Trend retro sudah muncul lebih dari 3 tahun belakangan ini. Produsen sudah banyak yang meluncurkan motor retro yang dibekali dengan kemampuan mesin terkini dan efisiensi bahan bakar motor modern. Produsen Jepang dan produsen Eropa, kecuali Ducati dan MV Agusta sudah menikmati manisnya segmen ini.
Motor dari kelas mahal sampai kelas ekonomis bisa diperoleh di pasaran. Awalnya orang cari tampilan retro karena ingin tampil beda. Ya yang doyan motor klassik dan retro dari sananya sih tetap main motor klassik. Nah kebanyakan yang beli motor baru bergaya retro tentunya anak baru. Anak baru yang kesengsem dengan gaya klassik terpenuhi keinginannya untuk tampil beda. Namun, seiring waktu, ya makin banyak lah motor-motor baru itu.
Kebutuhan untuk tampil beda yang tadinya terpenuhi dengan motor bayu bergaya retro pun pelan-pelan tergusur. Yup, orang bukan semata butuh retro, mereka lebih butuh tampil beda… Di sinilah masuk semangat custom alias modifikasi.
Yang banyak duit ya modifikasi motor baru.. Yang pas-pasan ya lirik motor lama. Tentu ada plus minusnya.
Namun, kita lihat dari aspek duitnya saja ya… Okelah kaya, okelah banyak duit. Namun, kalau sebatas buang uang banyak saja dengan hasil minim, ya rugi.. Biarpun kaya, kalau rugi ya ga kelihatan oke lah..
Coba, motor baru yang terhitung mahal, dimodif mahal… motor macam ini keunggulannya ya untuk dipakai sendiri. Mesin masih segar dan handal.. Namun, soal gengsi, ya sangat tergantung parts yang dipakai. Kalau partsnya biasa saja, ya rugi.. dari motornya sendiri pun kalau produk baru yang sangat massal, ya tidak berkelas.
Nah, yang mau motor baru, tapi mau custom dan nikmatnya maksimal, perlu sedikit kenekatan melirik produk Cina.. Tentu tak sembarang produk.. Carilah yang 2 silinder hehe.. Kalau sudah dimodif, ya yang lebih penting dijadikan bahan tentu konfigurasi mesinnya. Jangan sudah mahal-mahal modifikasi, mesinnya masih satu silinder umum hihi..
Jadi, di tengah boomingnya produk retro dan custom, ya tetap harus pintar-pintar juga.. Bukankah makin banyak pilihan kemungkinan tersesatnya makin besar?
*artikel tidak jelas
4 komentar
Comments feed for this article
4 April 2019 pada 8:01 am
Roy
klo di Indonesia mw modif apapun pasti yg di cari adalah top speed. W175 aja yg di modif performa bukan kenyamanan. Pernah ketemu W175 kebut2an dijalanan. Wkwkwkwkwk…
4 April 2019 pada 12:21 pm
arieslight
wah, baru tau..selama ini ketemunya yang custom tampilan doang.. heran, udah mahal bahannya, masih diotak-atik yg keluar banyak duit.. garansi mesin n pabrik ilang, ilang juga kan alasan orang milih motor baru yang punya garansi pabrik.
Padahal dengan duit setara bisa dapet motor mesin besar dobel silinder hehe..jelas bunyi gagah, mesin besar, tampilan beda..
8 April 2019 pada 8:26 am
Roy
pengen sih beli motor batangan modif sport fairing era GP 500 jadul era Freddie Spencer dan Barry Sheene. Kayaknya mantep ya.
8 April 2019 pada 10:31 am
arieslight
bukan kayanya lagi, pasti itu mah…
atau mesinnya ninja 2 tak aja..ada yg dinikin 2 silinder menggiurkan itu kayanya..tapi modalnya gede juga sih.. klaimnya sih tahan banting..ik lihat di youtube hihi..
tapi pake GT250 bore up jd 315cc aja itu rasanya udah asik bener larinya, sayang sih itu motor dulu blm beres bener..ga tau deh sekrang keurus atau nggak…atau jgn2 udah dijual wkwk..