Kira-kira sebulan lalu antara magrib dan isya, mesjid yang biasa saya kunjungi sangat ramai. Bukan cuma ramai pengunjung, tetapi ada beberapa Qori Al Quran di depan yang membacakan ayat-ayat suci Al Quran. Acara ini pun didokumentasikan secara profesional, ada beberapa kamera TV yang dioperasikan dengan beberapa cameramen.

20190213_231000

Rupanya ada acara penggalangan dana untuk pembangunan pusat kebudayaan Islam di kota Milan. Dari rencananya, pusat kebudayaan ini akan cukup besar. Pusat kebudayaan akan dilengkapi dua ruangan besar untuk sholat, aula untuk seminar, konferensi dan pameran, sebuah perpustakaan dan tempat untuk ngumpul-ngumpul.

20190213_230914

Selain itu direncanakan juga adanya kursus bahasa Arab dan lembaga pendidikan ilmu pengetahuan Islam. Letaknya pun cukup strategis, hanya 20 menit dari pusat kota Milan. Soal akses, hanya 200 meter dari kereta bawah tanah, 300 meter dari pusat perbelanjaan, 400 metere dari jalan tol dan 500 meter dari stasiun kereta.

20190213_231038

Yang hadir di malam itu pun berlomba-lomba memberikan amal terbaik mereka. Ada yang bisa langsung memberikan uang tunai, ada yang gesek, bayar pakai cek atau akun paypal pun bisa…

Mudah-mudahan pembangunannya dilancarkan dan di Italia makin banyak yang bisa dikunjungi. Kalau ke Milan, tak hanya sebatas mengunjungi Milan Motor Show saja dan berbagai objek wisata lainnya, tetapi ada satu tempat yang bisa membuat orang Islam seperti di rumah..

Hmm.. apa yang 10-20 tahun lalu terlihat mustahil ada di Italia, makin ke sini makin terlihat. Tau kan akan terwujudnya satu persatu hadits Nabi صلى الله عليه وعلى آله وسلم