Suatu hari ane ketemu sama salah satu karyawan tempat ane pura-pura kerja. Doi tak terlihat seperti biasanya, kini yang digebernya Vario. Ane pun tanya: “Thunder kemana?” Doi jawab: “Dijual! Mogok mulu!”
Mendengar jawaban doi ane memahami benar. Sebab di rumah keluarga Sesat juga ada satu unit Thunder 125. Motor ini lumayan sering bikin puyeng ade ane sebagai pemiliknya, maklum, hobby ngadat. Namun, itu dulu, sebelum karburator vakum diganti dengan PE 28. Kalau membran vakum sudah error, wah, memang doi hobinya mogok, susah langsam, gampang mati, kadang gerung… dijamin menyiksa batin dan tangan kalau dipakai di lalu lintas padat macam Jakarta. Belum lagi penyakit gerung macam begini bakal ngerembet ke pemakaian kopling dan sektor klep. Wah pantas saja pada males meliara ini motor. Tidak heran, harga Thunder 125 menukik drastis, bisa dibilang doi motor laki keluaran relatif baru yang harganya paling jatuh, bahkan di bawah Honda Win yang keluaran jauh lebih lama. Dengan duit 3 jutaan, sampeyan bisa lirik2 Thunder 125, kali aja lagi ada yang stress atau BU.
Kelemahan lain Thunder 125 adalah sektor kelistrikannya yang kadang aneh. Jangan otak-atik deh… Bahkan sebatas ganti setang jepit bisa berisiko mengacaukan kelistrikan ini motor. Di motor adik saya, kalau setang dibelokkan mentok, maka mesin akan mati! Aneh tuh, untung sudah hilang penyakitnya. Yang nyebelin adalah, dibawa ke bengkel resmi pun mekaniknya tidak bisa menangani! (mungkin kebagian yang masih belum banyak pengalaman-red).
Keluhan lain dari adik saya, rem depan Thunder 125 dinilainya kurang pakem. Selain itu, kalau saya perhatikan, sil garpu depan cepat bocor ya…
Ya, begitulah kira-kira kelemahannya. Menurut Penasihat Spiritual Blog Sesat, sebaiknya yang paling diperlukan Thunder 125 adalah sistem injeksi bahan bakar. Jelas lebih tahan banting dibandingkan karbu vakum yang terkesan tak panjang umur dan malah membuat Thunder 125 jadi terkesan seperti motor yang rewel. Belum lagi keluhan spare part yang relatif lebih mahal dan lebih jarang didapatkan.
Buat Bro yang ngerti motor, sebenarnya Thunder 125 layak banget buat dilirik. Tinggal ganti karbu biasa, doi sudah bisa jadi teman perjalanan yang handal, awet, ringan, cukup kokoh dan dengan sedikit dandan juga sudah bisa mencuri perhatian…Buat Bro yang mau bisnis bensin eceran, ini motor jelas solusinya hihihi……..
207 komentar
Comments feed for this article
4 April 2013 pada 6:58 am
Modar
Karet vakum thunder 125 emang gampang getas og….Trus kelistrikannya (belok mati) tuh krn kabel strumnya di bagian leher ( dket komstir yg emang kurang panjang n pelindungnya tipis jd musti d tambahi ndiri. Cari kabel warna orange….Tuh kalo kulitnya nglupas n nempel kael body yow tewas motore
5 April 2013 pada 3:12 pm
arieslight
wah, Bro Modar komen lagi…
logis bro, sayangnya ga semua pebengkel sedetail situ… Thx bgt infonya, berguna nih bagi pemilik2 thunder 125 yang bermasalah sama
21 Mei 2013 pada 6:47 am
Mus Ingin Sadar
thank’s bwuanget info_x Brow..sanget bermanfaat…
29 April 2016 pada 6:43 pm
ad
Tewas nya gmna.. Apa berpengaruh ke pengapian?
29 April 2016 pada 6:40 pm
ad
Tewas nya gmna.. Apa berpengaruh ke pengapian?
4 April 2013 pada 7:57 am
ipanase
nyetel klepnya pun bikin makan ati 😀 soal harga ga menukik koq, cuma anjokk
5 April 2013 pada 3:14 pm
arieslight
mumpung anjlok bisa dibeli… tinggal ganti karbu biasa, kasih velg lebar dan ban lokal plus cat ulang, dah ganteng kaya bandit mini (tapi ga bisa ngebut ).. total motor sama modif bisa dibawah 7 juta tuh kalo dapet motor yang 3 jutaan
16 April 2013 pada 7:03 pm
pak suker
kapan kapan tak nyoba mliara petir.
kalo dibuat tiruan DRZ bisa gak ya????
mesin overbore ini ya???
18 April 2013 pada 3:23 pm
arieslight
yup…. overbore, jadi tenaganya malah keluar di putaran atas..ga cocok malah dengan konsep motor touringnya Bro.. Bisa dibuat DRZ sih, tapi enaknya mesin juga kena sentuh buat nambah torsi..
14 April 2015 pada 6:56 am
just ride dirt bike! (@dickytelecaster)
dibikin DRZ mah bukan niru, emang sejatinya thunder itu ya DRZ bodi ekonomis. tapi karbunya diganti sama PE 28 biar lebih yakin diajak oprot.
1 Mei 2013 pada 6:24 pm
ali
rewel tmen mtor iki .. Yg kluaran thn 05 n0 engkol wis bkal nangis darah klo aki nx s0wak .
29 Mei 2013 pada 8:23 am
arieslight
ya, risiko, makanya abis itu keluar versi pake starternya…
2 Februari 2019 pada 4:37 pm
bogel
Betul bgt tu,punya saya juga bgtu,, ngedrop Mulu…
7 Februari 2019 pada 4:39 pm
arieslight
risiko Bro..pasang kick starter denger2 lumayan mahal juga soalnya, mending jaga kondisi aki aja..
27 Mei 2013 pada 7:53 am
sule
ane penggemar thunder 125,iritnya bukan maen.ane punya thn 2007 dan 2009,,,sampai saat ini ga pernah mogok atau ngadat,,padahal ane cuma ganti oli dan busi aja tuh.bahkan kerendem banjir ni motor jagonya
29 Mei 2013 pada 8:24 am
arieslight
irit bgt emang bro…motor juga kalo standard akan beres2 aja sih..dan selama membran karbu belom robek, motor ini emang enak…
8 Juni 2013 pada 4:13 pm
rizalfatopper
thunder 125 th’07 yang ane beli seken karburator pake karburator rx king. tenaga lebih kerasa dibanding pake aslinya (ane udah nyoba), meski resikonya ga bisa disentak kayak motor rx king terus yang ga biasa motor” tua yang gampang ngadat (kayak rx) bakal kerepotan kalo belum biasa pake karbu rx. tapi bagus karbu aslinya cuman kelemahan di membran sama lidah karbu doang yang kadang sering bermasalah.
kalo masalah kelistrikan, panjangin aja kabel-kabelnya seperti kata agan modar terus pasang sikring yang tepat (cz kalo salah pengalaman ane bakal tekor ke aki).
sedikit share pengalaman nunggangin thunder 125
11 Juni 2013 pada 3:50 pm
arieslight
yup… ga bisa disentak karena torsinya juga kekecilan Bro… tapi kalo rpm udah tinggi, mayan bgt kok.. thks sharingnya…
27 September 2013 pada 10:53 am
rian
ane pnya thunder 2004 axi a tkor trus.
udah gnti axi 2x.
kiprok smpe 3x tp hasil a sama ja tuh.
7 Oktober 2013 pada 12:49 pm
agus
cek sepulnya mas broo… biasanya kalo aki tekor terus dikarnakan suplai listrik yg dihasilkan spul kurang optimal…
disarankan untuk mengganti spul yg ori harga kisaran 200 rbuan++
7 Mei 2020 pada 12:38 pm
Yuqi
Kalo di ganti sama yang gimana?? Ada rekomendasi??
22 Juni 2013 pada 6:49 pm
Raditya
kalo pengen agak nyentak, pasang kampas kopling satria dan ditambahi per. Punya saya sudah di bore-up, pakai karbu king, kampas satria, per klep di ganti, manipol scorpio. Kalau mau bagus bawa aja ke lenteng agung, bengkelnya bro sidiq, khusus thunder.
24 Juni 2013 pada 4:05 pm
arieslight
kalo ke arah pasar minggu, di kiri apa kanan jalan Bro? boleh tuh ancer2nya… thks ya…
8 November 2013 pada 12:04 pm
Raditya
ke arah depok, kanan jalan setelah stasiun lenteng
12 November 2013 pada 4:28 pm
arieslight
nggak jauh dari rumah.. kalo mau utak utik thunder boleh dah ni..thx infonya Bro..
24 Juni 2013 pada 11:19 am
Kilau Biru
Halah, motor rewel mogok melulu aja kok dipelihara? ini buktinya http://kilaubiru.wordpress.com/2013/06/22/suzuki-new-thunder-125-2013-stripping-baru-lebih-lelaki
24 Juni 2013 pada 4:08 pm
arieslight
kalo tau selahnya enak kok… sekarang motor batangan 4 tak second yang paling menggiurkan ya ini motor… thunder 125 baru lumayan unyu, ane naksir spionnya hihihi
26 Juni 2013 pada 6:23 am
kilaubiru
wehh itu bukan akun saia
# ini yg asli 😀
3 Juli 2013 pada 4:18 pm
arieslight
ya, keliatan dari bahasanya brader…
24 Juli 2013 pada 6:54 pm
Slow_down
sebenernya sih ni motor lumayan,
bayangin aja motor dengan 125cc,tapi tangki 14liter, bisa perjalanan jauh jakarta-surabaya tanpa isi bensin 😀
tapi yaitu karburatornya sering bermasalah, banyak tuh thunder yg ngeberebet suaranya mungkin karna masalah karbunya.
tapi yg aneh Thunder temen ane jarang bermasalah walau ngerawatny ntu orang gak apik, apa karna cara nge-buka gasnya yg termasuk halus jadi gak bikin skepcepet rusak.
