You are currently browsing the category archive for the ‘mobil klassik’ category.

Ini dia mobil BMW klassik terganteng versi Blog Sesat.. Hmm, mungkin ada yang lebih keren lagi, tetapi saat ini BMW 3.0 CSL inilah yang dengan tampilannya yang sebenarnya biasa saja, tapi entah kenapa bisa membuat Blog Sesat dan seisinya jatuh hati…

20170409_112848

Gimana Bro? Apa yang membuatnya begitu berwibawa ya? Desainnya yang minimalis, kotak-kotak dinamis dan gepeng, sporty 2 pintu, livery M series, berhasil menciptakan sinergi yang wow..

20170409_112858

Desain gahar BMW 3.0 CSL sebenarnya sudah membocorkan performanya yang ga bisa dipandang sebelah mata. Namanya sudah mengisyaratkan kapasitas mesin 3000ccnya. Mesin 6 silinder ini warisan dari BMW3.0CS tahun 1971 yang bertenaga sudah cukup besar, yakni 180PS. Buat ukuran zaman sekarang pun, mobil tenaga 180PS sudah bisa dibilang kuenceng kan..

20170409_112927

Mesin lama 6 silinder berkapasitas tepatnya 3003cc ini disuplai oleh karburator. Nah, BMW mengganti pengabutan karburator dengan sistem injeksi! Mobil terbitan tahun 1972 ini pun melonjak tenaganya jadi 200 PS @5500 rpm! Kuenceng Bro.. Mobil berbekal 4 tingkat percepatan ini dikatakan bisa tembus 220 Km/ jam.

20170409_112952

Bahkan versi terakhir di tahun 1973 melonjak lagi tenaganya jadi 206 PS! Tak heran, untuk menghentikan kendaraan berbobot 1165 Kg ini dihentikan cakram yang mengawal semua rodanya.

Memang kegaharan mesinnya bisa memenuhi ambisi BMW untuk menjadi raja balap jalan raya di awal tahun 70an itu. Karena harganya yang tergolong tinggi, yakni 31.245 DM, mobil ini hanya laku 929 unit.

20170409_112850

Gimana Bro? Jadi pingin ngebangun BMW tahun 70an dan 80an ya? Mahal Bro..mending bangun Mercedes lah hihihi… Apalagi kalau injeksinya sudah ga joss, hati-hati jadi pelanggan setia ATM wkwk…

Iklan

Mobil yang bikin saya ingin nyetir mobil adalah mobil yang bodinya imut dan desainnya keren. Lebih mantab lagi kalau tenaganya besar! Maklum, jalanan Jakarta yang penuh kejutan dan kemacetan sama sekali tak mengundang untuk senang mengendarai roda empat. Yang memenuhi kriteria ini adalah Mini Cooper.. Mini Cooper yang lama maksud saya, sebab memang imut, klassik dan bisa jadi sarana investasi.

Kalau dengar nama mobil BMW, hmm, hampir tak ada terlintas di benak: mobil imut! Kebanyakan BMW bodinya termasuk bongsor! Kalau soal kencang, ya tak perlu ditanya.. image sporty dan kencang memang ada di BMW. Nah, melihat mobil BMW yang satu ini, wah, rasanya gimana gitu..sebab memang imut, keren desainnya dan pastinya kencang! Turbo gitu lhoooo… Mau tau serunya mesin BMW diumpanin turbo? Tuh, naik aja Mini Cooper modern hihi..

20170409_112833

Nah, BMW 2002 turbo ini turbonya bisa dibilang bersejarah. Mobil yang diperkenalkan di Frankfurt September 1973 ini dikenal sebagai mobil massal pertama asal Eropa yang dilengkapi turbo! BMW ini jadi BMW seri 02 terkencang, menggunakan mesin BMW 2002 tii yang sudah injeksi yang sebenarnya sudah tergolong kencang. Dengan turbo, mesin 4 silinder 1990cc ini melonjak tenaganya jadi lebih kuat 40 PS!

20170409_112825

Tenaga 170 PS @ 5800 rpm disalurkan dengan gearbox 4 tingkat percepatan, bahkan bisa juga dibuat hingga 5 tingkat percepatan kalau ada yang pesan. Tenaga super besar di zamannya hanya dibebani mobil berbobot 1080 Kg saja. Tak heran, top speed mobil imut nan kompak ini sampai 211 Km/jam.

