Apa yang muncul dipikiran Bro mendengar judul kali ini? Menarik? Bakal dapat hadiah? Yup, tentu bakal dapat hadiah yang lebih baik dari apa saja yang bisa dikenal dan dilihat di bumi dari awal sampai akhir zaman..

Wah, apaan tuh? Jumatan Bro… Jangan minta dalil dan hadits ya.. Ini bukan isi hadits, tetapi pengumuman yang disampaikan di mesjid Khaleed. Kalau sudah masuk 200 orang, pintu akan dikunci!

20190201_130916

Foto yang ini bukan dari mesjid itu, tetapi dari mesjid di kampus yang entah mulai kapan terpaksa ditutup karena gedung akan dipugar dan sayangnya pihak kampus tak memikirkan gantinya dan tak bersedia menyediakan alternatif. Sedih sih.. ya mudah-mudahan Jumat ini masih bisa jumatan di sini.

Kembali ke mesjid Khaleed, ya ini sudah bukan hal baru sebenarnya. Namun, kali ini kembali ditegaskan. Pemkot membatasi peserta sholat Jumat 200 orang saja di kloter pertama dan 200 orang di kloter ke dua. Sebagai gambaran, di lantai dasar saja saya hitung dari pola karpetnya, kira-kira bisa 230 orang (tidak dempet-dempetan). Nah, Jumatan biasanya kan dempet-dempetan dan yang dipakai 2 lantai.. Artinya satu kloter sudah bisa 500 orang. Kloter ke dua pun tak kalah ramainya Bro.. Berapa banyak orang yang jadi tak bisa jumatan karena kuota total 400 orang ini???

Ya ga heran sih, ini gara-gara teror di Utrecht lusa lalu.. Ketika dunia berduka begitu dalam, ditambah lagi kedukaannya dengan teror membabi buta di Utrecht. Imbasnya, katanya, di Belanda 4 mesjid ditutup.. ya di sini juga kena imbasnya lah sebagai negara tetangga.. Bodoh benar itu teroris.. Dia melakukan apa yang diharapkan teroris BT di NZ sana yang ingin mengobarkan perpecahan..

Nyusahin orang Islam kan jadinya.. berapa banyak orang Jumat ini tak bisa Jumatan gara-gara kebodohannya.. Kira-kira cukup tidak amalannya kalau dia tanggung akibat perbuatannya itu di hari akhir kelak?