Ini sebenarnya cerita lama saat tersesat ke Yogyakarta bersama si Excel Rose. Mumpung lagi di Yogyakarta, ada satu obsesi yang ingin saya capai: Berkunjung ke Gunung Merapi. Modal nekad tanpa googling atau lihat-lihat peta, Excel Rose pun dipacu santai ke salah satu gunung teraktif di Indonesia ini..

20160204_103249-1

Jalanan menuju Merapi bisa saya bilang mengasyikkan. Jalanan lebar, santai, berkelok dan adem.. Seru banget buat bervespa ria. Dan setelah sekitar 1 jam, sampailah saya di Taman Nasional Gunung Merapi. Karena hari itu hari kerja dan masih lumayan pagi, saya rasa saya satu-satunya pengunjung saat saya tiba.

20160204_104055

Setelah bayar tiket masuk, saya mulai mengeksplorasi Taman Nasional Gunung Merapi. Dan rupanya di sana ada Gua Jepang.. Hmm..pernah dengar sih.. tapi dengar saja, tak tau ada apa di sana, berapa jumlah guanya dan seberapa jauh ke Gua Jepang.

20160204_114412

Berhubung masih dalam rangka bersesat-sesat ria, saya nekad bertualang sendirian naik ke atas menelusuri lembah-lembah di kawasan itu. Lumayan melelahkan juga sih naik ke atas. Butuh waktu lebih dari 40 menit berjalan santai menanjak ke atas. Pemandangan bagus, hawa segar, tapi karena benar-benar sendirian tanpa ada orang lain, agak-agak gimana gitu haha.. dan ketegangan meningkat drastis saat berjumpa kawanan monyet. Monyet-monyet yang tadinya berisik tiba-tiba diam dan melihat semua ke arah saya ketika menyadari kehadiran saya.

Jujur, saya lumayan tegang.. bukan apa-apa, pas kecil pernah digigit lutung ahaha..jadi pas di rumah seorang Mbah, tiba-tiba seekor lutung menghampiri saya dan menggigit paha saya..wadaaaaw…

Nah, ini monyetnya ada banyak..berabe kalau pada menyerang dan mau gigit saya, apalagi jalan balik pasti butuh minimal 30 menit dan risiko ngegelinding ke bawah karena itu kan jalan setapak…

Namun, karena monyet-monyet ini diam saja dan saya super penasaran untuk sampai ke Gua Jepang, pelan-pelan saya maju terus sambil doa-doa.. alhamdulillah ternyata monyetnya tidak tergolong gerombolan pencari keributan haha…

Dan setelah berjalan lagi sekitar 10 menit, sampailah di Gua Jepang yang di foto ini. Hmmm agak kecewa, kok satu saja.. ya jalanan masih terus sih, cuma saya tak tau kalau dilanjutkan ada kumpulan Gua Jepang yang lebih besar. Saya baru tau setelah pulang dan googling.. Toh saya pikir, mau jalan lagi, sudah terlalu jauh saya berjalan dari posisi awal..

20160204_113113

Gua Jepang ini bisa dibilang kecil. Saya coba melongok ke dalam, tapi tak bisa melihat apa-apa, cahaya terlalu kontras. Mungkin efek masih kaget dan deg-degan karena kawanan monyet… Dan yang aneh, semua bulu kuduk berdiri pas saya berdiri di mulut gua.. Ya seperti banyak listrik statisnya, seperti berdiri di TV ukuran besar zaman dulu, yang ketika dimatikan membuat bulu kuduk berdiri kalau kita berada di dekatnya.

20160204_114936

Akhirnya semangat bertualang saya kendor haha…Saya pun baca-baca doa takut kesurupan wkwkwk.. Daripada ketakutan, panik, terus jatuh ngegelundung dan hilang di lereng Merapi, saya putuskan menyudahi petualangan hari itu haha.. Eh pas sampai di bawah, sudah ada ibu-ibu pedagang dan beberapa pengunjung. Yang lucu, kawanan monyet itu pun sudah turun ke bawah. Saat saya beli Chitato, rupanya kawanan monyet itu lucu-lucu juga, suka minta jatah haha.. lucu aja, di atas lereng dan hutan-hutan tadi itu kawanan monyet sempat bikin saya cemas wkwk..eh sampe bawah jadi hiburan…