Apa yang terlintas kalau kita mendengar merk Moto Guzzi? Kebanyakan pasti terbersit motor Italia dengan mesin V melintang seperti Boxer BMW yang genrenya kebanyakan street bike cruiser yang bergaya retro.

Nah, yang kita akan pdkt kali ini merupakan Moto Guzzi produksi massal yang paling sporty dan punya tenaga paling besar! Paling besar buat ukuran Moto Guzzi ya, kalau dibandingkan Ducati, ya cuma jadi bahan becandaan doang..

20170409_142016

Gimana Bro? Ga peduli kan performanya bakal jadi bulan-bulanan Ducati, toh tampangnya ga kalah keren kan. Bahkan soal eksklusifitas, dijamin bisa lebih baik dibandingkan produk pabrikan asal Bologna itu..

Di zamannya motor balap mengandalkan full fairing plastik, Moto Guzzi segurih MSG ini berani tampil setengah telanjang memamerkan mesin V2 1200ccnya. Ga jauh beda dengan HD, bunyi motor balap dengan teknologi mesin masih mengandalkan pendingin udara ini punya bunyi seperti helikopter hehe.. Dengan putaran mesin 2000 rpm saja, si motor balap berteknologi minimalis ini sudah siap melaju mantab.

20170409_142008

Namun, kalau dilihat dari tampilannya, jangan coba-coba dibawa ke jalan umum perkotaan ya. Tanpa lampu-lampu dan spion, motor ini hanya akan jadi santapan lezat oknum hihi.. Ya ga salah juga, kan melanggar dan bisa membahayakan diri sendiri atau pengguna jalan lain. Hmmm, tapi ada versi jalan rayanya juga deh..

Seperti Ducati, bunyi kopling kering ini bisa dinikmati di Moto Guzzi MGS-01. Soal rasa berkendara, ternyata ga nyaman-nyaman amat, ya tipikal motor Italia lah.  Katanya sih kalau digeber, motor berasa ketarik ke kanan.. Ya seperti BMW Boxer lah. Mungkin lebih kuat lagi ya, apalagi mesin ini diklaim mesin V2 boxer bawaan pabrik dengan tenaga terbesar.

20170409_141747

20170409_141729

Meskipun mesinnya berkapasitas besar, motor ini asik diajak jalan pelan-pelan di perkotaan, ya walaupun koplingnya berat. Beda dengan mesin Moto Guzzi lainnya yang kecil-kecil tenaga puncaknya, MGS-01 menjanjikan tenaga puncak 124 PS dengan torsi maksimum 114 Nm. Lumayan kan, peak power ala 600cc 4 silinder dipadu torsi maksimum ala motor 1000cc 4 silinder. Motor dengan 6 tingkat percepatan ini bisa berakselerasi dari 0-200 Km/jam dalam 10,7 detik saja. Top speed terhitung lumayan untuk ukuran mesin melintang berpendingin udara, bisa sampai 251 Km/jam.

20170409_141644

Meskipun torsinya besar, dari 1800 rpm ke 4000 rpm dikatakan tenaganya masih ogah-ogahan. Mulai 5500 rpm hingga 8000 rpm lah tenaganya tersalur sempurna. Pendek ya nafas mesin V2 ini, ya ga bisa dibandingkan dengan Ducati tentunya. MGS 01 punya masalah nafas pendek layaknya motor V2nya Yamaha, sebut saja MT 01 yang juga terkenal bernafas pendek.

Yang pernah jajal Yamaha Dragstar pun paham juga deh, putaran bawah asik, sampe menengah tau-tau mesinnya kaya berhenti berakselerasi hihi… Ga seru sama sekali buat yang doyan motor berperforma balap, maklum, motor tak mau menjerit…

20170409_141635

Soal rangka dan stabilitas, wah ternyata oke. Lihat merk suspensi dan remnya saja kan sudah jaminan mutu. Posisi duduk pun mirip dengan superbike 1000cc negeri sakura. Tanki dirasa tak terlalu panjang dan pengendara tak terlalu merasa ditarik ke depan untuk menjangkau setang. Distribusi bobot pun dinilai prima. Posisi mesin katanya bisa ditempatkan sangat kedepan berkat konstruksi spesial gearboxnya. Rangka, link monoschock, lengan ayun, footstep dan tuas rem belakang, semuanya terpasang ke rumah gearbox.

20170409_141625

Bagian ini dinilai istimewa dan dibuat dari satu blok utuh yang dikerjakan dengan mesin bubut sehingga dianggap salah satu seninya motor ini. Dan ini dikatakan mahal, seharga lebih dari satu unit motor baru motor Korea..

20170409_141722

20170409_141709

20170409_141613

Tertarik dengan motor yang dikatakan sangat stabil meskipun sedang dalam kecepatan top speednya ini? Untuk versi jalan rayanya, mohon sediakan 28900 Euro hihihi… Ya berarti sudah hampir 2 kali harga motor superbike Jepang ya.. Terhitung mahal untuk sebuah motor, tetapi murah dibandingkan harga tas sosialita wkwk…

sumber:

https://www.motorradonline.de/motorraeder/test-moto-guzzi-mgs-01-corsa.102761.html