Sebelum kita lanjut, saya mau bertanya. Apakah parkiran motor biasa (bukan ada event, bukan tempat penitipan) macam tempat makan biasa, ruko dan swalayan tarif parkirnya masih Rp.2000?

20180926_084216-1

Saya pikir masih segituan sih. Kan waktu sepekan di awal Desember 2018 lalu saya muter-muter di kitaran Depok-Bogor-Jakarta. Dan yang jadi andalan si gesit irit Suzuki Smash hehe.. Tau sendiri kan ini motor murah, terbitan 2003, sama sekali tak akan dianggap motor orang dengan duit berlebihan. Namun, naik Smash pun tak membuat saya selamat dari tukang parkir zaman now hehe..

Jadi ada suatu hari, bahkan dalam suatu malam saya mengalami pengalaman yang gimana gitu… Yang pertama saya parkir di parkiran ruko-ruko di Margonda, ya makan malam di salah satu restoran di situ sih. Parkiran sepi, tukang parkir tak perlu repot-repot lah jaga dan menggeser-geser motor. Setelah sekitar satu jam parkir, saya bayar dengan uang selembar 10 ribu rupiah. Daaan..dikembalikan 5000 tanpa rasa bersalah.

Saya diam saja lah…wkwk… padahal ada niat tadinya mau saya kasihkan saja semuanya kalau dia kembalikan sesuai tarif biasanya (yang menurut saya 2000). Namun, setelah dikembalikan segitu dan tanpa komentar, misalnya bilang tak punya kembalian, ya sudah saya kantongi saja hihi..

Dari situ saya ke Superindo di daerah belakang UI. Sudah malam, Superindonya sudah mau tutup, tetapi saya masih bisa lah beli bekal buat saya bawa ke Jerman. Singkat kata, pas bayar parkir, saya kasih uang selembar 5000. Dan kembalinya selembar 2000 tanpa komentar apa-apa juga seakan parkiran yang tak sampai 20 menit itu ditarifkan 3000 rupiah.

Hmmm.. apa saya yang salah ya.. Uang segitu sih memang ecek-ecek, tapi kalau normalnya 2000 terus dinaikkan sesukanya seperti itu, kok miris ya.. Itu uang sedikit hasil perolehan macam itu statusnya gimana ya?? Kalau mark up-mark up sering dikerjakan koruptor, masa di parkiran beginian mentalitasnya juga mulai gitu..

Atau saya yang salah ya? Mungkin parkir motor sekarang sudah 3000 rupiah hihi.. Padahal saya tak naik motor baru, tak naik motor fairing, apalagi naik moge..Mungkin gara-gara sticker BMWnya, si Smash dipikir BMW Smash 1000 RR wkwkwk…

Iklan