20170409_112756

Untuk menghentikan laju si imut nan ganas ini, BMW sudah memberikan rem cakram di depan, sedangkan di belakang masih dicukupkan dengan rem teromol saja…

Minat sama mobil keren ini? Hmmm di Indonesia ada ga ya? Jumlahnya tergolong sedikit, hanya 1672 unit. Tak terlalu laku karena doi terlahir di saat kurang tepat. Mobil yang ditawarkan secara umum dalam 2 warna, yakni charmonix (putih) dan polaris (silver) dijual cukup mahal sih, 18.750 DM, tetapi bukan itu masalah utamanya. Doi lahir di zaman dunia lagi dilanda krisis minyak, tak heran, BMW kesulitan menjual mobil Eropa pertama yang didoping Turbo ini…

Mau lihat salah satu mobil lapisan atas tahun 50an? Ini dia salah satunya! BMW 502 buatan pabrikan asal negara bagian Bavaria alias Bayern. Model ini sudah diperkenalkan BMW di tahun 1957, tetapi yang terpajang di sini keluaran tahun 1963. Tampangnya elegan dengan moncong yang khas BMW, meskipun lambangnya ditutup hihi…

Soal tampang memang kuno untuk ukuran sekarang, tetapi statusnya sebagai mobil top end di zamannya tak bisa bohong. Mobil LCGC pun bakal ketar-ketir kalau diadu sama mobil klassik ini. Maklum, mesinnya 3200 cc V8 Bro. Sanggup menyemburkan 140 PS! Bahkan yang versi 3200S bisa menemburkan 160 PS, ya setara dengan sedan 2000cc modern lah..

20170409_112659

Mobil yang mulai dipasarkan September tahun 1958 ini memang untuk zamannya bertenaga besar. Mesin V8 3168 cc dengan 4 percepatan disuplai 2 karburator ini memang dinobatkan sebagai mobil jenis limousine terkencang di zamannya. Bahkan untuk menguatkan itu, mulai tahun 1962 hingga akhir produksinya di November 1963, tenaga ditingkatkan jadi 160 PS @ 5600 rpm. Tak heran, top speed 190 Km/jam bisa diraih  mobil berbobot 1470 Kg ini.

20170409_112640

Untuk pengereman, tak perlu takut. BMW sudah kenal rem cakram kok. Roda depan sudah dikawal dengan rem cakram, sedangkan roda belakangnya masih dikawal rem teromol.

Gimana Bro? Naksir dengan sedan setara BMW seri 7 versi akhir 50an ini? Selamat berburu deh.. Di Indonesia sih saya belum pernah lihat.. Eits.. yang belum pernah dilihat bukan berarti tidak ada lho hehe..

Oh ya, ada yang tahu kenapa mobil ini digolongkan Limousine? Dulu saya pikir yang namanya Limousine itu sedan yang panjaaaaang hihi.. wah, perlu ngulik-ngulik masalah terminologi klasifikasi mobil nih..

Bukan, kita bukan sedang membicarakan motor BMW. Itu sih BMW K 1600 GT atau 1600 GTL!

20170409_120049

Yang ini mobil BMW yang hadir hanya 1 tahun! Yup, hanya diproduksi tahun 1967-1968. Sebentar banget ya? Ya sebenarnya sedikit yang 1600cc, tapi ada yang 1300 dan 1700 cc kok..Ya, tapi yang 1600cc ini cukup langka. Yang model coupe ada 1255 unit saja, dan yang parah langkanya yang model cabriolet, hanya ada 2 unit! Namun, info ini agak membingungkan sih, sebab ada juga informasi yang mengatakan, bahwa mobil ini masih dibuat terus hingga 3,5 tahun dan tembus 6000 unit lebih.

Untuk ukuran tahun 60an, mobil berkapasitas 1573cc ini termasuk kencang. Maklum, mesin BMW ini mampu menghasilkan 105 PS. Dengan bobot 960 Kg, mobil yang sebenarnya tak asli BMW ini bisa tembus 190 Km/jam.

20170409_120114

Kenapa saya bilang tak asli? Karena sebenarnya hanya sedikit bagian BMW 1600 GT yang merupakan produksi BMW. Jadi, aslinya GT dibuat oleh Hans Glas GmbH atau sering disebut Glas saja. Hayo..udah pernah dengar ada produsen mobil bernama Glas? Saya baru tahu sekarang hihi..

