Lama penantian ingin melihat langsung sosok Katana yang kembali dipanggil arwahnya oleh Suzuki untuk mengisi segmen neoklassik mereka, keinginan Blog Sesat pun kesampaian juga di Motorräader Dortmund.

Motor yang rancangannya dulunya lahir dari tangan perancang otomotif legendaris Jerman, yang terbaru ini kalau tak salah sudah lahir oleh perancang asal negeri matahari terbit. Tentu doi harus mempertahankan karakter Katana sebisa mungkin dengan basis motor dan selera modern.

20190303_155637

Nah, bagaimana kesannya bertemu langsung motor yang bisa dibilang Suzuki GSX-S 1000 yang ganti baju ini? Hmmm.. Penantian memang panjang, dan Blog Sesat ngefans dengan Suzuki Katana jadul. Nah, ketemu Katana 2019, bisa dibilang ini motor memang tetap luar biasa secara desain dibanding motor lainnya di tahun 2018-2019.

20190303_155619

Namun, fakta bahwa ini sekedar motor ganti baju berbasis mesin yang cukup potensial, tetapi tidak luar biasa, ya jadi kurang greget. Okelah motornya akan sangat matang dan tahan banting plus parts sudah tersebar luas, tetapi nilai eksklusifitasnya bisa dibilang biasa…

20190303_155903

Motor 999cc bertenaga maksimum 150 PS dan bertorsi maksimum 108 PS untuk standar sekarang sudah masuk kategori motor biasa. Beda dengan kalau Suzuki memberinya mesin Hayabusa. Jadi, dari segi keganasan, Katana bukan motor untuk mengintimidasi moge 1000cc lainnya. Dia hanyalah motor “jinak” dengan desain sangar. Namun, di sinilah enaknya, doi bisa jadi teman untuk jangka panjang karena daya tahannya bagus. Durabilitas dan kehandalanlah yang ditawarkan Suzuki di sini, segi passion jadi nomor kesekian.. Namun, dibandingkan motor neoklassik Honda yakni Honda CB 1100 dan Kawasaki Z900, motor Suzuki Katana jelas lebih bertenaga dan lebih siap tempur… Kalau tujuannya mau tempur…

20190303_155612

Soal detail, ya bisa dibilang oke! Tapi versi yang banyak unsur merah-merahnya ini malah bikin Katana 2019 agak norak ya.. Dan jujur saja, motor ini begitu pertama Blog Sesat lihat, minat Blog Sesat menurun…

20190303_155708

Auranya di foto jauh lebih keluar dibanding meihat langsung! Mungkin ini karena pilihan warnanya yang banyak mengandalkan warna doff.. ga berster sama sekali. Kalau Blog Sesat sarankan, yang warna hitam justru lebih terlihat oke dibandingkan Katana 2019 silver ini. Beda cerita kalau yang siver diberi lengan ayun, frame dan mesin yang juga menonjolkan warna logamnya.. Dikasih warna hitam doff gitu malah membuatnya terlihat seperti motor hasil modifan dengan budget minim!

20190303_155447

Apalagi desain knalpotnya samimawon dengan GSX-S1000. Spatbor belakang pun yang memlih gaya kekinian agak gimana gitu..kebanyakan unsur plastik membuat Katana 2019 kurang klassik. Lebih tinggi unsur neonya, tetapi terlihat mewah juga tidak… Asli, mending ambil yang warna hitam sekalian.

20190303_155650

Soal posisi duduk, hmm enak kok. Motor memang besar, tetapi tak mengintimidasi ukurannya dengan tinggi agen kami yang sekitar 170 cm. Ukurannya enak, tidak membuat kita berasa naik gajah macam kalau nongkrong di atas Yamaha FZ-1 jadul. Motor ini tergolong motor yang dari posisi duduknya saja sudah membuat rider merasa akrab. Mungkin kalau Blog Sesat miliki, paling setangnya diganti yang pendekan sedikit, atau setang standar bagian ujung luarnya sedikit dibengkokkan ke bawah sekitar 3-5cm.

Bonus: Old Katana 250:

20190303_141900