25 Juli 2013 pada 2:14 pm
arieslight
ya karbu.. kalo rajin bersihin tapi buka karbunya ga telaten dan ati2, biasanya yang kena membran vakumnya..kalo dah kena, ampun deh, ga enak bgt motornya.. tapi ni motor emang menguntungkan kok, selama ga dipake kebut2an..
23 Agustus 2013 pada 7:44 pm
Prasetyo
SAYA PUNYA THUNDER 125 TH 2009, GAK ADA YG BERMASALAH TUH, FINE2 AJAH,, KLO MUNGKIN BANYAK YG NGELUH ITU KARENA DOI GAK BISA MAKE MOTOR, KURANG PENGALAMAN, BARU PERTAMA KALI PUNYA MOTOR, SINGKAT KATA MOTOR THUNDER IS THE BEST
27 Agustus 2013 pada 12:25 pm
arieslight
kalau ga ya karena ekspektasi ketinggian dan bandingin sama motor yang kapasitasnya diatasnya bro…
30 Agustus 2013 pada 9:04 pm
dony
menrut ane, aq pake thunder uda 3 tahun find2 at thu, apalagi bensin na thu irit bgt…. skrg q gnti vixion ternyata ga beda2 jauh ma motor thunderq dl,,, jd kngen
6 September 2013 pada 4:19 pm
arieslight
yup, irit bgt… dulu kata ade ane, waktu karbunya masih vakum, iritnya bener-bener irit..
5 September 2013 pada 3:56 pm
hamka
soal thunder 125,motor ini sangat hebat bro.. sy benar2 kagum dgn kemampuannya,powerx halus dan enak buat kebut2an.. dgn kapasitas mesin 125 bisa bersaing dgn motor 135 sampai 200.. sy dah buktiin sendiri.. kekurangannya hanya pada beratx yg harus di kurangi,berat motor maksimal 100 n perpindahan gigi tdk perlu menurunkan gas,dijamin top speed dapat..
sy pernah pakai thunder 125 thn 2005 selama 5 thn dan tenagax tdk pernah turun,sdh pakai pelek n ban lebar top speedx 120.. berangkat kerja selalu lawanin tiger,satria,v-ixion,jupiter mx,rx king ,mega pro,gl max.n klo nyuri angin di ninja rr spidometer tdk bisa baca lg krn spidox cuman sampai 120 mas bro.. pokokx motor ini gila bangat,asal yg pakai berani tancap gasss…
6 September 2013 pada 4:21 pm
arieslight
Waktu ke Pantura bulan lalu, ane ngikutin thunder 125 yang kelihatannya standard bgt, lumayan kenceng juga larinya kalo treknya ga stop n go…top speednya kira-kira ane ukur pake tiger di 110…(spido ane rusak, seingetnya aja dari putaran rpm yang masih idup)
thx komennya bro..
14 April 2015 pada 7:07 am
just ride dirt bike! (@dickytelecaster)
kalo ngertiin si thunder, dia juga pasti ngertiin si empunya bro!
22 Juli 2017 pada 2:40 pm
Ajat
Lama lama thunder booming juga nih ..sdh tahu cara nya kali ya
Yang ane suka gampang ngopreknya ni motor
22 Juli 2017 pada 2:38 pm
Ajat
Lama lama thunder booming juga nih ..sdh tahu cara nya kali ya
23 Juli 2017 pada 6:51 pm
arieslight
motor laki paling murah sekarang…cocok buat modif2 klassik..lengan ayun udah klassik, velg edisi lama juga klassik 80an..cuma mesinnya aja yg kecil
13 September 2013 pada 1:21 am
yoga
tetep aje judule motor laku harga bebek alias motor kacangan 🙂
27 September 2013 pada 10:57 am
rian
ane pnya thunder 2004 aki a tkor mulu.
dah gnti aki 2x.
kiprok 3x tapi sama ja tuh.
masih tkor trus…
2 Oktober 2013 pada 4:34 pm
arieslight
coba ganti bengkel Bro.. biasanya bengkel yang udah eksis lama lebih telaten soal kelistrikan… pastikan juga onderdil ori dan ga ada variasi yang kadang suka bikin kacau kelistrikan
13 Februari 2018 pada 6:58 am
Bambang
Bendik sdah ganti,arang stater sdah ganti,aki masih oke.tpi kok ngak bisa stater.mohon info nya
14 Februari 2018 pada 7:04 pm
arieslight
sudah coba dinyalakan langsung ke aki? KAlau belum bisa mungkin gulungannya sudah tidak beres Bro.. bisa gulung di tukang dinamo, atau berburu second yang original juga saya pantau 200 ribuan.. yang KW bahkan di bawah 200 ribu juga ada.
2 Oktober 2013 pada 1:12 pm
rendra
saya punya thunder125 2006, tahun lalu pernah karet vacuumnya sobek, trus mogok’an, alias rewel melulu, lalu ane beli karet vacuum thunder tapi yg KW murah kok cuma 25rb doank, tapi cuma bertahan 6 bulan aja tuh karet malah kaku gak bisa lentur lagi, namanya juga barang KW, lalu ane beli karet vacuum yg ori cuma 40rb merk SGP, sampai sekarang awet…
sekedar info, thunder ane udah dikontaminasi beberapa modifikasi kecil buat naikin performa.
– head cylinder udah dipapas 0,5mm + porting inlet-outlet
– pasang cincin magnet 9power 2 biji pada kabel busi (kalo cuma 1 biji gak ngaruh sama sekali sama power)
– ganjal per kopling pakai ring kuningan masing-masibg 2 biji ring, jadi total butuh 10 ring kuningan.
– pasang gas spontan, padahal karbu masih pakai vacuum biar tambah garang, tapi dikombinasikan dg setelan gas punya RX-King biar bisa disetel kerenggangan kabel gasnya…
– pakai pilot jet 17,5 (punya shogun kebo) dan main jet 115 (punya satria 2 tak)
– lepas busa filter udara, karena busanya udah rusak. tapi box masih tetep dipasang biar suara gak ngookk…
Hasilnya, top speed 130km/h lebih mudah diraih… padahal dulu waktu mesin belum diapa-apain cuma mentok 115-120km/h.
kalo lawan vixion, megapro, byson masih berani…
bahkan lawan FU keluaran 2010 keatas masih berani, tapi kalo FU 2004-2005 gak berani karena powernya beda…
warna busi lebih pucat, padahal setelan karbu udah boros banget, karena pakai cincin magnet 9power 2 biji. Pernah diakalin pakai main jet tiger ukuran 120, tapi malah boros kayak tiger walaupun kenceng, dan warna busi jadi merah, tapi sekarang pakai ukuran main jet 115 aja biar gak boros amat…
dulu pernah pakai gear belakang ukuran 37 mata punya RX-King, hasilnya top speed bisa tembus 150km/h malah bisa lebih, tapi kalo dipakai boncengan berat & gak kuat nanjak… akhirnya dibalikin lagi pakai gear belakang 45 biar kuat dipakai boncengan & nanjak gunung…
Alasan saya tetap pakai karbu vacuum adalah, karena thunder itu getarannya tinggi banget. Karbu vacuum itu berfungsi buat mengurangi getaran pada mesin..
saya udah pernah gonta-ganti karbu mulai RX-King, PE28, Ninja PWL28, tapi malah getarannya tinggi, memang sih karbu itu bikin rpm cepet naik, dan tambah kenceng, tapi getarannya tinggi. Malah bikin capek buat touring…
Jadi saya tetap pakai karbu vacuum saja, kalo masalah mogok’an itu karena karetnya sobek, tinggal beli lagi aja, murah kok cuma 40rb, pasang sendiri tanpa perlu ke bengkel, gampang banget….
Masalah thunder itu lelet, diakalin aja dg pakai gas spontan & ganjal per kopling seperti thunder saya…
next step, mau modif noken as, biar makin galak,
mau lepas per rocker arm, biar setelan klep bisa presisi dan lebih galak di rpm tinggi,
mau pasang gear belakang ukuran 42 punya RGR, gak terlalu kecil dan gak terlalu tinggi biar nafasnya panjang dikit.
2 Oktober 2013 pada 4:36 pm
arieslight
serem larinya Bro…ane sih sekarang pelan-pelan aja..tapi kemaren ngikutin thunder 125 standard di pantura, emang larinya sekitar 110 kmh..lumayan bgt untuk motor 125cc
thx sharingnya….
14 April 2015 pada 7:12 am
just ride dirt bike! (@dickytelecaster)
jadi Thunder gila dong bro? kalo punya saya, naik-turun gunung di jayagiri lembang. satu-satunya Thunder di tempat oprot. yang lain masih takut kali ya? tenaganya gila juga padahal standar. ganti ban+velg trail, knalpot trail, gir belakang ditambah 3 mata, langsung blaaarrrr!!!!
6 Oktober 2013 pada 6:37 am
Petir Abang
Sy pakai thunder 2012 semua msh standar pabrik, cm setang aja di gt pnya gl pro biar lbh tinggi….
Motor enak dan irit, getaran alus banget…
Kemarin buat mudik Jkt-Sragen ngacirr… untuk top speed ga prnh nyoba, coz ga berani kebut2 an, baru jln 100 kpj aja badan udah gemeter, ingat anak istri, hehehe
maklum biasa jalan 60-80 kpj aja.
