Kalau lagi ngebangun BMW klassik, tentu butuh kekuatan hati dan kekuatan finansial yang cukup. Salah satu contoh lain selain karburator Bing yang sudah kita bahas kemarin, ini nih.. speedoemeter VDO yang harganya bisa dibilang tak murah..

20180907_121141

Kenapa tak murah.. Ya kita lihat contoh yang jualnya:

20181117_214824

Noh… 490 Euro alias sekitar 8,4 juta haha.. Itu pun second yang sudah di rekondisi seperti baru.

Blog Sesat buka rahasia ya.. kalau harga segitu ya jangan dibeli, terlalu mahal.. Barunya saja sudah bisa diperoleh dengan dana tak sampai 300 Euro kok. Namun, kejelian dalam mencari memang diperlukan di sini.

Mahalnya part ini tentu juga menimbulkan pasar tersendiri bagi speedometer KW. Enaknya, kalau di Jerman, maksudnya di ebay Jerman, bisa dibilang kejujuran mudah dicari..ya tak lepas juga dari aturannya yang tegas sih. Di speedometer KW misalnya tak berani mereka pasang logo BMW dan tulisan VDO. Ya logo BMW pernah saya lihat sih sekali, tapi sampai sekarang, mereka kalau jual produk KWnya tak ada merk dan tak ada tulisannya. Jadi, sebagai konsumen yang tak terlalu paham speedometer VDO yang original pun relatif terlindungi.

Oh ya, speedoemeter KW pun tak bisa dibilang murah, sudah ada di kitaran 79 Euro ke atas.. bisa sampai ke 100 Euroan Ya artinya 1,3 juta sampai 1,7 juta lebih… Jauh banget dengan di Indonesia ya, speedometer KW untuk Honda CB banyak yang bisa diperoleh dengan harga kurang dari 200 ribu hehe…

Pantesan Dilan mainnya CB, Kalau anak SMA main BMW namanya Sultan…