Hingga saat artikel ini ditulis, Alvaro Bautista sudah menjuarai 7 races dengan finishnya pembalap pesaing berat almarhum Marco Simoncelli ini di posisi 1 pada race di Aragon. Dan lagi-lagi, pembalap lain ditinggal tak lagi sekebon, tetapi sekelurahan! Maklum, 15 detik Bro! Rea ga bisa diharepin ngejar.. Pembalap setim Bautista pun juga tak bisa mengimbangi, masih di belakang Rea tipis malah.
Okelah faktor pembalap sampai sejauh ini bisa dikatakan yang paling menentukan. Namun Ducati Panigale V4R yang diperkenalkan di Milan Motorshow 2018 lalu juga bisa dibilang motor luar biasa. Tenaganya bahkan lebih besar dibandingkan V4 Panigale biasa yang berkapasitas 1103cc meskipun kapasitasnya tturun tak lebih dari 1000cc supaya bisa berlaga di WSBK. Ini sudah bisa diduga sih.. sebab memang sudah tradisi Ducati mengeluarkan varian R. Dan sungguh sudah lama banget kan Ducati tak juara dunia WSBK. Seri Panigale selalu gagale sampai hari ini! Terakhir Juara dengan 1098R dengan Charlos Checa di 2011!
Mendapatkan power lebih besar dengan kapasitas lebih kecil bukan hal mudah. Namun, itu bukannya tak diperhitungkan. Ducati bukan mengurangi diameter piston alias bore yang tetap 81 mm, tetapi memperpendek langkah alias strokenya menjadi 84,4 mm. Hasilnya, mesin V4R jadi berkapasitas 998cc saja. Rpm pun meningkat 2250 rpm dibandingkan V4 standar yang mentok di 13000 rpm saja.
Mesin V4R dengan putaran maksimal 15.250rpm ini sanggup menghasilkan 221 PS dengan torsi maksimum 112 Nm di 11500 rpm. Komponen mesin yang dipakai pun lebih ringan dibandingkan V4 biasa. Setang seher 100 gramm lebih ringan, materialnya yang terbuat dari titan tentu lebih ringan daripada setang seher V4 yang dari baja. Roda gila alias roda gendeng aka fly wheel aka kruk as pun lebih ringan 1100 gramm. Piston alumunium pun hanya dibekali satu ring piston untuk kompresinya.
Dengan racing kit plus knalpot Akrapovic yang ditawarkan extra, tenaga 234 PS di 15500 rpm membuat pembelinya benar-benar tak perlu pusing-pusing lagi mendongkrak tenaga Panigale V4R!
Lihat tampilan V4R, wah dijamin langsung terpana. Fairing terlihat lebih minimalis desainnya, jadi lebih keren dibandingkan V4 biasa. Memang terlihat lebih gemuk, inilah justru yang jelas-jelas jebolan Ducati Corse dari MotoGP. Winglet jelas-jelas jadi ciri V4R, bisa dibilang ini motor superbike modern yang punya winglet carbon bawaan.
Lubang di samping fairing lebih mengalirkan udara untuk pendinginan mesin. Buat pembalap, wind shield V4R pasti lebih disukai karena lebih tinggi dan bisa lebih efektif menepis angin ke atas helm pembalap.
Soal suspensi, wah sudah Öhlins yang jelas-jelas memang sudah untuk keperluan balap, mekanis dan bisa disetting sesuka jidat: Die NPX 25/30 di depan dan TTX36 di buritan. Lengan ayun alumunium pun punya 4 posisi ketinggian dengan masing-masing perbedaan hingga 2mm! Rangka pun dibuat lebih kaku dibandingkan V4. Tanki V4R dibuat dari alumunium, sengaja banget ga dicat malah hihi..
Soal velg, pastinya tetap Marchesini yang dibuat dari alumunium yang diwarnai hitam.
