favorit Blog Sesat. Dengan pengalaman dua kali tersesat ke Sachsenring, ini sirkuit MotoGP yang asik dikunjungi… Bahkan dibandingkan Assen, Blog Sesat menilai Sachsenring masih lebih seru untuk ditonton dan dikitari.. Apalagi kalau ngebayangin jadi pembalap, ini sirkuit menawarkan tikungan ke kiri dan menurun super panjang..bahkan menanjak dulu kemudian menurun dan menurun..Lalu di depannya ada tikungan ke kanan buta dan menurun straightnya yang disebut waterfall.. Menjelang finish pun juga keren kan dengan menurun kemudian menanjak ke kiri hihi..

Namun keinginan itu pudar dengan perkembangan sosiopolitik di Jerman saat ini. Ya tau kan, di daerah timur Jerman itu neonazinya banyak.. ya banyak geng botak dan rasis yang bercokol di situ.. Dan rasanya mendapat perlakuan rasis itu sangat tidak enak saudara-saudara.. bikin KZL dan traumatis juga. Nah, bahayanya, kekerasan golongan itu juga makin meningkat..apalagi di masa sosial media seperti sekarang. Mereka lebih mudah terorganisir dan dimobilisasi.

Contohnya yang terjadi kemarin di Chemnitz. Kota yang sedang ada festival kota itu terpaksa menutup acara festival lebih dini karena di malam sebelumnya ada perkelahian antara orang Jerman dengan orang-orang dari negara lain. Polisi masih merahasiakan dari negara mana sih.. Nah, dalam perkelahian massal itu, 1 orang Jerman terbunuh, 2 lagi luka.. Di Internet beredar kabar yang satu lagi sudah meninggal, jadi totalnya ada 2 korban orang Jerman.

Nah, ini digunakan golongan radikal sayap kanan untuk memobilisasi massa.. dan jangan kebayang aksi damai dan prihatin.. Kalau tampang-tampang kaya kita ada di sana, minimal kena hina atau kena timpuk… Bahkan ada yang bertampang orang asing ditendang dan dikejar-kejar.. Yup, mulai bar-bar.. Mereka mengganggap pendatang itu tak punya kebudayaan dan bar-bar..merebut cewek-cewek Jerman.. Mereka menyerukan agar “rakyat” marah. Mereka menganggap polisi dan negara tak melindungi rakyatnya. Ya untuk politisi sayap kanan tentu ini kesempatan mereka untuk makin memprovokasi dan memecah belah.. Mereka makin senang dengan banyaknya kasus kekerasan karena itu banyak meraih perhatian..

Apa hubungannya dengan Sachsenring?

Ya Sachsenring itu leltaknya di antara kota Zwickau dan Chemnitz! Ogah banget kan niatnya nonton MotoGP dengan harus mengambil risiko ketemu orang-orang rasis.. Ga perlu buat salah, mereka akan mengatai, mengejar, bahkan bertindak kekerasan..

Jadi, Blog Sesat dengan ini menghimbau, jangan ke Sachsenring dulu deh…. Dan yang namanya paham-paham rasis begini itu tak bisa hilang dalam setahun-dua tahun kan..