You are currently browsing the category archive for the ‘mobil klassik’ category.

Senang rasanya bisa kembali mengudara lagi. Ada 4 faktor yang membuat Blog Sesat hampir sebulan ini kesulitan untuk menyajikan jajanan di warung yang sudah doyong ini:

  1. Deadline yang makin menekan.
  2. Laptop yang super lemot untuk menulis artikel di WordPress, bayangkan kalau tiap kata hang beberapa detik!
  3. Lab Computer yang sekarang jauh, itu pun kadang dipakai untuk kelas.
  4. Ide dan kuantitas bahan menulis otomatis menurun dengan kendala-kendala di atas.

Namun, ada saja yang datang ke Blog Sesat meskipun tak ada hidangan baru, membuat karyawan Blog Sesat tersentuh. Kami coba mengupdate sedikit-sedikit ya. Alhamdulillah ketemu lokasi baru buat ngetik-ngetik di perpustakaan haha… Jadi, kendala nomor 2 dan 3 otomatis gugur!

2019-07-05-14-38-26

Wacana pembatasan umur kendaraan menjadi kegalauan sebulan belakangan ini. Bagi masyarakat yang tergantung dengan kendaraan yang ekonomis, ini tentu paling merisaukan. Maklum, pengeluaran kita untuk transportasi itu rata-rata terlampau tinggi. Ga mungkin kan kalau kerja, tapi penghasilan malah minus? Ya kalau mau polusi langsung turun drastis, Blog Sesat menyarankan penggratisan angkutan kota selama 1 bulan hihi… Dengan cara ini, masyarakat dibiasakan dulu naik kendaraan umum. Oh ya, kendaraan umumnya tentu harus ramah lingkungan juga ya, hybrid atau full elektrik lah.. kalau tidak sih sama aja bohong…

Cara ke dua, reboisasi besar-besaran. Mungkin 1/3 rooftop gedung-gedung Jakarta bisa diwajibkan tertutup tanaman. Nah, kalau begini, kan bukan rakyat jelata yang makin diperas hidupnya.

Cara ke tiga, pengadaan sepeda kota gratis! Jadi di tiap halte disediakan juga sepeda-sepeda milik pemkot. Jangan ribet pakai aplikasi segala lah… Anggap program amal wkwkwk… Hanya saja memang pengawasannya lumayan PR. Bisa dibuat pos-pos di perbatasan kota untuk mencegah sepeda dipakai meninggalkan kota. Dan tentu perlu biaya untuk menjalankan program ini. Tapi lebih bermanfaat kok untuk jangka panjang dibanding bikin hujan buatan.

Bagaimana dengan uji emisi? Ya boleh saja sih. Namun, di sini banyak kecurangan juga lho hihi.. Jadi jangan terlalu mengandalkan uji emisi. Jangan sampai hanya jadi alat pemerah duit juga. Dan jujur saja, emisi kendaraan tua kan perlu diperlakukan dengan adil. Ga mungkin disamakan dengan standard kendaraan sekarang yang sudah pada injeksi. Nah, ini jangan sampai jadi ladang wani piro?

Blog Sesat sebagai penggemar motor klassik sangat keberatan dengan uji emisi di tiap perpanjangan. Sebab kadang kita punya motor klassik dalam keadaan tidak hidup! Mahal juga lho untuk bisa menjaga kendaraan simpenan ini untuk bisa selalu hidup dan bisa dibawa jalan. Meskipun begitu, tetap taat pajak. Perlu dipikirkan juga untuk kendaraan yang berusia di atas 30 tahun misalnya, tak perlu harus cek ini itu sekompleks kendaraan yang relatif baru dan dipakai harian.

Semoga pemegang kebijakan bisa benar-benar bijak… Kendaraan antik juga bisa dilihat sebagai kebudayaan dan cagar budaya lho.. Perlu dipikirkan juga kelestariannya, dan memang perlu pengistimewaan hihihi…

VW sCirocco termasuk mobil yang punya sejarah panjang. Namun, kebanyakan yang kenal mobil ini di Indonesia ketika sudah masuk generasi ke-3 yang mulai diproduksi 2008-sekarang. Generasi pertamanya sudah dibuat di rentang waktu 1974-1981. Ya mungkin karena saya orang awam ya, taunya hanya VW kodok, VW kombi Jerman, VW Kombi Brasil, VW Safari, dan VW Karmann Ghia sedangkan Scirocco jaman doeloe belum pernah ngeh sama sekali. Atau bisa jadi memang di Indonesia tidak ada/langka…

Pas saya tunjukkan foto ke teman yang senang mobil tua, ya dia bilang ini mobil langka.. Hmm maksudnya langka di Indonesia kali ya, soalnya pas baca-baca, mobil generasi ke-2 ini diproduksi tahun 1981-1992 sebanyak lebih dari 291.000 unit.