20170409_120146

Nah, setelah dicaplok oleh BMW, BMW memutuskan tetap memproduksi Glas GT. Namun, mesinnya yang ada versi 1300cc dan 1700cc diganti dengan mesin 1600cc buatan BMW.

20170409_120152

Beda dengan Glas GT, tentu tak hanya mesin. Lampu belakang diganti menggunakan lampu BMW seri 2 dan tentunya dilengkapi dengan grill “ginjal” ala BMW.

Gimana Bro? Keren juga nih.. Mobilnya juga seingat saya relatif mungil. Seru juga buat harian. Konsumsi bahan bakarnya juga tak terlalu boros, diklaim butuh 10,3 liter saja untuk menempuh 100Km.

Ngomong-ngomong soal Glas, ternyata menarik juga lho firma pembuat kendaraan ini. Glas sempat membuat skuter yang beken dengan panggilan kesayangan Goggo-Roller. Googo Roller dibuat untuk menyaingi Vespa yang sudah panen dengan penjualan skuternya. Goggo Roller yang dipasarkan di Jerman barat (Kan Jerman habis PD-II dibagi 2) Ada versi 123cc dan 197cc yang kalau dibulatkan 200cc. Nah, ini dia penampakan skuter yang terkenal handal dan tahan banting itu: kece kaaaaan…

Tak heran laku sampai 60.000 unit. Anak Vespa dan Lambretta di tanah air dijamin blingsatan lihat skuter bohay dan kuat ini hihi…

sumber foto Goggo Roller:

Von Selbst fotografiert. Original uploader was Porsche-Makus at de.wikipedia – Eigenes Werk, Gemeinfrei, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=14925945

Selama ini saya tahunya NSU sebagai produsen roda dua asal Jerman yang sudah tidak eksis lagi. Motor-motor NSU terbilang keren, bahkan tak kalah dibandingkan motor BMW sezamannya. Sebut saja NSU Max yang secara desain dan secara performa bisa menundukkan BMW R25.

Kebetulan, beberapa hari lalu, saya lihat sosok mobil klassik dengan desain kalem, tetapi wibawanya ada. Secara fisik, mobil ini pun masih gagah, tak tampak terlihat seperti seonggok logam lelah. Dipakai sekarang pun dijamin ga malu-maluin!

Setelah googling sebentar, rupanya NSU memang produksi mobil, motor dan sepeda. Bahkan karier awalnya sama seperti Suzuki, produsen mesin tenun wkwk.. Sayang saat ini NSU yang diambil dari nama kota tempat pabriknya berdiri, yakni Neckarsulm, sudah tidak ada. Sudah digabungkan oleh VW dengan Auto Union sehingga menjadi pabrikan mobil asal Ingolstadt: AUDI.

Saya pun coba cek, ini mobil apa.. Rupanya ini disebut NSU Ro 80. Apa istimewanya mobil produksi terakhir NSU sebelum dimerger ini? Mobil yang diproduksi di rentang 1971 hingga 1977 ini sudah bermesin Wankelmotor alias rotary engine! Keren ya..tahun 70an dengan teknologi mesin yang setipe dengan mesinnya Mazda RX-8.

20171021_130735

Gimana Bro? Belom pernah lihat juga kan? Belom kan..belom ya..biar saya ga ngerasa dongo sendiri wkwk…

Di dekat tempat tinggal saya ada yang memarkir sebuah mobil VW kodok yang kondisinya tampaknya sudah direstorasi. Segar deh ngelihatnya.. Bikin hasrat suatu hari nanti pingin pelihara VW Kodok lagi.

Yang jadi impian sih tampangnya standard, tapi mesinnya full tune up hihi.. AC dingin, kaki-kaki sehat, udah gitu aja udah bikin senang hihi… Tampilan kece, klassik, disuka tua muda, pajak pun tak mahal.. Belum lagi brotherhoodnya VW itu sudah seperti Vespa lah..Dan yang namanya naik VW itu tak tergantikan rasanya, apalagi mendengarkan suaranya dari dalam kabin.. Ya bisa dibilang mobil klassik dengan bentuk luar biasa dengan harga masih relatif wajar baik bahan maupun onderdilnya ya VW Kodok…

Yaudah, gitu aja artikelnya.. maklum, kangen itu kan sulit dilukiskan dengan kata-kata.. *alesan

20170907_131221-1

20170409_112630

Bukan, bukan BMW 328 yang bisa Bro temui di tanah air. Yang ini yang merupakan versi asli 328. Bagaimana tampilannya? Dijamin kepincut, bahkan walaupun seleranya young kids djaman saiki..

