Untuk meningkatkan performa motor standar S1000RR, BMW tentu perlu menambah tenaga, mengurangi bobot dan meupgrade teknologinya.
Yang paling terlihat jelas dari S1000RR 2019 adalah ukurannya yang mungil. Bahkan di booth BMW, S1000RR ini terlihat paling kecil. Saya rasa, dibanding Ninja 250 mirip lah, bahkan jelas lebih kompak dan padat berisi.
Ya mengecilkan sosok motor merupakan cara termudah untuk mengurangi bobot kan. Apalagi BMW menginginkan, motor superbike Eropa yang tergolong ekonomis harganya ini makin mudah dikontrol.. Caranya ya dikecilkan saja hehe… Jadi jangan heran, motor superbike makin ke sini makin mengecil: Makin enteng, makin mudah dikendalikan..
Secara total, versi standard alias versi termurahnya turun sampai 197 Kg saja. Kalau kurang ringan, bisa ambil M Paket dan beratnya fulltank 193,5 Kg saja. Bobot ringan pun dibekali dengan dapur pacu yang power puncaknya naik sampai 207 PS @13500 rpm dengan torsi 113 Nm @11000rpm, melonjak 8 PS dibandingkan versi sebelumnya.
Bukan cuma kuat power atasnya saja. BMW mendengar keinginan penggemarnya yang mendambakan power bawah dan menengah seberisi dan semantap si single R alias S1000R, tetapi peak power tetap ala double R alias S1000RR. Nah, disinilah dipakai BMW ShiftCam Technologie. Inilah yang Blog Sesat anggap fungsinya mirip VVA di R15 V3 hehe…
Jadi, di sekitar rpm 9000, kem masuknya bergeser dan terkunci pin yang membuat kem berprofil S1000RR mengisi putaran atasnya setelah putaran di bawah 9000 rpmnya profil kem ala S1000R yang beroperasi.
Blog Sesat yang melihat langsung mesin S1000RR ini lumayan tercengang dengan ukurannya yang tergolong mungil. Yup, kecil Bro.. Mesin pun didesain sekompak mungkin. Dinamo stater terintegrasi di dalam mesin hingga bisa mereduksi jumlah gir starternya. Batang kem pun dilubangi oleh BMW demi mendapat bobot yang lebih ringan.
Namun, percuma semua keringanan itu..karena tetap saja harganya terlalu berat di kantong kami awak-awak redaksi Blog Sesat hiks..hiks.. Mungkin BMW Motorrad bersedia memberi keringanan??? Diskon 95% gitu lah wkwkwk… jadi 35 jutaan haha
6 komentar
Comments feed for this article
18 Maret 2019 pada 2:01 pm
yogieza
Ditukuu ditukuuuuuu
20 Maret 2019 pada 12:36 am
arieslight
biarin di toko ajalah.. di rumah ik sudah sempit wkwkwk…
*alasan jujur
19 Maret 2019 pada 4:28 am
awas
sementara motornya di sholawatin dulu, liverynya sudah boleh dicicil tempel di motor yang ada
20 Maret 2019 pada 12:38 am
arieslight
perbanyak sedekah, menjalin tali silaturahmi dan banyak2 istighfar juga biar pintu rezeki terbuka lebar2 hehe…
saya ga suka liverynya, kaya mainan bocah…keren2 dulu liverynya HP series
20 Maret 2019 pada 6:01 am
Roy
Kurang suka ama nie motor entah kenapa…
21 Maret 2019 pada 12:44 am
arieslight
desainnya ga extraordinary..terlalu main aman..gampang masuk selera pasar sih, tapi cepet bosen, ga punya ciri khas…
sekarang superbike yg keren selain ducati secara desain paling fireblade sama gixxer, menurut saya ya..