Soal elektronik, ya Ducati salah satu yang terdepan lah: Bosch–ABS yang bisa aktif sekalipun menikung, Wheelie- und Tractionscontrol, Slide Control, Power Launch, Quickshifter (naik-turun) dan engine brake control. Riding mode pun ada 3, Race, Sport dan Street. Di Cockpit ada TFT-Display 5 inci. Motor pun sudah dilengkapi pit limiter dan lap timer.
Soal handling, karakteristik dalam menikung dan mengerem, motor berbobot full tank 193 Kg full tank ini dipuji-puji. RUAAAAR BIASAAA. Bagi penggemar Ducati sendiri, V4R mengobati kerinduan pada kopling kering yang lama menjadi ciri khas Ducati. Keunggulannya ya minimal oli lebih bersih karena tak terkontaminasi kanvas kopling hihihi..
Soal feedback, motor ini dikatakan yahud. Di kecepatan tinggi, winglet pun jelas bukan untuk gaya-gayaan. Tekanan ke bawah alias down force di 200 Km/jam bisa mencapai 16 Kg, di 270 Km/jam bahkan setara 30 Kg! Tak heran, pembalap bisa lebih pede karena roda depan lebih betah di aspal yang otomatis membuat handlingnya lebih ada di kecepatan tinggi.
Masih banyak sih keunggulannya.. tetapi Blog Sesat sudah ngantuk wkwk…tetap sesat, tetap semangat!
sumber:
6 komentar
Comments feed for this article
8 April 2019 pada 8:44 am
Roy
Ducati V4 WSBK 2019
Power 221/15.250 / 234ps/15.500
Torque 112NM/11.500
Berat 193kg
PWTR 1.145 Std 1.2 Racing Kit
Suzuki RGV 500 1993
Power 195hp/13.500
Torque 102NM/11.200
Berat 135kg
PWTR 1.5
YZR 500 Padgets
Power 170/11.500
Torque ???
Berat 101Kg
PWTR 1.7
1000cc Modern vs 500cc 2 tak Jadul. Beti yah…
Tp PWTR lebih tinggi 2 tak jadul. Meskipun top speed kalah telak. 321kph vs 340kph.
Tapi gw penasaran, berapa torsi nya Suter MMX yah.
Dr dulu gw cari kok gak dapet2.
8 April 2019 pada 10:24 am
arieslight
di Blog Sesat dapet kan 124 Nm hihi… ik dapet dari display di pamerannya.. mungkin lebih besar yg MMX 500 factory, yg 124 Nm itu blm ada embel2 factorynya, powernya juga yg masih di 186 HP, yg dipake turun di Isle of Man udah 195 HP
9 April 2019 pada 9:00 am
Roy
kayaknya power bisa lebih juga karena default nya Suter naro di 195hp. Itu pun mereka bisa terima pesanan by request. 124NM itu sesuatu untuk 127kg.
10 April 2019 pada 6:29 pm
arieslight
di display, yg di Isle of man dibilang 195 HP, yg di display mesin tertulisnya 186 HP. Kalo dibilang bisa lebih pasti bisa..di Isle of Man mereka bermasalah malah karena motornya keentengan..jadi mungkin puas dengan power segitu..
yup, kaget juga torsi setara Ducati V4.. roket banget nih motor, katanya roda belakang kalo digas maunya nyalip roda depan wkwk..
11 April 2019 pada 7:47 am
Roy
ya kasusnya mirip ama YZR500 Bruce Anstey, 170hp/101kg. Ama Padgets di ubah sampai diatas 130kg biar gak terlalu enteng. Karena track IoM kan beda ama sirkuit.
RG500 Gamma aja pake bore up kit 580cc dapet dikisaran 146hp di ban belakang top speed 280kph pake close ratio.
12 April 2019 pada 5:39 pm
arieslight
ya.. enteng spek segitu lari ke 280ya.. mau tenaga berapa aja ada hihihi..
seru juga baca waktu Suter turunin MMX500 di IoM.. motornya ga cocok di jalanan bumpy… menangnya di trak yang banyak nikungnya karena lebih asik diubah tekuk sana sininya..