20180804_182543-1

Tampilannya keren juga meskipun jadoel. Ya lebih terlihat gagah lah dibandingkan generasi pertamanya. Mobil ini pun punya performa lumayan, sedikit di atas rata-rata mobil harian. Ya varian mesinnya banyak sih..mulai 1300cc, 1500cc, 1600cc,1700cc sampai 1800cc. Ada yang manual 4 dan 5 tingkat percepatan, ada juga yang matic 4 tingkat percepatan. Entah ada berapa unit angkatan ke-2 ini yang masuk di Indonesia..

Kalau yang versi ke-3 sih banyak ya..ya yang kita lihat keren dan lebar bin bohay itu hihi.. Dan banyak yang bilang, ini mobil enak banget dijadikan mobil harian. Ya percaya, kalau VW Polo saja enak, Golf pasti lebih enak. Kalau Golf enak, Scirocco ya dibuat di atasnya Golf…

Perkenalkan mobil yang setahu saya tiada duanya di dunia.. Mercedes-Benz 540 K Stromlinienwagen alias streamline wagon.. Doi merupakan mobil prototipe tahun 1938 yang dirancang untuk balapan jarak jauh Berlin-Roma!

20170409_132719

Tahun 30an, memang Autobahn alias jalan raya dibangun dengan cepatnya. Dan faktor ini membuat mobil-mobil bisa digeber lebih kencang. Ujung-ujungnya, faktor aerodinamika makin menentukan.. Inilah tantangan yang coba dijawab sedan yang dibangun di bawah bimbingan Hermann Ahrens ini.

20170409_132728

Tadinya mobil ini dirancang untuk jadi mobil balap jarak jauh yang efisien. Namun, akhirnya doi malah dijadikan Dunlop Jerman untuk mencoba ban generasi baru yang lebih aman, kuat dan handal untuk kecepatan tinggi.. Ya disesuaikan dengan karakter Autobahn.. Akibat PD II, semuanya morat-marit. Tahun 50an, bagian-bagian penting 540 K akhirnya bisa diperoleh kembali oleh museum Mercedes-Benz. Dan proyek perakitan dan restorasi yang melibatkan banyak ahli pun dilaksanakan untuk mengembalikan mobil berkaroseri alumunium ini kembali ke bentuk semula. Butuh 4800 jam kerja untuk merekonstruksi dan merestorasi mobil super kece ini.. Menilik jumlah jam kerjanya, jangan coba-coba bayarin ini mobil ya.. Baru di tahun 2014 mobil ini akhirnya jadi!

20170409_132746

Doi pun langsung ditest di wind tunnel dan dapat nilai koefisien drag 0,36.. Hmm, bagus ga tuh ya? Saya terlalu awam untuk menilainya hehe.. Kalau dari samping gini, wah kerennya keterlaluan ya hihi..Mengingatkan Blog Sesat pada Batmobile!

20170409_132800

Ketika ditest turun ke jalan, mobil berusia 76 tahun ini tembus 167,97 Km/jam lebih! Edan, tahun 30an lho.. Dengan kompressor menyala, top speed meningkat jadi 185, 57 Km/jam! Ya ga bisa terus-terusan di kecepatan itu sih, karena kompressor hanya dibatasi beroperasi 1 menit tanpa henti. Tanpa kompressor, tenaga mobil berbobot 2,4 ton ini hanya 115 PS, begitu kompressor aktif, melonjak jadi 180 PS.

Gimana Bro? Pusing ya lihat body full alumunium dengan desain stream line hihi..

20170409_120446

20170409_120514

20170409_120607

20170409_120554

s

20170409_120459

Mobil sport merah dengan 2 pintu itu identiknya dengan Ferrari..

Namun, yang ini bukan Ferrari..

Meskipun merk ini sering juara balap mobil, bahkan sering juara Formula 1, imagenya bukan produsen mobil balap. Meskipun begitu, secara merk mobil ini disebut mobil mewah.. Bedanya dengan Ferrari, yang ini tahun tuanya bisa lah kebeli hihi.. Kalau Ferrari kan tahun tuanya juga ga kebeli-kebeli..

