Salah satu negeri yang dalam survey Blog Sesat tak terlintas jadi tujuan wisata umat agama apapun di dunia bisa jadi Afganistan. Penggemar Afgan pun perlu putar otak berulang-ulang untuk memijakkan kaki di negeri yang pernah didatangi om Rambo dalam film.. Ya itu ketika USA masih temenan dengan Afganistan lah, maklum, Russia jadi musuh mereka kala itu..

IMG-20190903-WA0018

Saya pribadi juga tak ada kepikiran menyesatkan diri ke Afganistan. Dan tak pernah kepikiran juga mau mencoba makanan Afganistan. Jadi, sore itu, seorang teman kami yang semi sultan mengajak makan ke kota Essen, ya kota sebelah. Rencananya mau makan seafood di chinese restaurant yang sempat Blog Sesat laporkan juga. Ya, kebetulan lagi ada duit, maka kami kirim seorang crew Blog Sesat tergembul untuk pergi ke restoran yang dengan dana 20 Euro itu bisa makan seafood sepuasnya.

IMG-20190903-WA0021

Apa daya, rupanya restoran itu sedang direnovasi. Kami bertiga pun menuju restoran Irak, di sana sih kata teman saya sangat enak. Sesampainya di depan restoran, lho..kok sepi.. Rupanya tutup juga, entah dengan alasan apa… Kami pun menuju restoran Afganistan! Ngeriiii haha… Maklum, sama sekali ga ada bayangan, makanan Afganistan itu kaya apa..

Daaan, rupanya masih mirip lah sama makanan Timur Tengah.. Kami pun memilih pakte 15 Euro per orang. Dapat roti dan cocolannya sebagai pembuka sebanyak 2 keranjang kecil. Lalu keluarlah hidangan macam pastel isi daging yang dilapisi saus apalah itu.. enak Bro…

IMG-20190903-WA0023

Kemudian keluar saladnya.. Enak juga.. Wah, crew Blog Sesat tampaknya terlalu underestimate makanan Afganistan!

Dan pas nasinya keluar… Crew kami langsung jajal…Masya Allah.. Ini nasi rasa Timur Tengah terenak yang pernah saya coba. Soal rasa, enak, tak terlalu tajam. Namun, lembuuuut bingits… lembut tapi ga benyek… Beras Basmati selembut ini belum pernah saya coba sebelumnya. Kalau ada nilai 1-10, maka nasi ini saya beri nilai 9,5 lah… Terpesona dengan kelembutannya.

Intinya, kalau suatu hari di Indonesia ada restoran Afganistan, jangan canggung-canggung mencoba. Yang doyan makanan Timur Tengah, dijamin menemukan variasi baru yang cukup punya karakter tersendiri….