10 Oktober 2013 pada 3:18 pm
arieslight
yup, alus… menurut ane, dibanding Tiger pun kerasa enteng handlingnya.. kalau torsi kalah jauh, tapi kalau sama-sama rpm tinggi, dibandingin tiger ga kalah jauh..
setang standar aja bro, kalau ganti pendek, kabel kopling suka mentok di spidometer, biasanya dicopot spidometernya, kalo ga gampang putus kabel koplingnya…
9 Oktober 2013 pada 7:16 am
ktandoksu2
thunder ku 2004 (generasi awal no engkol) kenangan dari alm.ayah…gak tega jualnya…hehhehe akhire setelah mati suri 2 bulan( tahun kemarin) gara gara karbu…aku ganti pake karbu king ori dengan bbrp penyesuaian main jet pilot jet…….hasilnya gak pernah rewel sampe sekarang…kiprok pernah rusak gara gara sepul terbakar(3th yg lalu)…ganti sepul n kiprok plus perbaiki jalur pengisian aki dari sepul ke kiprok ke aki(jangan dilewatkan kabel bodi tapi langsung) hasilnya aki nya awet bro…3 tahun baru ganti…heheheeheh….k lo modif cuma ganti stang lebar pendek plus raisernya merk two brother…lampu depan vixi ori yg lancip(dapat dari temen gak dipakai),lampu belakang tiger 2000 ori (yg dobel lamp), ganti shock belakang jadi 32mm,turunin shock depan,gear belakang ganti custom mata 41, pelek ori, ban ganti tubless merk swallow belakang 100/80 depan 90/80…rencana mo ganti knalpot satria fu ori plus cdi brt…apalagi yah…cukup itu aja…dah ngaciiirrr bro….wkwkwkww…monggo dishare yg punya racun lain nya…
10 Oktober 2013 pada 3:19 pm
arieslight
hehehe..hobi kebut juga nih… sayang paket bore up thunder 125 ga banyak ya… menurut ane, kalau banyak, bisa laku lagi tuh secondnya…bisa booming thunder 125 second kuenceng2….
13 Oktober 2013 pada 3:54 am
ktandoksu2
hehehehe…sebenere paket bore up bisa diambilkan dari milik tetangga bro…pake piston nya sc*rpio…utk lebih detail bisa dicek dimari http://zulfauzi.blogspot.com/2012/07/bikin-kencang-thundie-125.html(ini sekedar menegmbalikn ke performa asli saja no bore up dll…k lo niat bore up…ini ni tutor nya http://zulfauzi.blogspot.com/2012/12/bikin-kencang-thundie-125-part-2-final.html tinggal dibawa ke bengkel langganan yg terpercaya…(thanks to agan zulfauzi @ blog ra cetho yg udah nge share ilmunya)hhehehehe
8 November 2013 pada 9:44 am
denu
Gan ane punya thunder 07, skarang lg ada msalah yg dikemukain TS di atas, jujur ane rada kurang paham masalah motor , masalah si thunder ane ya itu sering mati mndadak pas lagi jalan, trus ngempos gitu kalo lg brenti macet trus gas nya suka ilang gtu gan..
Bisa tolong sikasih wangsit gag para tetua thunder semua…..
08976052532 ini nomer ane gan biar bisa enak hubungannya
12 November 2013 pada 4:27 pm
arieslight
Itu hampir bisa dipastikan masalah membran vakum karburator Bro.. diganti juga beres… tapi kalau mau lebih awet, ganti karbu yang non vakum..cuma risikonya ya pasti lebih boros dibanding vakum
20 September 2017 pada 12:52 am
tomy
Bisa lihat foto motornya gak bro?
16 Oktober 2013 pada 7:35 am
Rilli Andra
apa yg ente2 bilang pada bener semua,cuma kita2 yg bisa naikin harga diri thunder 125,gw punya juga taon 05,ampe sekarang klu masalah kecepatan gk pernah lari dari namanya…
tmn2 gw udah pada akuin motor gw..
merek lain pokok nya jangan pada macem2 sama si lembut ini..
hehehehee..
18 November 2013 pada 4:19 pm
trisno
tander ini bro kalau di pake jaln panjang mau mati se kali x.tp kalau di stater bisa hidup bro tp lamsam doang bro . biasat ap itu iyang rusak bro
18 November 2013 pada 4:35 pm
arieslight
Kalau digeber di rpm menengah ke atas ga mau, bisa jadi koil udah jelek Bro… tapi saran ane sebelum itu dicek, bersihkan karbu dan saringan udara plus businya dulu Bro..jangan lupa setel klep…
22 November 2013 pada 1:27 pm
agus.s
bengkel yg bisa naikin porsi thunder di mana ya, di jakarta timur…….ane punya thunder 2005..berapa biayanya?
22 November 2013 pada 7:35 pm
si gledek
kalo cerita ane bgini: dpt thunder th 2006,cdi brt, knalpot racing, karbu king, ban velk lebar, monosok.pas baru dpt langsung ane dandanin service tune up ganti oli dll, selang satu bulan kemudian pd suatu malam yg dingin dan hujan ditengah perjalanan tiba2 mesin mati mendadak, tapi disela starter hdup lg, kjadian berulang beberapa kali.pikir ane mungkin ada yg kelistrikan kena air hujan, tp lama lama timbul suara kasar yg makin lama makin keras,karna perjalanan jauh motor ane titipin dulu dirumah bokap besoknya baru ane balik bwt ngecek ,tau apa yg terjadi brader? bantalan as noken as kegerus parah! apa penyebabnya? olinya kering!! kok bsa olinya kering ? itu yg sdg dlm penyelidikan ane ,padahal tdk ada rembesan dimesin knalpot pun tak berasap.skedar saran bro sering2 lah ngecek oli agar kejadian kayak ane tdk menimpa brader.yg ane g abis pikir itu oli kmana ? padahal mio ane 3 bulan g ganti oli pun msh ngacir n olinya utuh dg mobilitas yg lbh tinggi.aneh…
25 November 2013 pada 4:04 pm
arieslight
Persis kaya pas Tiger ane jebol pertama kalinya Bro.. baru seminggu sebelumnya dicek jumlah oli oke… eh tau-tau gejala macet piston… begonya ane dulu, motor tetep ane pake, karena ane pikir ganti oli kmnya belum sampe dan masih 2-3 minggu lagi…
eh, pas dipake ngebut jebol…noken as botak, setang seher ama piston nyatu wkwkw.. total2 abis 2,2 juta, itu aja taun 2003an…
persis ane bertanya-tanya, kemana tuh oli?????? ga ada rembes, ga ada ngebul, tau-tau tinggal 1/3..
5 Desember 2013 pada 7:51 am
Fre14
Mohon saran/solusi rekan-rekan di sini, klo problem kyk gini,
– Pas lagi jalan tiba-tiba mbrebet dan tenaga tarikan berkurang drastis.
– Tarikan kenceng pas turun gas mati mesin dan susah nyala lagi.
– Atau motor masih bisa nyala dan langsam tapi pas digas mbrebet dan mati.
Dan kalau mengganti karburator, recomended ganti apa ?
Thx
6 Desember 2013 pada 4:15 pm
arieslight
Kalo dari pengalaman ane:
1. – Pas lagi jalan tiba-tiba mbrebet dan tenaga tarikan berkurang drastis: karburator/ saringan bensin kotor banget… atau kalau diservis hanya pakai karbu cleaner tanpa membongkar karbu..bisa gitu juga tuh..
2. Tarikan kenceng pas turun gas mati mesin dan susah nyala lagi: ini juga karburator kotor/busi kotor/jelek
3. Atau motor masih bisa nyala dan langsam tapi pas digas mbrebet dan mati: ini biasanya filter kotor banget atau basah kena hujan/air cucian
atau bukaan putaran anginnya kekecilan, jadi ada gejala ngechoke
coba RX-King/ Suzuki TS125, tapi yang ori Bro…
9 Desember 2013 pada 7:10 am
Fre14
Ini mau dan habis di servis gejalanya seperti itu kang…
Klo karbu ori RX-King/TS125 harganya perkiraan berapa itu ? dan plug n play kah kang ? g perlu modif2 lgi ?
5 Juli 2021 pada 5:19 am
Tar
Maaf Mau Nanya, Motor Thunder 125, ketika Mesin Sudah Panas, Stater Electric dan Kick Susah Hidup yah, biasa nya dari apa nya??
Terima Kasih
8 Desember 2013 pada 4:55 pm
Yanto mjm
Sy punxa thunder th 06,yg ane pusing,lau lg jalan tiba mati kayak kabisan bensin trus lau di gas malah ilang.sy tanxa ke bengkel ktanxa membran karbunxa trus ane ganti karbu pake punxa king tp penxakitnxa tetep msh ada,ane ampe puyeng. tlng bantuannxa mas bro.
21 Desember 2013 pada 9:08 am
aix
Thunder setiap hbs d jemur/parkir d tempat panas,sebulum jalan,tankinya buka dulu biar udara keluar,pas udah jln tiba2 mati lagi,cb buka tanki sekitar 5 detik,trus tutup lg,pasti thunder bisa nyala lagi
24 Desember 2013 pada 1:08 pm
arieslight
tips baru nih…thks sharingnya Bro…
atau bisa juga saringan bensin yang di kran/saringan bensin tambahannya terlalu kotor… kalo gini biasanya ada gejala gas ngebandang/agak ngeraung/lama turun.
Coba cek kabel-kabel juga Bro..
9 Desember 2013 pada 7:09 pm
mas_Boy
lok maslah karbu vakum mlik thunder..besarin aj tu lubang pilot jetnya..dajmin warass(dah wa coba)….tarikan lebih manteb pkek gear blakng RX_king yg ukuranya agak kecil(pas,tinggal pasang)…bour up mesinya bro biar lbih manteb (dah wa coba jga)…
24 Desember 2013 pada 1:10 pm
arieslight
cocok nih buat anak muda yang mau coba-coba… ade ane juga gatel mau ngebore up… untung dia ga ada duit hihihi…
19 Januari 2014 pada 8:18 am
jhon
motor itu dipake, dirawat, service rutin, klo ada masalah kelistrikan dan macem2 di garansikan aja klo masih garansi, klo belum pernah beli sparepart thunder jangan bilang partnya mahal, semua kendaraan itu relatif yang dibeli apaan, motor dipake melulu tapi ga dirawat ya ancur deh
23 Januari 2014 pada 9:45 am
arieslight
yup, tapi kalau garansi sudah lewat dan sudah lumayan umurnya, biasanya mulai muncul penyakit2..kadang karakternya bisa kebaca karena ada kesamaan dengan motor setipe lainnya, kalo di smash lama bodi pecah, terutama di body belakang kiri karena ada kunci, kalo di tiger tanki bocor..yang tipikal2 gitu deh Bro.. kalo di Thunder ya ini yang ane tau dari ade ane..
