Jangan melongo Bro.. Judulnya bukan hoax kok hihi…

Di sebuah acara yang mengangkat tema “pekerjaan berpenghasilan besar tanpa kuliah”, salah satu pekerjaan yang dikedepankan adalah tukang sampah. Suatu hal yang di Indonesia bisa dibilang tak bakal keluar ya kan.. Kalau di Indonesia, pekerjaan tanpa kuliah yang berpenghasilan besar bisa jadi yang keluar: pedagang, juragan kos, punya cafe, jadi artis dsb.nya hihi..

20181205_211452

Nah, apa yang membuat jadi tukang sampah di Jerman dianggap pekerjaan yang disukai. Tuh lihat gajinya: sebulan bisa dapat 3000-3500 Euro! Untuk ukuran Jerman pun gaji segitu termasuk besar.

Pekerjaan ini juga diminati karena jam kerjanya yang tak panjang. Syuting ini diambil di Hamburg. Di sana, jam kerja dimulai dari pukul 6 pagi, pukul 2 siang, para tukang sampah ini sudah bisa kipas-kipas Euro hihi.. Dalam setahun pun mereka dapat jatah libur 30 hari selain libur akhir pekan.

Tak heran tukang sampahnya kelihatan menikmati profesinya.. Apalagi di Jerman selentingan tentang pekerjaan tertentu dianggap rendah itu sangat minim. Saya pribadi tak pernah dengar di Jerman orang dihina atau diremehkan karena profesinya..