Dalam perjalanan Pulang ke Jakarta tahun lalu, saya sempat melihat sebuah pesawat yang punya kenangan khusus di masa kecil, yakni MD-11.

Dulu Garuda Indonesia punya DC-10, peswat dengan tiga mesin (trijet) yang menurut saya sebagai anak kecil terlihat paling keren.. Lebih keren dibandingkan Airbus A300 lah yang gagah dengan dua mesin besarnya. Memang ada Boeing 747-200, tetapi buat saya mesinnya kecil, meskipun ada 4, dan terlihat kurang gagah aja…

Nah, ketika MD-11 ini datang, woooow.. ternyata ada yang lebih keren lagi dibanding DC-10.

20181209_025830

Kenapa lebih keren? Secara kasat mata, memang sama-sama trijet, tetapi MD-11 sudah punya winglet.. Jadi, cara termudah membedakannya bagi orang awam, tinggal lihat ujung sayapnya. Kalau ada wingletnya, pasti MD-11.

20181209_025853

Buat peswat sekarang, winglet itu biasa saja. Namun, di zaman itu, di pesawat-pesawat Garuda Indonesia, seingat saya ya, yang punya winglet baru MD-11. Perpaduan mesin 2 mesin besar dengan extra mesin kecil di buntut plus winglet, membuat MD-11 terlihat wow buat anak kecil seperti saya..

Sayang ya, karena perkembangan teknologi yang mempengaruhi regulasi, konstruksi trijet akhirnya ditinggalkan. Jadi, kehandalan mesin sekarang membuat pesawat mampu terbang dengan single engine saja selama sekian jam. Dulu, untuk menyebrang dari Amerika ke Asia dengan jalur ditarik garis lurus, pesawat harus punya minimal 2 engines. Pesawat tak boleh terbang di lautan lepas selama lebih dari sekian jam dengan 1 engine. Karena itu, pesawat dengan 2 engines harus terbang lewat utara yang rapat jarak antar benuanya..tentu ini makan waktu dan boros. Karena itulah diciptakan pesawat dengan 3 engines dan 4 engines.

Sekarang sih bukan masalah, dengan 2 engines modern, pesawat bisa terbang lurus melintas samudra tanpa harus melipir lewat utara Asia-Amerika.

Nah, dengan pertimbangan faktor ekonomis, pesawat 3 dan 4 engines pun tergusur. Meskipun handal, untuk dijadikan pesawat penumpang, trijet dinilai terlalu mahal..interior kan mahal Bro hihi.. ya, sisa-sianya ya kebanyakan tinggal jadi pesawat cargo deh..