Satu lagi motor yang sebenarnya mahal. limited, mainan para sultan, tetapi terlihat kurang mentereng karena dipamerkan tanpa panggung dan pencahayaan khusus: Suter Suter MMX 500. Siapa tak kenal Suter? Rumah tuning asal Swiss yang suka membuat bodi dan rangka plus swing arm motor sejak dulu dan kini makin tenar berkat Moto2 ini juga tak lupa serunya era GP500. Meskipun konsepnya motor prototipe GP500, bisa kita lihat kentalnya rupa motor Moto2 Suter di sini.
Suter V4 Factory dengan mesin MMX 500 ini memang dibuat untuk para sultan berhati ksatria yang suka terbang. Bagaimana tidak, motor yang bobotnya lebih enteng dari motor 250cc di tanah airini berbekal mesin V4 2 tak kapasitas 576cc bertenaga maksimum 186 HP dan bertorsi setara motor superbike 1100cc 4 slinder V4 Ducati: 124 Nm!
Masih kurang? Bisa ambil versi V4 Factory yang bertenaga 195 HP @ 11600 rpm. Tenaga segitu cukup untuk turun di ajang sekelas Isle of Man dan ga bakal malu-maluin! Namun, kurva tenaga tentu sudah tak sebengis zamannya motor GP 500 yang masih karburator. Mesin V4 80° ini dicangkokkan di rangka alumunium yang tentuna dilas hand made bikinan Suter. Hasilnya, 129 Kg saja. Jangan-jangan lebih berat motor 150cc sampeyan???
Oh ya, motor ini diproduksi lebih banyak dibandingkan Ronax 500 kemarin yang dibuat 46 unit saja. Suter MMX500 diproduksi sebanyak 99 unit! Jelas lebih limited dibandingkan Desmosedici yang 1500 unit. Dengan kelangkaan plus teknologi dan nama besar Suter, pantas saja mereka pede membanderol motor ini seharga sekitar 112000 Euro, ya 12000 Euro lebih mahal dibandingkan Ronax 500 lah.
Di pameran ini ada kontakna sih bagi yang berminat memesan motor ini. Namun, karena hasil rapat umum pemegang saham Blog Sesat tidak menyetujui pembelian motor ini, agen rahasia Blog Sesat pun urung bertanya-tanya lebih jauh…
Padahal sempat kepincut juga mau beli mesinnya saja yang berbobot 35 Kg ini. Tinggal dipasang di motor fairing 150cc biasa, dijamin bakal merajai Sentul Raya..sebut aja mau berapa meter wkwkwk… Ada juga mekanik bakal sibuk menurunkan tenaganya ketimbang terus mencari tenaga maksimal..
10 komentar
Comments feed for this article
5 April 2019 pada 4:55 pm
awansan
Motor ringan mesin gede, kasih sayap bisa terbang tuh motor 😁😁
Btw yg masok engine nya pabrikan italia kah?
6 April 2019 pada 5:08 pm
arieslight
yang manteb dikasih mesin truk Bro hihi.. giginya 2 aja, low dan high.. pake gigi super berat..
ga ketemu infonya Bro..dibilangnya semua buatan Suter hihi..ya ke Italia dari Swiss tinggal gelinding dikit sih wkwkwk..
8 April 2019 pada 8:32 am
Roy
195hp/127kg.Klo penboi DOHC nyari nya top speed. Tp laptime Suter MMX itu ajib jg lho. Di tangan pembalap karbitan tembus 1:52 di Mugello. Moto2 sekitar 1:51 tercepat. dan MotoGP 1:46 untuk Pole. Klo fastest lap selisih 4 detik dr MotoGP, sama dengan fastest lap Moto2.
Itu di tangan pembalap yg notabene skillnya dibawah rata2 pembalap Moto2 dan MotoGP. Klo ditangan mereka? pasti lebih cepat lg. 1:49 mungkin msh bisa.
8 April 2019 pada 10:19 am
arieslight
Kalo gitu, 1.48 juga masih bisa nguber malah Bro..enteng bener dia kan.. istilahnya motor Moto2 yang mesin CBR600RR rangka Suter diganti mesin yang powernya 195 HP dan bobot pun masih jauh lebih enteng..pasti lebih cepat 2 detik lagi ya ga heran..
9 April 2019 pada 8:59 am
Roy
ya bisa jadi paling pelan 1:49 msh dapet lah di tangan Alien macam Marquez or Stoner. 325kph enteng dia msh dapet segituan.
10 April 2019 pada 6:25 pm
arieslight
yup.. malah harusnya dengan teknologi skrg yg suspensi lebih stabil, rem lebih terdosis dan aerodinamika lebih teruji, mungkin cuma beda 1-1,5 detik aja dari MotoGP skrg.. motor WSBK lewat lah
11 April 2019 pada 7:45 am
Roy
195hp itu kayaknya setelan default, msh bisa di tingkatkan lg lebih dari 200hp. NSR 500 aja bisa 210hp wkt itu. RCV211V 220hp.
12 April 2019 pada 5:36 pm
arieslight
Logikanya bisa-bisa saja Bro.. Tapi ik pernah dapet artikel dari suternya, dia bilang kenapa akhirnya ambil 576cc, ga tetap di 500cc. Dia di situ nguber power dan endurance. Dengan 500cc, kata dia piston speednya terlalu berlebihan, ga tahan lama.
Mungkin secara teknologi mereka canggih, tetapi secara material belum tentu dibandingkan tim GP dulu.. atau ya memang mereka ngejar umur mesin panjang juga sih dan memang ga perlu peduli dengan aturan kapasitas karena ga buat turun balap resmi..sama kaya Ducati dan Aprlia yang bikin V4nya 1100cc
16 April 2019 pada 7:58 am
Roy
ya klo mw ukuran cc besar sih bisa saja. 200hp buat 500cc itu tetep sesuatu dimana DOHC perlu kapasitas 1000cc untuk mendapatkan itu.
16 April 2019 pada 4:38 pm
arieslight
yup… dan mahalnya ga karu2an.. kalo sama2 prototipe..
yg 2 tak2 baru mahal2 karena bikinnya dikit sih ya..
di Indonesia juga pingin megang 2 tak banyak, tapi kadang muncul aja isu pelarangan, bikin segen..