26 Juni 2014 pada 5:59 am
Helly
Setujuuuuuuuuuuuuuu
12 Februari 2014 pada 11:18 pm
rody
saya poenya mtor thunder th 2008,, biar larinya makin kncang di apain yaaa,,,???
minta sarannya,,,???
15 Maret 2014 pada 7:21 am
arieslight
asal mesin fit,klep bener setelannya, karbu bersih dan setelan oke juga lumayan. Ke bengkel korek dan ngobrol2 aja dulu ama mekaniknya Bro..
18 Februari 2014 pada 3:18 pm
Tiilangga Oebello
saya punya thunder 125 tahun 2008, sedang jalan tiba tiba mesin nya mati, penyebabny apa ya
15 Maret 2014 pada 7:20 am
arieslight
paling mudah bersihin karburator dan kuras tanki bro.., biasanya kalo gitu tanki/atau karburatornya mulai banyak endapan, kadang air…
1 Maret 2014 pada 12:17 am
Firm Al Qaht
ane pnya thunder 125 th 2005..pke karbu king..lumayan hebat tuh motor..cuma dah 2x gnti accu tetep soak trus pdahal accu baru..pa nya yang slah gan..???
15 Maret 2014 pada 7:19 am
arieslight
cek kabel-kabel pengisiannya Bro.. Bawa ke bengkel yang udah lama eksis aja, biasanya mekaniknya lebih piawai nanganin kelistrikan.. bengkel2 baru kadang mekaniknya kurang pengalaman
13 Maret 2014 pada 8:49 pm
thekucays
gw pengguna thunder juga nih taun 2006.
di artikel ini ditulis pasang stang jepit bisa ganggu kelistrikan yah? ini posisi stang nya diturunin juga atau gak?
share pengalaman aja nih gan..gw ga pake stang jepit, pake stang standar tapi dipasangin adaptor, biar bisa diturunin (soalnya kalo gak pake adaptor kabel yang deket saklar lampu ketarik)
awalnya lancar2 aja, tapi mulai timbul masalah gan, kalo stang dimentokin ke kiri suka mati..
gw mulai bingung nih, akhirnya setelah dicek dengan seksama, gw urutin kabel yang dari saklar lampu di stang sebelah kanan, ternyata ada kabel yang udah mau putus, kabel yang dari “engine kill switch” nya yang warna orange/coklat gitu..posisinya bukan di deket stang, tapi di deket nomer rangka.. (bungkus kabel yang item nya ane buka semua gan jadi keliatan) setelah gw betulin kabelnya masalah terselesaikan..
jadi menurut gw kalo mau nurunin stang motor diperhatikan juga posisi kabel2 nya dengan benar, jangan sampe ada yang kejepit dan terlalu tegang kabel nya, jangan extrem juga nurunin nya, jangan sampe kaya gw…
semoga bermanfaat 😀
15 Maret 2014 pada 7:17 am
arieslight
Sip… Thx banget sharinya Bro.. kalo semakin jelas begini kan makin pede kalau mau pakai setang pendek..
23 Maret 2014 pada 3:34 am
eddy
oooh begitu to, ngarti sy skarang knapa thundie 125 sering mogok. Ternyata di karburatornya ya di membrannya. Dan seal shock depan memang gampang bocor olienya itu bener skali. Karena hal2 ini mk sy sudah jual thundie sy ganti scorpio. Tapientah knapa ada kerinduan naik thundie. thundie itu motor yg ringan dan enak dibawa santai dan tongkrongannya klasik bener. kapan2 beli lagi akh
1 April 2014 pada 4:08 pm
arieslight
kalo kita dah ga demen tarik2an n ngebut, thunder 125 oke bgt kok.. bahagia deh sama iritnya… dandan dikit juga keluar gantengnya…
7 Mei 2014 pada 3:09 pm
Fajri
Yng blng rem dpan thunder gk bgus cma manusia goblok yng gk ngerti soal rem thunder….
12 Mei 2014 pada 9:26 am
Andi Tamsis
Banyak yg bilang motor thunder itu jelek di mesin nya katanya.
Jadi Pada banyak yg ngga suka.
Tpi tetep sya pakai thunder th.2007 .
Enak2 ajja tuh.
26 Juni 2014 pada 6:04 am
Helly
Sabar brooooo
12 Mei 2014 pada 11:52 am
martin
permisi agan2 saya lagi cari master rem dan karburator standart nih, kira 2 ad dijual dimana yah…..thunder ku tahun 2004 punya tanpa engkol kaki, sekalian di jakarta barat ada bengkel rekanan gak yah….
12 Mei 2014 pada 5:37 pm
Andi Tamsis
Karbu. Di ganti pake karbu king.
Knalpot di bobok. Segitu juga cukup.
Motor yg laen pada nyingkir ke sisi, ketika sya tancab gas. Kenceng juga larinya.
Thunder motor pilihanku.
Dari jakarta ke cianjur. Cukup lumayan irit bensin…
14 Mei 2014 pada 7:54 am
yayak
permisi agan2 para biker thunder,minta info dong bagi biker thunder yg di jogja,montir apa bengkel yg pengalaman buat ngurusin thunder kl dijogja dimana ya,…mksh…dan clubnya apa ya..
22 Mei 2014 pada 4:33 pm
arieslight
coba main ke http://blackcat200.com/
Dulu mas Irawan pernah punya Thunder 125 juga dan domisilinya di Yogya, tanya2 aja, barangkali tepat sasaran
21 Mei 2014 pada 10:20 pm
aditya wicaksono
mas saya punya thunder terbaru tahun 2012 gmana ya caranya biar tarikan ma larinya mantab. apalagi ane pake ban velg17 lebar. . jadi berat larinya. pengenya biar agak bandel dikit tarikan ok lari ok. tp yang paket murah maklum. kampas. kantong pas paasan
22 Mei 2014 pada 4:34 pm
arieslight
kalo ane sih ganti pilot jet lebih besar sama pasang kipas di airbox aja Bro..itu dah paling murah dan tepat sasaran kalo mau ngakalin power thunder 125 yang putaran bawahnya ga nampol
3 Juni 2014 pada 7:17 am
rambo
ane juga pemakai thunder 125 gan
sejak taun 2008
permasalahan utamanya
tiap masuk di gigi 5, itu kagak ada tenaganya, tetep aj jalan segitu kaga naik2, padahal ae udah ganti pake karbu PE
mohon solusinya gan
4 Juni 2014 pada 4:58 pm
arieslight
ga cukup Bro… butuh naikkin kompresi, porting, noken as racing dan pengapiannya perlu ditingkatkan. Kalo ga jadi borosnya kurang sebanding sama power yang dihasilkannya… ade ane juga udah mulai ngeluh mulu tuh gara2 pake PE
24 Agustus 2014 pada 2:19 pm
Bhoedy
Ngeluh kenapa adenye bro ma pe28? Borosny ya?
31 Juli 2014 pada 10:17 pm
bima
thunder 125 mantap
31 Juli 2014 pada 10:18 pm
bima
motor asyik<<<<
15 Agustus 2014 pada 2:15 pm
Eko
Mantab sob… Semua komen sangat bermanfaat..ane jg pngguna motor thunder 125.. Ia mogok juga.. Tpi ya.. Coba saran aagan2 deh..
17 September 2014 pada 9:04 pm
wisnu
sekedar berbagi pengalaman. Ane jg dlu penggemar thunder. Skrg sich dah di jokul. Wkt dlu byk tmn krja yg ngetawain thunder ane. Yg kata’y lelet lah. Tarikan’y lemotlah. Tp ane ttp aja gak peduli dan bahagia sama tuch thunder. Cm yg jadi masalah tuch motor ada di bagian kelistrikan’y. Trs bnr bgt tuch karet membran’y bikin keki.klo dah sobek atau bolong makin tmbh lelet aja tuch mtr. Pdhal kan standar’y dah lelet. Dan singkat cerita ane jual tuch motor. Krna mw ganti motor yg praktis. Motor matic.
20 September 2014 pada 3:10 am
oiuy
alhamdulillah, motor thunder milikku masih sehat wal afiat
23 September 2014 pada 12:57 pm
N4NO
Sharing aja Broo,
Saya penunggang Thunder ’07, awal2nya sy juga sering dibikin galau oleh “Si Blue” Thunder kesayangan saya :
Hal kelistrikan pastikan spul + kiproxnya ( spul skitar 250 rb-an + kiprox kl 230 ribuan) pake yang ori , krn kalo pake yang abal2 dijamin aki bakal tekor dan bikin galau …
(sdh saya buktikan), kalo perlu pasang volt meter digital …. jadi bisa dicek kelistrikannya normal gak ( pada posisi langsam rpm 1500 voltage pengisisan sekitar 14,6 V ….
