Motor BMW apa yang paling terjangkau saat ini? Pelan-pelan sudah bukan BMW R25 lagi Bro, tapi mulai jadi BMW G310R. Apalagi kalau sudah harga second. Tertarik untuk meminangnya? Memang sih ada TVS Apache 310 RR yang merupakan saudara se-DNA dan satu rahim, tapi tetap saja BMW ya BMW.
Di Jerman sendiri kehadirannya di satu sisi disambut gembira karena akhirnya ada BMW kapasitas kecil lagi yang punya sisi ekonomis yang mampu menggempur pasar Asia dan Amerika Selatan. Bagi biker pemula, G310R tentu jadi angin segar tersendiri. Namun, di sisi lain mendatangkan pandangan skeptis terhadap motor singel silinder 313cc bertenaga 34 PS ini. Kualitasnya dipertanyakan! Maklum, tak lagi dibuat di Jerman, melainkan di India dengan menggunakan tenaga TVS, tentu ada konsekuensi tertentu. Dan terbukti, terutama di serial awal.. Motor yang dijadwalkan hadir awal Oktober 2016 ngaret! BMW dikabarkan menghentikan produksinya karena ada masalah parts dari vendor yang dinilai BMW tak memenuhi tuntutan kualitas mereka. Pertengahan April 2017 bahkan BMW sempat merecall motor karena kesalahan pemilihan 4 baut setang dan perlunya perbaikan dudukan kaliper rem depan.
Nah, bagaimana performanya? Dipakai untuk touring, ini motor dinilai enak banget. Lincah, tenaga cukup. Jalan konstan 140 Km/jam bukan masalah untuknya. Keiritannya juga dipuji. Dengan tanki bensin berkapasitas 11 liter penuh, jalan 200 Km dijamin aman, bahkan di jalur pegunungan dites aman bisa tempuh 270 Km.
Touring lewat puncak dingin-dingin, tangan biker bisa tetap hangat karena doi seperti motor-motor BMW modern lainnya, dibekali dengan pemanas hand grip. Minusnya, doi terhubung langsung ke aki. Jadi, jangan sampai lupa mematikannya selesai digunakan, salah-salah akinya habis.. Wah berabe juga kalau dipencet-pencet bocah ya..
Redaksi Motorrad yang mengetes motor ini sejak awal hingga puluhan ribu kilometer dan mengupas plus minusnya setelah dipakai lama menyatakan, tenaganya lumayan. Bahkan setelah diukur naik 2 PS dibandingkan tenaga yang dijanjikan, lumayan jadi 36 PS. Tenaga segini dinilai cukup untuk membuat motor berbobot 162 Kg ini bisa diajak bersenang-senang.
Motor yang mesinnya doyong 13 derajat ke belakang dan lubang exhaustnya menghadap ke belakang ini dinilai cocok untuk jadi kendaraan harian dan dipakai di perkotaan. Namun, kopling dinilai kurang halus dan setang dirasa terlalu lebar untuk di perkotaan. Kritik lainnya ada di karakternya yang susah dinyalakan dari keadaan dingin. Bahkan di pagi hari di musim panas, motor ini dinilai agak susah dinyalakan.
Oh ya, yang paling dikeluhkan adalah rem depannya yang mengandalkan Bybre alias By Brembo, perusahaan yang merupakan anak asuh Brembo yang lahir dan berkarya di India. Performa rem depan ini setelah 10.000 Km makin hari dinilai makin nehi nehiiii… Diganti minyak rem pun dinilai tak membantu. Disarankan ganti kaliper dan cakramnya hihi…
Gimana Bro? Ada yang minat meminang BMW entry level ini? Ga gampang juga sih cari secondnya ya.. Namun kalau berharap ini motor akan jadi motor klassik, rasanya sih ga bakalan hehe.. jumlahnya yang banyak, dibuat di India dan imagenya yang tak dianggap motor spesial membuatnya susah untuk suatu hari menjadi motor klassik.
sumber:
8 komentar
Comments feed for this article
7 Januari 2019 pada 5:20 am
agoey
Gak ada yg wah..
8 Januari 2019 pada 12:02 am
arieslight
ada..harganya di Indo wkwk..
ketinggian..tapi ya itu doang BMW baru yang kebeli hehe
7 Januari 2019 pada 7:48 am
Roy
udh lah motor mah ambil aja J4… gak ush yg laen klo mw aman. Honda sendiri meskipun produknya begitu msh OK lah.
Klo untuk sport mending Suzuki ato Yamaha sih.
8 Januari 2019 pada 12:09 am
arieslight
yup..paling aman ya main jepangan…
tapi kalo udah beda kebutuhan touring dan gila merk ya bisa jadi ngelirik ini motor..tapi susah juga cari secondnya..
iseng2 browsing cari yang tvsnya (apache 310RR), ga dapet secondnya..
8 Januari 2019 pada 8:02 am
Roy
ya klo berlebih duid sih gpp. klo yg ngepas ya mending Jepangan. Honda biar kata orang rewel si DOHC nya tetep bisa di pake, cuma berisik aja sih mesin nya secara performa kekx gak terlalu lah.
Suzuki ya rante nya gampang kendor yg DOHC. tau deh klo yg baru. Paling mantep sih Yamaha, sparepart racing nya berlimpah.
8 Januari 2019 pada 5:00 pm
arieslight
ya.. sesuai budget dan kebutuhan apa sih.. Emang dari dulu Yamaha paling bejibun parts racingnya..
tapi seru sih ngebangun motor yang imagenya pelan,tapi jadinya kuenceng hihihi..
9 Januari 2019 pada 9:17 am
Roy
Yamaha kenceng tarikannya dr dulu begitu kan. top speed nya kurang. upgrade MX King sih ikutin pny R15 jg ufh bsa lewatin Supra GTR
9 Januari 2019 pada 5:57 pm
arieslight
MX King emang menggoda hihi.. dan yg menang balap R15 mulu kan..heran sama Suzuki, udah lama nongol, bahannya bagus, kok ga juara2 di 150cc