Ada beberapa hal di dunia ini yang kalau tak kita lihat sendiri di depan mata, hampir pasti tak kita percaya. Meskipun yang mengatakan itu adalah orang terpercaya maupun teman terbaik kita.

Yang dulu pernah saya ceritakan adalah tentang kura-kura di kolam ikan samping rumah yang matanya copot entah kemana. Jelas terlihat kalau satu matanya celong ke dalam, ya bisa jadi tercakar kucing atau kecolok sama anak-anak yang iseng. Tahu sendiri kan, mata kura-kura itu agak nongol keluar, jadi mudah dilihat kalau tiba-tiba tak ada bola matanya. Intinya, suatu hari saya lihat, sebelah bola matanya hilang.

Beberapa pekan kemudian, setelah sekian lama tak saya perhatikan, tiba-tiba saya lihat bola mata si kura-kura ada lagi… Seneng banget melihatnya, tetapi terkejut juga.. Apakah bola mata kura-kura yang hilang bisa tumbuh kembali??? Dan pertanyaan itu tak bisa saya jawab. Intinya, kalau tak lihat sendiri, saya tak bisa percaya.

Nah, kini cerita baru dengan lebah. Suatu hari, saya memungut lebah berukuran besar, ya mungkin ratu lebah. Si Ratu lebah diam di jalan yang banyak dilalui orang berjalan kaki. Karena takut dan kasihan terinjak, dia saya pungut. Dan dia tampak tak berdaya, mungkin sudah keburu terinjak orang, tetapi badannya masih utuh.

20190831_145807

Saya bawa pulang, saya letakkan di atas tissue dan dekat mulutnya sempat saya kasih air, atau madu juga ya, hmmm lupa…

Ratu lebah tampak masih hidup dan bergerak-gerak sedikit. Tak lama, dari perutnya atau bawah tubuhnya (sulit untuk saya lihat), keluar lebah-lebah kecil beberapa ekor…

Hmmm itu bertelur kan berarti? Atau beranak? (Saya belum google ya), dan setau saya, lebah bertelur. Mungkin ini pekerja-pekerja sang ratu lebah yang menempel di bawah tubuh si ratu lebah dan tak bisa saya lihat sebelumnya. Jadi saya tak tau, lebah-lebah kecil ini ada di bawah atau ada di perut si ratu lebah.

Singkat kata, ratu lebah tak bertahan hidup. Lebah-lebah mungil pun hanya berada di sekitarnya sampai mereka mati. Oh ya, kejadian ini mungkin lebih dari setahun lalu. Nah, beberapa pekan lalu, setelah lama saya diamkan saja, saya jadi berpikir…

Itu dulu lebah-lebah kecil harusnya tak sebesar yang bisa Bro saksikan di foto sekarang. Dulu mereka jauuuh lebih kecil. Karena tiap hari saya lihat, saya tak menyadari pertumbuhan itu.. hingga tiba-tiba saya tersadar..kok bisa besar alias tumbuh, padahal mereka kan mati!!!

Entah bagaimana, kalau cerita orang, saya juga tak mungkin percaya….

Sebuah Rahasia Allah dan bukti kekuasaanNya…