Hal mesin suka mati sendiri, apalagi saat panas itu disebabkan karet vakum karbu yang bocor + kurang elastis … ganti yang baru, sekalian cek skep karbunya baret apa gak …
Trus kalo di powernya kurang joss, kemungkinan ring pistonnya sudah lembek, terutama kalo dibleyer sdikit keluar asap putih …
( berhubung gak ngerti mesin, ya bawa aja ke beres …. Insya Allah si Petir enak buat diajak jalan2 + nyari duit )
Salam Petir …. Semoga bermanfaat
28 September 2014 pada 1:26 pm
ridzki
bro mau tanya nih thunder unutk bengekl thunder 125 yg bagus di jakarta timur tepatnya di jatinegara dimana ya
28 Oktober 2014 pada 5:45 pm
Gegezt
Ane punya thunder 125 tahun 2006 dari awal beli baru brooo,, smua masih standart pabrik semua,, selama dari awal ane pake 21 Desember 2006 – sekarang belum pernah ada permasalahan atau kendala yang berarti,, cuman ganti accu 1 x di tahun 2009+karbu RX king+shil shock depan+ban bepan belakang… perawatan cuman service rutin ajj+ganti oli,, tapi setahun ini ane pake oli BM1,, nie motor sumpahh iriiitt banget,, tiap hari ane pake buat kerja+nongkrong2 ajj,, klo buat jalan-jalan jarak jauh ane pake Minerva 150VX yang sering banget dongkrokk di garasi ( seminggu sekali dipake ),, hehehhee
5 November 2014 pada 3:34 pm
goan
ane pakai thunder dari 2007 akhir, motor masih standar ting ting,cuma knalpot aja di bobok, sama saringan udara di potong…sampai sekarang nga pernah bawel, paling kl dah ngadat tanda karet vakum minta ganti….ane sering ajak ngebut sampai 120 km/h masih tembus, padahal dah ban gede ama pake top box, tuh motor lum pernah turun mesin, padahal dah 55.000 km perjalanannya….skrg rantai keteng aja agak berisik….
6 November 2014 pada 9:59 pm
Robby
Share aja nih, kebetulan ane juga pengguna Thunder tahun 2005 (Beli dari baru tapi dipake babeh, kebetulan dulu ane pake Tiger 2000. dan si thunder akhirnya diwariskan sama babeh ke ane tahun 2009. Sampe sekarang 2014 tuh motor masih sehat2 aja bro.. Ane tau banget dari tahun 2005 sampe 2014 belum pernah turun mesin, cuma pernah ganti Spool 2x dan accu 2x, Kopling 4x. Selebih nya semua masih orisinil 100%. Jujur aja nih emang kalo untuk dipakai dalem kota tuh motor kurang keluar tenaga nya, tapi kl dibawa ke luar kota baru mantap tenaganya bro. Suer deh walo banyak yg bilang thunder motor banci, motor rewel, si jago mogok tapi buat ane thunder is the best bro. BBM irit, dipake nya nyaman. masalah rewel atau engga nya sih tergantung perawatan aja bro. Kalo emang kita bisa ngerawat dan pemeliharaan baik tuh motor ok bgt. Selalu nemenin ane kemana-mana. Kerja, Apel, Touring, Maen, Nongkrong. Hehe
Sooo…. Apapun motor nya asal kita bisa ngerawat nya pasti ok ok aja. Masalah tenaga banci karena emang jelas cc nya 125. Jadi yg komen ga ada tenaga, tu orang ga ngerti sama yg namanya motor, kan udah jelas cc nya cuma 125. hehehe
Jadi ini cuma masalah selera n kenyamanan aja bos. Bisa aja ane ganti motor sm cc nya yg gede, tp kan blm tentu ane nyaman pake nya. hehe
Buat para bikers.. barangkali ada yg mau ajak ane touring yuk mangga kita jalan bareng, posisi ane di Bandung. Tapi ga pake kebut2an yaa.. kan touring bukan balapan. hehehe…!!
20 Januari 2015 pada 7:45 am
just ride dirt bike! (@dickytelecaster)
mantap bro! boleh liat di photo profil twitter saya, @dickytelecaster. thunder saya kecemplung dikolam lumpur di cikole, jalur offroad PJB, tetep iduuup sampe sekarang. kira2 udah & bln kejadiannya. thunder emang oke bro!
28 November 2014 pada 5:11 pm
agung pencari jati diri
aku juga baru dapet warisan thunder 125 ni brettt. cuma kondisinya mati total. planing nya si pengen bongkar sendiri ni. bukan gak modal bret sudah aku coba bawa ke bengkel montirnya malah nawarin motornya karna prediksi biayanya lebih mahal dari harga motornya… daripada pusing aku cabut tu dari bengkel… planingnya habis di bongkar total untuk pengapiannya mau saya oplos pake punya honda win aja dah satu paket cma 150 rbu dari kiprok, cdi sampe coil. dan untuk karbu udah di persiapin punya rx king…. nanti aku share hasilnya bretttt biar ada sumbang sarannya buat memajukan GeneRasi mudA kreaTIf Seluruh Antero indoNesia (GRATISAN)….
mohon sarannya biar aku lebih mantap lagi ngurusin tu kuda sekarat…..
11 Januari 2015 pada 4:59 pm
badarino
gimana cih cara mengatasi pengapianya motor thunder kecil bangt sedangkan aki beli baru pulser baru,cdi dah ganti …..
12 Januari 2015 pada 3:57 pm
arieslight
bagaimana kabel busi, busi, koil dan spul pengapiannya Bro? Kalau semua oke, coba cek Thunder 125 lain..kalau sama, ya kemungkinan besar memang apinya cuma segitu..yang penting mudah hidup mesinnya dan tarikannya tidak tertahan kan..
14 Januari 2015 pada 11:23 am
boey
Bro gua punya thunder 2006, aki nya gua copot,trus karbu nya enggak pake saringan hawa,kanalpot nya gua plongin..
jadi apa enggak bermasalah ama mesin nya..
minta soalusi nya ya..
thanks broo..
17 Januari 2015 pada 6:45 am
arieslight
karbu open filter cepet bikin mesin jebol bro..debu alus cepet ngerusak piston..enak paling beberapa bulan doang..lewat setaun biasanya motor kerasa ngedrop powernya
20 Januari 2015 pada 7:37 am
just ride dirt bike! (@dickytelecaster)
wah thunder 125 hater nih. thunder saya udah dijadiin motor trail, mirip suzuki drz125. mesin standar, saya biasa pake tiap hari libur buat offroad di cikole/jayagiri lembang. kalian tau ga? itu motor bener2 liar, kuat dan ga seperti yg kalian keluhkan. kalo motor ada keluhan, wajar dong namanya juga dipake. jadi motor thunder saya banyak dipuji oleh pengguna motor lain. mereka heran knp bisa dipake di medan berat. jawabannya: karena thunder itu sejatinya sama dengan suzuki drz125 trail itu mas-mas. jadi, kalo pake motor itu tergantung yg pakenya. kalo yg pake ngerti mesin dan karakter motor, ya ga ada masalah kayak thunder gunung saya. jadi laki jgn cengeng dan banyak ngeluh ya sayaaang… piss bro! salam dari bandung dirt bikers!
23 Januari 2015 pada 10:15 pm
shani
ane punya thunder thn 2008 gan
ane pengen tanya bengkel dan mekanik yang khusus tanganin thunder di jakarta selatan di mana gan,
mtor ane ngadat mulu
hampir semua mekanik angkat tangan
24 Januari 2015 pada 10:19 am
arieslight
sorry Bro, ane ga tau.. Sebenernya bengkel biasa bisa kok, tapi coba cari yang buka sudah lama dan bengkelnya agak besar (faktor pengalaman), kalo di bengkel resmi banyak mekanik baru..kurang pengalaman.
soal permasalahannya ya biasanya seperti yang kita-kita omongin di atas, karbu vakum atau kelistrikannya..
18 Februari 2015 pada 8:21 am
Jual Cincin Karet Vakum - Cari Aksesoris Wanita
[…] Kelemahan Thunder 125 – Motorklassikku | Blog Motor … – Karet vakum thunder 125 emang gampang getas og….Trus kelistrikannya (belok mati) tuh krn kabel strumnya di bagian leher ( dket komstir yg emang kurang panjang n …… […]
6 April 2015 pada 3:02 pm
ochimkediri
maksudnya karbu biasa it yg gmana bang?
11 April 2015 pada 7:09 am
arieslight
Yang ada di GLMAx, Tiger itu contohnya. Kalau yang vakum yang ada karet vakumnya di bagian atas karburator, vakum lebih irit, tetapi akselerasi tidak seresponsif konvensional dan ada periode ganti karet karbu vakum, jadi keluar biaya juga ujung-ujungnya. Misalnya ada di Thunder 125, GSX jadul dan Yamaha Scorpio.
11 April 2015 pada 7:32 am
ochimkediri
wuooo gitu,suwun infonya…
13 April 2015 pada 2:48 pm
arieslight
sama-sama Bro
23 April 2015 pada 11:15 am
herman
Susah punya motor thunder udah ganti klep,piano klep,udh di proses 50 .ngak lama di pke udh kluar asap.ampun aku mana harga mahal semua lgi
24 April 2015 pada 11:32 am
arieslight
Ane rasa bukan motornya Bro, tapi parts atau bengkelnya…
Dulu pas turun mesin Tiger pertama kali juga gitu..bengkelnya bilang parts yang diganti original semua, habis 2 juta lebih (masih tahun 2003an), mahal bgt buat ane waktu itu..eh umurnya ga panjang..
Ternyata pas dibongkar di bengkel lain, parts yang dikasih parts KW..
pengerjaan yang tidak rapi atau ada komponen yang sudah aus, tetapi juga tak diganti juga bikin pendek umur..misalnya laher yg oblak atau setang seher yg tak sempurna pasti bikin piston cepat baret. Sektor klep juga kalo ori mahaaaaal,… tapi puas, karena yg KW2 cepat ngasep juga..
