Ada satu motor di booth Ducati yang di ajang Motorräder Dortmund diberikan tempat tertinggi dibandingkan motor-motor lainnya. Saking tingginya, tak perlu lagi ditulisin: “jangan dinaikin” hihi.. Ya, ini dia Ducati V4S yang pernah dipakai Michele Pirro. Kalau tak salah di ajang Race of the Champion di dalam World Ducati Week tahun lalu dan berhasil menjadi juara 1 mengasapi para pembalap MotoGP Ducati.

20190303_154031

20190303_154048

Sebenarnya Blog Sesat masih hutang janji ingin bahas motor ini, tetapi apa daya kurang motivasi dan waktu hihi.. Kenapa kurang motivasi? Ya gimana ya. toh motornya memang kencang, tapi tak bisa diterjunkan di ajang WSBK juga karena kebesaran kapasitas mesin kan. Ulasan dari beberapa media juga sudah banyak dan lucunya, ternyata untuk akselerasi 0-100 Km/jam pun masih kalah dengan Panigale V2. Dan belum lama berselang, sesuai dugaan, sudah keluar Ducati V4R yang 1000cc dan memenuhi syarat untuk terjun di WSBK. Ya itu sih alasannya kenapa tak kami angkat lebih lanjut kisah Ducati V4 series ini.

Berhubung Michele Pirro juga sedang tak ada kabar yang menariknya, kita beralih ke pembalap Ducati lainnya yang jadi pembalap pabrikan Ducati, yakni Danilo Petrucci ya. Kan belakangan ini ada kabar Ducati ingin mengganti Petrucci dengan Bautista yang berhasil sapu bersih seri WSBK di Australia. Dari berita yang kami terima, dan malas untuk cari tahu lebih lanjut-red- semua itu baru sebatas rencana, bukan benar-benar main tukar guling. Tak mudah tentu tukar guling kontrak pembalap ini, meskipun memungkinkan saja dengan lobi-lobi yang tak murah juga.

Dan buat apa ditukar guling, sudah bagus Bautista di WSBK saja, toh ajang ini pun sudah lama tak mengharumkan nama Ducati. Marco Melandri pun masih kurang sakti kan.. Dan sejak Carlos Checa di tahun 2011 dengan 1098R, Ducati belum pernah Juara Dunia WSBK lagi. Artinya, sudah 7 tahun terbuang! Dan Panigale series yang awalnya terkesan sangar dan super menjanjikan secara hasil bisa dibilang gagal…

20190303_154124

Buat apa mereka menaruh Petrucci di WSBK kalau Bautista sudah punya gelagat bisa memenangkan ajang WSBK bagi Ducati tahun ini..

Dan belum ada jaminan juga performa Bautista di MotoGP sedahsyat performanya di seri pertama WSBK Australia lalu. Kalau jadi tukar guling dan blunder, Ducati bakal habis jadi bulan-bulanan pasca hengkangnya Lorenzo kan..

Dan yakin Petrucci di WSBK bakal punya motivasi tinggi setelah dimutasi dan turun pangkat? Blog Sesat melihat isu ini sebagai cara Ducati juga untuk mengompori Petrucci. Ducati seperti mendesak Petrucci dan mengatakan: Kesempatanlo hanya satu tahun!

Melihat performanya tahun lalu dan fakta Ducati sebagai motor terbaik di MotoGP saat ini, tampaknya Petrucci akan beberapa kali mewarnai podium MotoGP. Menarik dinanti sih.. Meskipun masih agak gelap, tampaknya Marq Marquez, Dovisiozo, Vinales dan Rossi akan sering digerecokin Alex Rins dan Petrucci…dan Lorenzo tentunya. Kalau Lorenzo sudah akrab dengan RC213V, bisa-bisa justru dia kandidat penantang Marquez terdepan dalam peraihan juara dunia MotoGP tahun ini, meskipun tampaknya masih terlalu sulit. Maklum, doi pembalap paling seperti robot, paling bersih dan seperti jam tangan Swiss dalam urusan mencetak fast lap konsisten..