Sayangnya, yang jenis ini, biarpun tahun tua, tetap ga kebeli…. Inilah Mercedes Benz 190 SL keluaran bulan Juli tahun 1956. Mobil Jerman berkapasitas 1897cc bertenaga 105 PS ini memang bikin gimana gitu ngelihatnya..terlalu bening..terlalu seperti mainan.. Cek Bro..

20170409_114758

20170409_114839

20170409_114855

Mulusnya ga ketulungan ya.. Dan kombinasi warnanya itu lho.. Apalagi di bagian dashboard…. Oh ya, katanya sih baru menempuh jarak 11 Km saja! Dibanderol seharga 129.900 Euro, ini mobil itungannya murah sebenernya..

Ini dia mobil BMW klassik terganteng versi Blog Sesat.. Hmm, mungkin ada yang lebih keren lagi, tetapi saat ini BMW 3.0 CSL inilah yang dengan tampilannya yang sebenarnya biasa saja, tapi entah kenapa bisa membuat Blog Sesat dan seisinya jatuh hati…

20170409_112848

Gimana Bro? Apa yang membuatnya begitu berwibawa ya? Desainnya yang minimalis, kotak-kotak dinamis dan gepeng, sporty 2 pintu, livery M series, berhasil menciptakan sinergi yang wow..

20170409_112858

Desain gahar BMW 3.0 CSL sebenarnya sudah membocorkan performanya yang ga bisa dipandang sebelah mata. Namanya sudah mengisyaratkan kapasitas mesin 3000ccnya. Mesin 6 silinder ini warisan dari BMW3.0CS tahun 1971 yang bertenaga sudah cukup besar, yakni 180PS. Buat ukuran zaman sekarang pun, mobil tenaga 180PS sudah bisa dibilang kuenceng kan..

20170409_112927

Mesin lama 6 silinder berkapasitas tepatnya 3003cc ini disuplai oleh karburator. Nah, BMW mengganti pengabutan karburator dengan sistem injeksi! Mobil terbitan tahun 1972 ini pun melonjak tenaganya jadi 200 PS @5500 rpm! Kuenceng Bro.. Mobil berbekal 4 tingkat percepatan ini dikatakan bisa tembus 220 Km/ jam.

20170409_112952

Bahkan versi terakhir di tahun 1973 melonjak lagi tenaganya jadi 206 PS! Tak heran, untuk menghentikan kendaraan berbobot 1165 Kg ini dihentikan cakram yang mengawal semua rodanya.

Memang kegaharan mesinnya bisa memenuhi ambisi BMW untuk menjadi raja balap jalan raya di awal tahun 70an itu. Karena harganya yang tergolong tinggi, yakni 31.245 DM, mobil ini hanya laku 929 unit.

20170409_112850

Gimana Bro? Jadi pingin ngebangun BMW tahun 70an dan 80an ya? Mahal Bro..mending bangun Mercedes lah hihihi… Apalagi kalau injeksinya sudah ga joss, hati-hati jadi pelanggan setia ATM wkwk…

Mobil yang bikin saya ingin nyetir mobil adalah mobil yang bodinya imut dan desainnya keren. Lebih mantab lagi kalau tenaganya besar! Maklum, jalanan Jakarta yang penuh kejutan dan kemacetan sama sekali tak mengundang untuk senang mengendarai roda empat. Yang memenuhi kriteria ini adalah Mini Cooper.. Mini Cooper yang lama maksud saya, sebab memang imut, klassik dan bisa jadi sarana investasi.

Kalau dengar nama mobil BMW, hmm, hampir tak ada terlintas di benak: mobil imut! Kebanyakan BMW bodinya termasuk bongsor! Kalau soal kencang, ya tak perlu ditanya.. image sporty dan kencang memang ada di BMW. Nah, melihat mobil BMW yang satu ini, wah, rasanya gimana gitu..sebab memang imut, keren desainnya dan pastinya kencang! Turbo gitu lhoooo… Mau tau serunya mesin BMW diumpanin turbo? Tuh, naik aja Mini Cooper modern hihi..

20170409_112833

Nah, BMW 2002 turbo ini turbonya bisa dibilang bersejarah. Mobil yang diperkenalkan di Frankfurt September 1973 ini dikenal sebagai mobil massal pertama asal Eropa yang dilengkapi turbo! BMW ini jadi BMW seri 02 terkencang, menggunakan mesin BMW 2002 tii yang sudah injeksi yang sebenarnya sudah tergolong kencang. Dengan turbo, mesin 4 silinder 1990cc ini melonjak tenaganya jadi lebih kuat 40 PS!