30 April 2015 pada 10:35 am
Adi M
Mas, ane dah ambil new thunder, baru 2 bulan, km masih 400an, kira2 apa2 yang harus ane perhatiin neh cos ngeri juga baca2 diatas kesannya ne motor penyakitan banget, ane ambil ne motor coz ane emang suka tampilannya
Wat saat ini c ane rutin oli tiap 2 minggu cos masih inreyen pake oli 20w-50
Untuk jaga2 ane dah pikir2 wat ganti karbu pake punya tiger 26mm
Lalu kira2 apalagi gan? Mohon bantuannya…
30 April 2015 pada 3:41 pm
arieslight
Kalau dirawatnya baik aman kok Bro.. Ade ane ada yang punya Thunder 125 2007, ada yang punya new thunder 2011. Yang new thunder aman banget sampai hari ini, cuma pas waktu beli 2nd sekitar 1,5 tahun lalu, CDInya ganti. Dari yang ane tau, ada 2 New thunder 125 udah ganti CDI karena bawaannya mati. JAdi, kelemahan yang New dibandingkan versi lawas di CDInya. yang lain-lainnya lebih oke kok.. Yang penting listrik ga dianeh-anehin, aki terjaga, oli terjaga, sama hati-hati kalau mau ganti setang yang pendek/model clip on..hati-hati perkabelan listriknya dan risiko kabel kopling putus lebih besar (semua motor juga begitu kok)
Kalau karbu New Thunder ade ane amaan.. (berarti sudah 4 tahun). KAlau sampai error, coba ganti vakumnya aja, jangan ganti karbu, malah riskan boros.
4 Mei 2015 pada 8:04 am
Adi M
oke bro, jadi CDI ya? kalo gitu ane alokasikan duitny ke CDI,
1) tapi bro kalo karbu vakum kan riskan karetnya itu kan ya? (ga tau namanya apa)
2) btw, ade ente ganti CDI apa bro?
3) trus aki terjaga maksudnya apa bro? sering2 isi air aki ya?
4) trus, mungkin ganti stang engga, cuman mungkin mo turunin dikit sok depannya jadi supaya ga terlalu keliatan banget mendongaknya..
5) lalu tentang kabel kopling, kalo seumpama pake kopling hidrolik gimana bro? di kaskus c brosing2 ada yang jual ga ampe 1jtan, itu gimana?
Ditunggu replynya ya bro, ane seneng ada blog tentang thun, jadi ane bisa sering2 sharing kemarih..
4 Mei 2015 pada 1:57 pm
arieslight
Yang masalah karbu vakum Thunder 125 2008 ade saya, dia beberapa kali ganti, tetapi beresnya bentar doang, makanya akhirnya ganti karbu konvensional. Kalau Thunder 125 2011 ade saya yang satu lagi aman sampai hari ini Bro.. dia yang KO CDInya..ganti pake ori lagi..udah 1,5 tahun ini aman.
KAlau mau nurunin fork depan aja, aman sih.. Yg New Thunder jalur dan desain kabel koplingnya lebih bagus dibandingkan yang lama, jadi relatif lebih enteng dan lebih aman dari putus kabel kopling. Kalau yang dari saya baca, tak usah pakai hidrolik segala Bro, lebih ke gaya aja, dan sudah ada yg jual2 karena tidak puas. Coba browsing2 lagi deh..
Oh ya..ati2 sama tools bawaan Thunder 125, suka jatuh di jalan karena covernya ga oke..bisa juga gampang diambil orang..silahkan dipikirkan jalan keluarnya hihihi..
10 Juli 2015 pada 7:46 am
Hamzah themurder
ane baru beli thunder 125 yg gak ada kick starternya, pas di bwa jalan ke mall sma bini sma adek ane, eeh tiba” mtor ane kehilangan tenaga pas gigi1 abiz belok, di gas malah mati di tengah jalan…
untung aja kga di tabrak dr belakang….
apa mungkin kepanasan yha..??
sejam perjalanan..
tu masalahnya apa ya gan..??
sma tuuh mesin rembes, olinya netes, ngasep pula..
malah bandelan mtor shogun110r ane yg di pake adek ane..
alhasil ane yg bwa shogun sma bini, adek bwa thunder, ane dorong pke kaki tu thunder smpe pulang…..
11 Juli 2015 pada 9:53 am
arieslight
Wah, itu Thundernya sudah parah Bro… Segera turun mesin deh, minimal akan habis untuk piston set, paking-paking, skir klep, sil klep..itu minimal sih kalau dari kerusakan yang Bro ceritakan. Bisa jadi mati overheat karena kurang oli.. Kalau mesin beres, terus pas panas digas ga mau lari dan nembak-nembak, itu koilnya yang mau mati. Karburator juga dicek Bro, pastikan vakumnya masih baik. Ya, semuanya siap-siap dana yang lumayan juga tuh, bisa 1 jutaan, kalau klep dan nokenasnya masih layak pakai…
1 Agustus 2015 pada 9:13 pm
rolinas brother
Thunder 125 itu ok bgt…
org yg bilang thunder jelek. Banci. Gk ada tenaga n bermasalah itu bodoh…
thunder itu irit… seperti thunder saya tahun 2007…
Masih orisinil smw…
cuma baru ganti kabel rpm n kabel spedo…
karet tromol…
lw masalah mesin gk ada…
enak bgt malah…
lw masalah mesin berisik…
ane minta bantu mekanik…
distel ulang stansionernya…
alhasil adem bgt suara mesinnya…
ane sebelumnya pake shogun badak/kebo…
suzuki memang gk ada duanya….
ways of life itu nyata..
23 Agustus 2015 pada 2:12 pm
deddy
mohon pencerahan ny bro2 smua
saya punya thunder mau di gant karbu
nya pake punya king barang sudah ada dn
sial pasang tp saya msh ragu pj dan mj apa kah
hrs di ganti kalo iy btw pake ukuran brp trs yg bisa di subtitusi pj dn mj mtr ap az mksh sblm nya slm petir,,,
6 Oktober 2015 pada 6:59 am
han
Alhamdulillah thunder 2007 silver (KM mungkin sudah 150.000,spedo mati di KM 99.000) sudah menemani susah senang selama 8 tahun ini dan sampai detik ini hehehe…permasalahan yg sering saya alami antara lain:
*spul mati: gejalanya. lampu redup,klakson kecil,ketika menyalakan lampu sen mesin motor mati mendadak…ada gejala brebet dan kemudian motor mati, tidak bisa mengisi aki…….obatnya kudu ganti spul dan cek aki
*aki soak atau tekor: gejalanya hampir mirip sama penyakit spul, jadi percuma jika aki baru beli tapi spul soak motor akan bertahan 1 minggu aja (pengalaman pertama kali spul mati)
*motor seperti kehabisan bensin: tenang ga usah panik…tinggal buka tutup tangki sebentar trus tutup lagi aja.,….dijamin motor hidup lagi,,,dengan syarat bensin masi ada ditangki ya ,,hehehe (pengalaman dan masi sering terjadi klo bensin da mau habis)
Total selama 8 tahun spul sudah ganti 2 kali,aki 2 kali,kanvas rem ,kabel kopling,kabel gas dll sesuai pemakaian…cukup murah untuk ukuran pemakaian 8tahun, oli sebulan sekali pakai reps** 20-50w, servise seingetnya aja,,,maklum service sendiri (irit dan hindari ngoprak ngoprek motor secara berlebihan hehhe) Alhamdulillah mesin masih gurih hehehe
Sampai saat ini belum pernah bongkar mesin sama sekali, cuma tahun ini ada rencana mau ganti rante keteng, tensioner,klep dan paking yg sudah merembes….kira2..estimasi biayanya berapa ya bro….untuk bongkar mesinnya?
22 Oktober 2015 pada 7:09 pm
agusta al dhanie
Ane da tander .. abs ganti karbu king ko susah sekali hidupny.. sebelumny gnti krna skep ma membranny rusak.. sdh gnt karbu king mlh susah hidup.. malah api d busi sempat ilang2.. ane cek kabel2ny ternyta soket kontakny kendor. Sekarang api aman ,tp ko susah bngt hidupny.. tolong pencerahanya agan sekalian.. setingan karbu king jg d thunder yg mantap gmn jg.. stres jg ne motor da hampr sebulan ngangkrak cr penyakitny…. thnx mas bro..
27 Oktober 2015 pada 1:36 pm
arieslight
manifoldnya sudah oke Bro? Kalau tak rapat atau sudah retak2 karena tua, udara jd masuk, isepan mesin ke karbu jadi kurang kuat..bikin tarikan agak ngempos, kalau parah bisa keselek…dan idup juga sulit. Kalau pengapian dan karbu plus manifold beres, pastikan pengapiannya tidak lari…salah setel timing pengapian begitu juga. Nah, kalau sudah tepat, ada lagi kemungkinan:
kalau apinya bagus, yang lainnya beres, tetapi mesin kadang mau nyala, kadang tidak (seringnya sih tidak), bisa jadi spi yang mengganjal magnet dan krukas berputar bareng sudah aus.. nah itu bikin pengapian lari-lari..mudah2an bisa membantu
4 Desember 2015 pada 7:53 am
masdarto
Thunder itu motor hebat. masalah utama emang Karbu,spul,sama kabel body. yg lain aman. 2005-2015 blm pernah turun mesin. 2007 ane pernah sendirian bawa Thunder dari NIAS ke Jakarta AMAN dan NYAMAN tanpa masalah. 2009 Semarang Sampit Palangkaraya. Tok Cer tuh. Asal tahu cara mengatasi masalahnya pasti OK. Gampang kalau tahu rahasianya. Thanks buat yang berbagi pengalaman.
10 Desember 2015 pada 12:26 pm
arieslight
ya benaaar…
4 Desember 2015 pada 9:36 pm
Puengcuex Pengendadikoyok Kembangteratai
Klo krbu dgnti pnyae gl merk lippo bs gk mas bro? Lg pusing thunder ngadat nih,,,,
10 Desember 2015 pada 12:30 pm
arieslight
Bisa Bro..kalau kelas GL100 atau BMW R25 R27 gitu sih ga masalah, karena performance ga penting2 amat… kalau mau lebih maksimal coba pakai karbu ori motor lain yang nonvakum…
28 April 2016 pada 7:57 am
indra
Ngapain diganti karbunya. Cukup ganti skep vacumnya aja pake yg ori sgp thailand cuma 80 ribuan. Nah lobang skepnya yang di karbu di amplas aja pake amplas 2000, amplas memutar dijamin tokcer deh
11 Desember 2015 pada 3:12 am
denu
Bro aris, trus terang ane gak ngerti motor tp udaa seminggu ini si jagur ane kena masalah kelistrikan agaknya, soalnya setelah ane baca tu komen dr taun 2013 sampe sekarang prmasalahnya cuma sepul sama kiprok ya ?