20170409_112617

BMW memang pabrikan asal negara bagian Bayern alias Bavaria, tetapi BMW 328 merupakan rakitan kota Eisenach, sebuah kota di negara bagian Thueringen. Kota ini juga dikenal sebagai kota tempat Martin Luther menerjemahkan Bibel. Oh ya, sebelum dijual ke umum, BMW 328 diterjunkan dulu di balapan di Nordschleife Nuerburgring! Dan mobil yang merupakan rakitan dari berbagai mobil BMW yang sudah eksis sebelumnya ini (rangka dan suspensi dari BMW 319, blok mesin dan rem dari BMW 326) berhasil menjuarai event balap semacam Le Mans di kelas 2000cc nonkompressor.

20170409_112552

Mobil bermesin 6 silinder ini merupakan pengembangan dari mesin BMW 326. Banyak pengembangannya, tapi gampangnya, kompresinya naik dari 6:1 jadi 7,5:1. Tenaga 50PS yang diperoleh di rpm 3750 melonjak jadi 80PS @ 4500/ 5000 rpm. Mesin mobil yang resminya diproduksi tahun 1937-1939 ini disuplai 2 karburator. Oh ya, bobotnya hanya 830 Kg lho..ga nyangka ya… Ga heran Bro, bodinya alumunium lho.. Tak heran standardnya bisa mencapai kecepatan 150 Km/jam. Tak heran, mobil dengan 4 tingkat percepatan ini menjadi mobil sport impian di zaman sebelum PD-II itu.

20170409_112525

Ada hal lain yang spesial dari mobil yang sudah berpendingin radiator ini, yakni remnya! Mobil ini menghadirkan teknologi hidrolik! Jadi, di saat mobil-mobil lain yang memang masih menggunakan rem tromol  yang dioperasikan dengan kabel, BMW 328 mengoperasikan rem tromolnya menggunakan fluida. Dan terbukti, 328 punya kemampuan mengerem di atas pesaingnya.

20170409_112542

Btw, 328 juga ada versi balapnya lho. Untuk ikut balap 24 jam Le Mans, BMW bekerjasama dengan Touring asal Italia untuk membuat mobil 1971cc ini semakin kompetitif. Body tetap alumunium, tetapi lebih tipis dan rangka pun dibuat dengan model pipa tralis. Tak heran, bobotnya menyusut jadi 780 Kg saja! Itu yang coupe, yang roadster bahkan dengan 100 liter bensin hanya 700 Kg saja!

Mesin pun disuplai 3 karburator, 1 buah lebih banyak dibandingkan versi standard. Tenaga pun melonjak jadi 119-122 PS. Tentu ada modifikasi lainnya, sebab kompresi naik jadi 9,15:1. Versi balapnya bahkan bertenaga sampai 135 PS! Top speed pun melonjak jadi 220 Km/jam!

Gimana Bro? Keren ya..kaya Bat Mobile hihi

20170409_114112

Bro yang doyan kendaraan klassik pasti sudah kenal atau pernah dengar tentang BMW Isetta, sebuah kendaraan yang agak sulit dikaetgorikan, mobil atau motor haha.. Namun, ikuti saja lah istilahnya: micro car!

20170409_114129

Oh ya, ternyata doi bukan original Jerman, doi asalnya dari Italia. Pantas saja namanya Isetta! Nah, yang di Italia dibuat oleh Iso. Bedanya, yang di Italia bermesin 236cc 2 tak, sedangkan yang dibuat BMW bermesin 250cc 4 tak yang merupakan mesin yang juga dipakai motor BMW yang banyak berseliweran di Indonesia, yakni BMW R25.

20170409_114033

Iso Isetta, meskipun bermesin 2 tak, powernya malah hanya 9,5 HP, justru lebih besar tenaga mesin 4 tak BMW yang mampu menghasilkan 12 HP. Cukup unik ya.. Mungkin karena mesin 2taknya masih setara teknologi Vespa di zaman itu hihi.. Memang mengincar kehandalan dan simplisitas saja, belum mengincar tenaga besar, apalagi untuk keperluan balap. Bisa jadi juga karena memang mesin 2 tak itu pertama kali dipakai Isetta tahun 1953, sedangkan mesin R25 dipakai tahun 1955.

