Di dunia permotoran, Suzuki Smash jelas bukan siapa-siapa. Kehadirannya dirancang Suzuki untuk menjadi motor semurah-murahnya untuk menahan gempuran serbuan motor Cina yang murahnya ga kira-kira. Ya namanya awal-awal, harga yang sangat murah yang ditawarkan motor Cina plus kondisi ekonomi yang sangat lesu membuat motor Cina banyak dilirik. Untuk itulah Suzuki mengeluarkan motor 110cc 4 tak ini.

Beban Smash sungguh berat, sebab di satu sisi doi harus jadi motor entry level, di sisi lain doi harus menggantikan Suzuki Shogun 110 yang merupakan legenda road race.. Hasilnya, ya ketebak.. Ga mungkinlah legenda roadrace bisa tergantikan dengan motor paket hemat.

Di rumah Keluarga Sesat ada satu unit motor yang punya stroke tergolong pendek ini. Berapa jarak yang sudah ditempuh motor terbitan 2003 ini? Entahlah.. Di tahun 2011 sih sudah 70.000 Km. Dan motor ini masih dipakai terus hingga hari ini. Entah kabel putus atau spidometer mati, sejak lama sekali (sepertinya sih lebih ke spidometer mati), berapa Km yang tertempuh tak terkira lagi hihi.. ya iyalah, ini tahun 2018 Bro!

20180926_084216-1

Dua pekan Blog Sesat mudik, Smash tromol black engine inilah yang jadi andalan. Pergi ke Jakarta, Sumarecon, Depok, Bogor, semua ditempuh dengan lancar.

Kenapa pilih Smash, tak pakai si Tiger? Tentu saja karena ingin ngirit haha… Ini motor memang masih iriiiit… Isi 20 ribu cukup untuk rute Bogor-Depok-Jakarta Selatan-Sumarecon-Jakarta Selatan-Depok wkwk… Kalau pakai Tiger, wah, 50 ribu pun kurang.. Dan untuk macet-macetan tentu asikan pakai Smash..

Soal tarikan, masih asik! Alhamdulillah malah ga ada ngasep2 tanda piston aus. Sempat saya pakai dari Depok ke Tanjung Priok jam 2 siang…wah panasnya.. Itu pun si Smash tetap bertenaga, padahal hawa panas mesinnya lumayan terasa, jarang sampai terasa sepanas itu.. bahkan knalpot di bagian chromenya ada muncul lapisan tipis seperti pelangi…pertanda knalpot kepanasan luar biasa..

Oh ya, yang sudah diganti di Smash ini adalah karburator..itu karena dol baut mainjetnya.. sisanya, sektor mesin tak pernah dibongkar… kampas kopling pun masih bawaan. Alhamdulillah banget..ini motor memang terbukti motor membahagiakan haha…