Trus klu tu ke 2 part(SGP) udaa di ganti ada kmungkinan masalah lg gak dikelistrikan?
Sebelumnya trimakasih mas aris
11 Desember 2015 pada 4:16 pm
arieslight
kalau dipasang dengan baik, soket-soket baik, bebas air, kabel urutannya baik dan tak terjepit/tertarik, harusnya aman Bro…tapi yang namanya kemungkinan ya pasti ada, tetapi sangat terminimalisir risikonya.. biasanya kelistrikan bermasalah karena motor diutak atik perkabelannya, ganti setang atau tambahan lampu variasi..
11 Desember 2015 pada 4:21 pm
denu
Alhamdulillah kelar prmasalahan si jagur mas, trnyata sepul jagur dr taun 2007 gak pernah ganti jg pada gosong semua mas, setelah diganti sma yg SGP normal kembali, tp td ane kaget jg dnger harga kiprok nya thunder mas smpe 400rb ya.?
11 Desember 2015 pada 4:24 pm
arieslight
Selamat deh Bro.. maaf saya tak tau harganya..wah kalo ori ya memang mahal Bro..jauh banget dari KW..kebayang ga suatu hari ane nanya harga klep GL100 sepasang yang KW seratus ribuan, sedangkan yg ori Jepang 400 ribuan..
28 April 2016 pada 7:41 am
indra
Sory bro. Ane punya motor thunder 125 dari tahun 2007 sampe sekarang hampir 10 tahun masih aman2 aje. Dulu emang pernah ngadat, tapi cuma diganti skep vacum karbu doang motor dah ngacir ga pernah ngadat. Skep vacum ganti sama yang ori thailand cuma -+ 80ribuan. Kalo masalah stang miring mesin mati sih ane ga pernah ngalamin. Emang ni motor asli 100% pegangan ane sendiri tanpa ada campur tangan mekanik. Sampe ganti daleman mesinpun sendiri. Asal tau aje nh bro semua, motor thunder ane udah ngalahin vixion, cbr 150, cb150r, mega pro, poko’nya motor kelas 150 cc udah ga ada apa2nya deh. Rahasianya, cuma over size 0,50, pake seher sama ringnya ori thailand + ban belakang pake ukuran 100/90.18. Lebih besar dari standarnya dijamin tarikan makin ngacir deh. Kalo ga percaya silahkan dicoba
20 Mei 2016 pada 12:55 am
yan
bro minta solusi mtr tander saya kmrin ngedet2 pas saya cek beljar dr internet saya periksa soket kabelny saja. alhamdulilah normal sekarang nga mogok2 lg. tpi tenagany yg berkurang hny 60 kecepatanya. kira2 apa ya penyebab ny. apa krn aki ny yg sudah nga baik.
12 Juni 2016 pada 6:47 pm
Teguh
Mohon pencerahannya gan..saya pakai thunder th 2007. Hari ini thunder saya mogok. Gejala awal lampu redup, suara tidak langsam dan ketika menyalakan lampu depan atau lampu sign atau lampu rem, mesin langsung mati. Yang rusak apanya ya..
Saya tunggu jawabannnya.
13 Juni 2016 pada 5:42 am
han
Sepertinya masalah klasik Thunder tuh, cek Spul mas, biasanya gejala itu dari spul, kalaupun aki masi baguspun paling hanya bertahan 1 minggu, sebaiknya cek pertama spul nya dulu mas.
17 Juli 2016 pada 7:01 am
Ario
Untuk menaikkan tenaga mesin thunder apa yg perlu diganti ya ??….ada org bengkel bilang cukup di semi upgrade aja dgn cara ganti klep punya mega pro atau tiger yg tentunya harus dibawa ke tukang bubut dulu…..ada yg bilang perlu diganti karbu asli milik mega pro atau tunder atau PE atau king….mohon saran bro semua…
5 Agustus 2016 pada 10:35 pm
arieslight
Semua cara itu kalau dilakukan dengan benar pasti tenaga naik Bro, sesuaikan budget aja.. Kalau ganti karbu kerasa tenaganya naik, terutama yang ane rasa sih di putaran menengah ke bawah, karena karbu vakum bawaan kan kurang responsif, tapi borosnya juga bakal terasa ya…
20 Juli 2016 pada 7:53 am
Novit maulana
Bg gas motor thunder gue sering hilang” yang lain tak masalah,masalahnya cuman itu aja”kalau bisa kasih saran apa penyebab gas motor thunder gue sering hilang”Tlong dibantu secepatnya,Trimakasih
5 Agustus 2016 pada 10:33 pm
arieslight
Maksudnya sering hilang gimana Bro? Brebet atau mendadak mati pas langsam? Pastikan karburator fit dan bersih paling gampang Bro.. Manifold juga kalau sudah lama riskan bocor dan bikin brebet pas ditarik gasnya.. saringan bensin dan tanki bensin dikuras kalau mau lebih memastikan bensinnya bersih
6 Agustus 2016 pada 9:22 pm
diasworld
permisi gan, gan mau nanya.. ane kan seminggu lebih ga di nyalain si thunder trus tiba” listrik ke busi hilang, itu kenapa yaa? apa karena cdi nya kena, kabelnya atau karena hal lain, mohon bantuannya suhu, hehe
8 Agustus 2016 pada 12:50 am
arieslight
Kalo di Tiger ane biasanya perkabelan Bro..soket-soketnya kendor, maklum motor tua Tiger 97.
18 Agustus 2016 pada 10:35 am
Slow_down
wah mantep memang bahas motor yg satu ini. design klasiknya masih enak dipandang mata.
& kayany saya penasaran pingin punya nih motor.
klo thunder tarikannya lemah knapa gk entengin gear depannya aja ya bro? biar gak diasapi matic.
ya walaupun top speed turun tapi buat nanjak gak malu-maluin lah, top speed mah dirasa cukup 100kpj, atau 110kpj untuk jalanan indonesia.
18 Agustus 2016 pada 11:04 am
arieslight
ya Thunder kalo fit enak-enak aja Bro, apalagi kalau sebelumnya cuma sering bawa GL100 atau Smash kaya saya, berasa lebih ngacir dan nyaman..dan selama ga buat tarik-tarikan, ini motor membahagiakan hehe…bisa buat riding cepet juga kok dengan kecepatan konstan 60-90
7 September 2016 pada 10:53 am
galung
saya punya thunder 2007, denger2 tangki thunder isi nya sampai 15 liter, tetapi klo saya isi penuh di pom bensin mentok kira2 sekitar 7 atau 8 liter saja (ketika isi jarum penunjuk bensin ke tanda merah/ E). apakah ada masalah dg thunder saya..?? ada sudah dimodifikasi oleh si empunya sebelumnya..??mohon pencerahannya karena saya sangat awam dg motor…
7 September 2016 pada 6:38 pm
arieslight
Setahu saya, kalau bener-bener kosong pasti di atas 10 Bro, coba deh pake sampai bensin tinggal cadangan (reserve). Saya lupa sih, kalau sampai habis banget, jarumnya mungkin sampai ngelewatin bawah tanda E. Saya pernah isi 50 ribu pertamax dari deket E, masih sisa kosong 3 literan gitu kok
Kalau tankinya sudah dimodifikasi / ubah bentuk/las ulang, ya pasti berubah itu isinya.
9 November 2016 pada 5:16 am
galung
wah fast respon sekali, thx bro…
ni ada masalah lagi bro, kemarin hari minggu saya belikan aki baru, saran dari bengkelnya sih suruh beli yg 10 amper ya saya ikut aja.awalnya enak banget dipake dobel stater lgsg nyala, nah selang 2 hari (selasa malam) udah gak kuat lagi buat dodel staternya n lampu2nya jg dah redup lg..
kira2 permasalahannya ada di mana ya..??
9 November 2016 pada 12:28 pm
Han
Persis permsalahanya seperti Tuhnder saya om, Cek yang paling awal Spulnya om, penggantian aki jadi percuma jika spulnya ternyata yang bermasalah, perawatan thunder menurut saya sih cukup di 2 point itu aja sih aki dan spul kondisi bagus dijamin motor ga rewel
salam pemakai thunder sampai detik ini hehehe
mampir juga om ke sini
http://ghifarel.blogspot.co.id/
10 November 2016 pada 5:49 am
galung
siap…pasti saya ampiri juga blognya..
trus aki baru yg saya beli nanti gmn masih bisa dipake dg performa baru atau malah jd bermasalah juga alias harus beli aki baru lagi??
11 November 2016 pada 8:15 am
Han
Betul kata om Aries, klo saya dulu berhubung masih garansi 2 minggu ya saya return lagi hehehehe
9 November 2016 pada 2:20 pm
arieslight
Harus cek kiprok dan kable2nya Bro.. cek kabel2nya dulu, barangkali ada yang tak terpasang dengan benar.. Itu pasti ga ngisi sih, dulu Tiger saya juga begitu, 2 hari langsung habis, mana lagi malem2 menuju pelabuhan ratu wkwkwk
10 November 2016 pada 6:37 am
galung
ok bro besok liburan saya ke bengkel lagi, utk masalah aki baru ada efeknya gak (merembet ke penyimpanan setrum)??atau tinggal disetrum lagi aja…
10 November 2016 pada 2:07 pm
arieslight
Tinggal setrum lagi Bro..kan aki baru… malah kalo saya biasanya saya langsung pakai, kalau pengisian bagus, dia akan ngisi sendiri, sekalian ngetest pengisian..tapi ya tunggu dipakai seharian, baru setrumnya cukup buat electric starter
25 November 2016 pada 7:59 am
makibau
kalo mau awet seal shock breaker depan/garpu pake karet pelindung shock breaker fungsinya melindungi as shock dari debu/agar tidak kotor dan . insya allah awet
28 November 2016 pada 2:59 pm
aditia
salm om.kebetulan sya pengguna thunder2009,ada masalah dithunder sya klau ditarikan rendah enak ga ada masalah tapi pas ditarikan tinggi motor brebet,kira2 apanya y om…tlong solusinya om…slm thundi.