20170409_112825

Tenaga 170 PS @ 5800 rpm disalurkan dengan gearbox 4 tingkat percepatan, bahkan bisa juga dibuat hingga 5 tingkat percepatan kalau ada yang pesan. Tenaga super besar di zamannya hanya dibebani mobil berbobot 1080 Kg saja. Tak heran, top speed mobil imut nan kompak ini sampai 211 Km/jam.

20170409_112756

Untuk menghentikan laju si imut nan ganas ini, BMW sudah memberikan rem cakram di depan, sedangkan di belakang masih dicukupkan dengan rem teromol saja…

Minat sama mobil keren ini? Hmmm di Indonesia ada ga ya? Jumlahnya tergolong sedikit, hanya 1672 unit. Tak terlalu laku karena doi terlahir di saat kurang tepat. Mobil yang ditawarkan secara umum dalam 2 warna, yakni charmonix (putih) dan polaris (silver) dijual cukup mahal sih, 18.750 DM, tetapi bukan itu masalah utamanya. Doi lahir di zaman dunia lagi dilanda krisis minyak, tak heran, BMW kesulitan menjual mobil Eropa pertama yang didoping Turbo ini…

Mau lihat salah satu mobil lapisan atas tahun 50an? Ini dia salah satunya! BMW 502 buatan pabrikan asal negara bagian Bavaria alias Bayern. Model ini sudah diperkenalkan BMW di tahun 1957, tetapi yang terpajang di sini keluaran tahun 1963. Tampangnya elegan dengan moncong yang khas BMW, meskipun lambangnya ditutup hihi…

Soal tampang memang kuno untuk ukuran sekarang, tetapi statusnya sebagai mobil top end di zamannya tak bisa bohong. Mobil LCGC pun bakal ketar-ketir kalau diadu sama mobil klassik ini. Maklum, mesinnya 3200 cc V8 Bro. Sanggup menyemburkan 140 PS! Bahkan yang versi 3200S bisa menemburkan 160 PS, ya setara dengan sedan 2000cc modern lah..

20170409_112659

Mobil yang mulai dipasarkan September tahun 1958 ini memang untuk zamannya bertenaga besar. Mesin V8 3168 cc dengan 4 percepatan disuplai 2 karburator ini memang dinobatkan sebagai mobil jenis limousine terkencang di zamannya. Bahkan untuk menguatkan itu, mulai tahun 1962 hingga akhir produksinya di November 1963, tenaga ditingkatkan jadi 160 PS @ 5600 rpm. Tak heran, top speed 190 Km/jam bisa diraih  mobil berbobot 1470 Kg ini.

20170409_112640

Untuk pengereman, tak perlu takut. BMW sudah kenal rem cakram kok. Roda depan sudah dikawal dengan rem cakram, sedangkan roda belakangnya masih dikawal rem teromol.

Gimana Bro? Naksir dengan sedan setara BMW seri 7 versi akhir 50an ini? Selamat berburu deh.. Di Indonesia sih saya belum pernah lihat.. Eits.. yang belum pernah dilihat bukan berarti tidak ada lho hehe..

Oh ya, ada yang tahu kenapa mobil ini digolongkan Limousine? Dulu saya pikir yang namanya Limousine itu sedan yang panjaaaaang hihi.. wah, perlu ngulik-ngulik masalah terminologi klasifikasi mobil nih..

Bukan, kita bukan sedang membicarakan motor BMW. Itu sih BMW K 1600 GT atau 1600 GTL!

20170409_120049

Yang ini mobil BMW yang hadir hanya 1 tahun! Yup, hanya diproduksi tahun 1967-1968. Sebentar banget ya? Ya sebenarnya sedikit yang 1600cc, tapi ada yang 1300 dan 1700 cc kok..Ya, tapi yang 1600cc ini cukup langka. Yang model coupe ada 1255 unit saja, dan yang parah langkanya yang model cabriolet, hanya ada 2 unit! Namun, info ini agak membingungkan sih, sebab ada juga informasi yang mengatakan, bahwa mobil ini masih dibuat terus hingga 3,5 tahun dan tembus 6000 unit lebih.