20170409_114005

Isetta sendiri diproduksi di berbagai negara, tak hanya di Italia dan Jerman, tetapi juga di Brazil, Prancis, Belgia, Spanyol dan Inggris.

Gimana Bro? Keren ya.. Dan memang micro car ini laku keras! BMW Isetta saja yang juga ada versi 300 ccnya dan diproduksi tahun 1956-1962 laku sampai 161 ribu unit lebih!

20170409_114018

Sebenarnya wajar bisa laris, desainnya sangat menarik dengan bentuknya yang seperti balon dan konsumsi bahan bakar yang perlu 3 liter saja untuk menempuh 100 Km! Maklum, selain mesinnya kecil, bobot kendaraan tak sampai 500 Kg.

20170409_113954

Gimana, setuju ga kalau ada micro car lagi yang punya kelas dan bergaya klassik macam BMW Isetta? Lumayan, bisa digeber sampai 85 Km/jam lho!

20170409_113938

Hmmm.. tapi kalau dijual di zaman sekarang dan harganya terjangkau, berabe juga.. Bisa dipakai Kids zaman now untuk yang tidak-tidak, apalagi kalau sudah dipasangi kaca film super gelap wkwk…

20170919_162300

Sesuai prediksi Blog Sesat, harga Honda Tiger lama yang masih 1 bolam lampu remnya semakin meningkat. Memang masih jauh dari kegilaan harga RX-King sih, tapi salah satu iklan ini bisa menunjukkan gejalanya. Dijual 36 juta Bro… Memang saya liha foto dan keterangannya, super menggiurkan lah.. Kalau punya duit, layak ditinjau, meskipun secara harga menurut saya masih terlalu tinggi. Namun, hari ini saya cek lagi, sudah diturunkan ke 29 juta hihi… Wah, goyang lagi harganya masih bisa pastinya.. Ya daripada beli motor 150cc baru yang dalam setahun harganya akan terdepresiasi 10% bahkan lebih, mending beli motor legendnya Honda ini kan.. Apalagi pasarnya menjanjikan, banyak yang doyan, mirip RX-King lah.. Cuma belum terlalu musim aja.. Dalam pantauan Blog Sesat, sudah ada sih yang kembali mengoriginalkan Tiger lawas (Tahun 2002 ke bawah).

Wah ngiler nih lihat Tiger full original seangkatan Tiger Hitam… Btw, setelah lihat-lihat lagi, ada penawaran dengan harga yang bisa dibilang murah untuk kondisi barang yang dari foto sih tak kalah dengan Tiger yang ditawarkan 29 juta itu. Ini dia:

20170919_162816

Namun, saya rasa perlu hati-hati. Sebab foto yang ditampilkan hanya satu. Jangan-jangan foto motor yang sama! Amannya ya harus lihat langsung barangnya. Kalau memang ada, 12 juta untuk Tiger semulus itu hitungannya murah lho..

Apa yang terlintas di benak kalau mendengar nama USS-Enterprise? Yang tahun 90an jadi anak sekolahan pasti mikirnya serial Star Trek. Yang suka motor mungkin langsung ingat Yamaha Scorpio generasi terakhir wkwk… Maklum, julukan klingon karena desain lampu Scorpio gen terakhir memang berasal dari serial TV yang sudah difilmkan ini. Memang sih, headlamp Scorpio mirip dengan jidatnya bangsa Klingon wkwk..

Yang tak kenal Star Trek, mungkin ingatnya Kapal Induk USA bernama USS Enterprise ya? Saya sih termasuk golongan yang pertama..baru tahu ada kapal induk dengan nama serupa setelah googling.

Apa yang memicu saya googling nama ini? Ini lho Bro, ada sebuah mobil Citroen tua banget yang ditulisi plesetan nama USS-Enterprise. Si pemilik menulisi mobilnya U.S.S. Entenprice..

Entah apa tujuannya, ya lucu sih buat yang kenal USS Enterprise itu apa. Untuk tau lebih dalam maksud pemiliknya mungkin perlu tahu juga sih ini Citroen tipe apa dan ada hubungan apa dengan bebek. Jangan bingung Bro.. bebek itu bahasa Jermannya Ente(n).

Gimana Bro? Ente paham? wkwk…20170911_132630

tersesat muter-muter

  • 1,895,279 x 1000 rpm

Waspadalah! Mungkin saya menyesatkan Anda....

Telah Menyesatkan

hmmm

Follow Motorklassikku on WordPress.com