Untuk ukuran tahun 60an, mobil berkapasitas 1573cc ini termasuk kencang. Maklum, mesin BMW ini mampu menghasilkan 105 PS. Dengan bobot 960 Kg, mobil yang sebenarnya tak asli BMW ini bisa tembus 190 Km/jam.

20170409_120114

Kenapa saya bilang tak asli? Karena sebenarnya hanya sedikit bagian BMW 1600 GT yang merupakan produksi BMW. Jadi, aslinya GT dibuat oleh Hans Glas GmbH atau sering disebut Glas saja. Hayo..udah pernah dengar ada produsen mobil bernama Glas? Saya baru tahu sekarang hihi..

20170409_120146

Nah, setelah dicaplok oleh BMW, BMW memutuskan tetap memproduksi Glas GT. Namun, mesinnya yang ada versi 1300cc dan 1700cc diganti dengan mesin 1600cc buatan BMW.

20170409_120152

Beda dengan Glas GT, tentu tak hanya mesin. Lampu belakang diganti menggunakan lampu BMW seri 2 dan tentunya dilengkapi dengan grill “ginjal” ala BMW.

Gimana Bro? Keren juga nih.. Mobilnya juga seingat saya relatif mungil. Seru juga buat harian. Konsumsi bahan bakarnya juga tak terlalu boros, diklaim butuh 10,3 liter saja untuk menempuh 100Km.

Ngomong-ngomong soal Glas, ternyata menarik juga lho firma pembuat kendaraan ini. Glas sempat membuat skuter yang beken dengan panggilan kesayangan Goggo-Roller. Googo Roller dibuat untuk menyaingi Vespa yang sudah panen dengan penjualan skuternya. Goggo Roller yang dipasarkan di Jerman barat (Kan Jerman habis PD-II dibagi 2) Ada versi 123cc dan 197cc yang kalau dibulatkan 200cc. Nah, ini dia penampakan skuter yang terkenal handal dan tahan banting itu: kece kaaaaan…

Tak heran laku sampai 60.000 unit. Anak Vespa dan Lambretta di tanah air dijamin blingsatan lihat skuter bohay dan kuat ini hihi…

sumber foto Goggo Roller:

Von Selbst fotografiert. Original uploader was Porsche-Makus at de.wikipedia – Eigenes Werk, Gemeinfrei, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=14925945

Selama ini saya tahunya NSU sebagai produsen roda dua asal Jerman yang sudah tidak eksis lagi. Motor-motor NSU terbilang keren, bahkan tak kalah dibandingkan motor BMW sezamannya. Sebut saja NSU Max yang secara desain dan secara performa bisa menundukkan BMW R25.

Kebetulan, beberapa hari lalu, saya lihat sosok mobil klassik dengan desain kalem, tetapi wibawanya ada. Secara fisik, mobil ini pun masih gagah, tak tampak terlihat seperti seonggok logam lelah. Dipakai sekarang pun dijamin ga malu-maluin!

Setelah googling sebentar, rupanya NSU memang produksi mobil, motor dan sepeda. Bahkan karier awalnya sama seperti Suzuki, produsen mesin tenun wkwk.. Sayang saat ini NSU yang diambil dari nama kota tempat pabriknya berdiri, yakni Neckarsulm, sudah tidak ada. Sudah digabungkan oleh VW dengan Auto Union sehingga menjadi pabrikan mobil asal Ingolstadt: AUDI.

Saya pun coba cek, ini mobil apa.. Rupanya ini disebut NSU Ro 80. Apa istimewanya mobil produksi terakhir NSU sebelum dimerger ini? Mobil yang diproduksi di rentang 1971 hingga 1977 ini sudah bermesin Wankelmotor alias rotary engine! Keren ya..tahun 70an dengan teknologi mesin yang setipe dengan mesinnya Mazda RX-8.

20171021_130735

Gimana Bro? Belom pernah lihat juga kan? Belom kan..belom ya..biar saya ga ngerasa dongo sendiri wkwk…

tersesat muter-muter

  • 2.430.421 x 1000 rpm

Kata yang tersesat

arieslight pada Tidur Terlalu Lama……
Poleng pada Tidur Terlalu Lama……
arieslight pada Cakram Lebar Thunder 125
abdul rosid. pada Cakram Lebar Thunder 125
Sulthony Buluati pada Ban Lebar di Velg Standar Thun…

Waspadalah! Mungkin saya menyesatkan Anda....

Telah Menyesatkan

hmmm

Top Clicks

  • Tidak ada
Follow Motorklassikku on WordPress.com