29 November 2016 pada 3:16 am
arieslight
Karburator biasanya Om.. pastikan diservice dulu dan bersih, setelan anginnya tepat (tak ada ukuran fix, tergantung umur dan kondisi motor). Kalau motor sudah berumur, biasanya main jetnya minta lebih besar, kalo ga ya berebet di putaran atas. Kondisi koil mulai tidak bagus juga begitu, pas di putaran atas, brebet… saran saya sih mulai dari bersihkan dan setting karbu, bersihkan filter udara dan bensin (kalau filter bensin kotor, brebet juga di putaran atas…tapi ada gejala, rpm ngebandang, agak lama turunnya karena mesin terlalu kering). Kalau masih ngambek, ganti main jetnya, atau bisa juga dirojok (tapi hati2, jgn kegedean). Terakhir kalau masih brebet, boleh curigai koilnya mulai ga bagus
28 November 2016 pada 3:03 pm
aditia
om thunder sya kalau ditarikan rendah normal tpi ditarikan tinggi brebet kira2 apanya ya om…slm thundi
1 Desember 2016 pada 6:36 am
martin takain
Mohon masukanntya, thunder saya 2004 belum ada kick stater, dinamo stater ori baru, kiprok ori baru, accu spek thunder baru, spul dinamo ampere dicek tebal . yg ingin ditanyakan kenapa accu saya tetap tekor yah. lama kelamaan stater nya jadi lemah. trims
1 Desember 2016 pada 3:17 pm
arieslight
seberapa lama ampe tekor bener Bro? Kalo partsnya ori dan sesuai speknya semua (ukurannya), bisa jadi serat kabel-kabelnya ada yang mulai putus, jadi setrumnya ga keisi sempurna
1 Desember 2016 pada 3:18 pm
arieslight
HArus dicek satu2 sih arus masuknya berapa ke akinya, ke kiproknya..butuh mekanik yang telaten emang kalo urusan listrik
11 Januari 2017 pada 10:18 am
Nash
Bro thunder ane 2007 ane mau nanya ni pertama lampunya ga mau idup ane bongkar bagian kepala ternyata ada kabel yg angus kebakar ane langsung lepas socet lampu ane buang tu socet langsung ane sambung rapi , lampu idup normal . Masalah baru muncul lagi pas ane bawa kluar malem ane idupin lamp pas msk hand 1 ane jalan pas masuk hand 2 mesin mati tak mau idup ane netralin lagi hidup normal . Kenapa klo pas di hand2 lampu on mesin tak mau nyala waktu di pindah ke hand3 4 5 ga da masalah normal lampu on mesin ttp nyala
17 Januari 2017 pada 1:52 pm
arieslight
Maaf Bro, kalau kelistrikan saya tidak paham, harus dicek langsung ke mekaniknya. Semoga Thundernya lekas sembuh Bro…
17 Januari 2017 pada 8:11 am
alden
gan saya baru mau meminang thunder 125 2005 gan,kira2 apa aj sih yg harus di check selama cod,jujur saya juga gk begitu paham motor gan cuman karena emang lgi urgent banget,soalnya harga sangat pas di kantong ni gan,nomor rangka dan mesin kan ud pasti di check,cuman yg lain2 nya gan… tolong di bantu ya gan
17 Januari 2017 pada 1:09 pm
arieslight
Berarti belum ada selahan ya Bro, harganya bisa di bawah 3 juta ya..
Karena dia cuma mengandalkan starter, pastikan starternya berfungsi baik, akinya baik, pengisiannya baik. Coba minta dinyalakan selama 30 menitan, lampu dinyalakan semua, lalu test ride biar enak (tapi ini biasanya dikasih kalau sudah serius sekali dan hampir sepakat harga).
1.Pastikan lampu tidak meredup, starter berjalan normal, artinya pengisiannya aman
2. saat dibawa jalan, motor tidak bergetar berlebihan, tidak banting kiri/kanan..kerasa kan..
3. rem2 semoga pakem..kalaupun tidak, ini biasanya murah kok, tinggal ganti kanvas rem/minyak rem
4. lihat suspensi setelah jalan, ada bekas bocor tidak, terutama suspensi depan
5. Waktu digas, coba dibawa hingga rpm agak tinggi, coba digas pol sebentar dan kenali reaksi mesin. Kalau ngedrop rpmnya, berarti karburator/manifold butuh service. Kalau rpm cuma mau sampai rpm 6000an atau lebih dikit ga mau naik lagi, malah brebet, bisa karburatornya, atau koil sudah jelek..
6. Mesin halus, tidak ngebul, tidak ada rembesan oli setelah dibawa jalan
7. Coba standard tengah, putar2 velg depan dan belakang untuk memastikan kondisi velg..velg thunder 125 biasanya kuat kok, kalo sampai agak peang, siap2 ke tukang press
8. cek tanki/fisik motor/ pernah jatuh atau tidak… saya sih ga terlalu masalah kalau motor pernah jatuh, asal jalannya masih enak dan bisa lepas tangan..tapi akan mahal juga kalau ganti setang2 dan handelnya, karena ini biasanya jadi ga sinkron
9. olinya, bagus atau tidak. distandard tengah, lalu buka tutup oli, bersihkan dipsticknya, celup untuk ukur.. pastikan tidak kurang dan kondisinya bagus.
10. Kabel-kabel, cdi, buka jok dan tanki, lebih baik kalau masih original
intinya, kalau sudah serius, sabar dan lebih teliti Bro..tentu sambil ngobrol2 yang enak, jangan banyak dikomentari, simpan untuk penilaian sendiri aja..
Selamat berburu..
3 Februari 2017 pada 3:15 pm
michael
Thuder 125 saya listriknya kadang muncul kadang tidak. Sudah ganti aki, busi, spull tp tetap gk ada strum. Alias di selah gk ada strum. Kira2 apanya ya Om..
10 Februari 2017 pada 10:25 am
hery
Cek CDI sama KOIL coba… kalau ada motor yang sama bisa di penjem dulu buat tes
10 Februari 2017 pada 10:48 am
arieslight
terima kasih sudah dibantukan dijawabkan… Tapi kadang masalahnya bisa juga lebih simple Om, pengalaman saya di Tiger, soket-soketnya mulai lemah, jadi pengabelan dan soket2 yang perlu dicek kalau sama sekali tak ada setrum. Yang paling simple, coba cek sekringnya dulu, cuma gara2 sekring putus aja bisa bikin tdk ada setrum sama sekali.
semoga membantu…
10 Februari 2017 pada 10:23 am
hery
Saya ada thunder 2008, semua masih original belum ada modif apa apa… masalah yang sedang saya alami adalah mati saat dibawa hujan hujanan, sebelum mati biasanya power turun kaya gejala skep ngga naik, sebenernya kalau dipanteng terus sih nggapapa tapi begitu ketemu macet kurangi gas mesin langsung mati, ngga bisa diapa apain kecuali di dorong.. biasanya saya diamkan kurang lebih 15 menit baru bisa di slah lagi, cuma itu masalahnya yang bikin jengkel, mungkin rekan rekan yang ada disini ada solusi?
10 Februari 2017 pada 10:50 am
arieslight
hmm berarti gara2 air ya Bro.. kalau habis dicuci ada masalah itu? Saya tidak pernah mengalami seperti itu
14 Maret 2017 pada 5:35 pm
Jon
Suhu2…minta pencerahan donk…ane suka sama velg racing thunder yg modelnya bintang 5..motor ane rx king..pnp ga ya kalo dipasang ke motor ane tuch velg..?
2 Juni 2017 pada 8:28 am
dizzy
om thunder ane 2006 tiba tiba mati, padahal pagi pagi nyala pas siang mau dipake mati, lampu jd gabisa stanby on( biasanya kontak on lampu nyala) arus pengapian kecil, kompresi jadi turun
di kik stater sampe gempor ga nyala
mohon pencerahannya?
3 Juni 2017 pada 3:10 pm
arieslight
Coba cek sekring Om..sama soket2 CDI juga.
kelistrikan ga ngaruh ke kompresi kok, diselah harusnya kerasa beratnya tetep sama
KAlo jadi agak enteng karena ga idup2, biasanya karena banjir, kalo udah gitu susaaaaah idup. apalagi apinya kecil banget kan..
7 Juni 2017 pada 8:22 am
galung
permisi om… thunder saya sudah normal setelah ganti aki spul sama kiprok. udah jalan 6 bulan gak ada masalah yg berarti.saya pake aki yg 10 amper tp karena kabelnya pendek jd posisi aki dibalik, baru2 ini saya main kerumah temen yg ex montir, kata tmn saya itu bahaya takut ada bagian yg nempel ke body bisa korslet jadi kabel aki disambung biar agak panjangan biar posisi aki gak kebalik.
sing aki dilepas dan ditinggal tidur, baru sore setelahnya aki baru disambung.tiba2 gak bisa distater pake kaki, lalu akinya dicharge, setelah itu baru bisa distater kaki dg bantuan dobel stater, anehnya sampai skrg klo distater kaki sampek gempor ttp gak mau nyala, kecuali dibantu tekan dobel stater dulu…
mohon pencerahannya om sama masalah ini…tq
7 Juni 2017 pada 5:12 pm
arieslight
Maaf Om, saya juga ga ngerti bisa begitu.. Kalau saya sih, mending balikin ke posisi semula, lalu bagian kabel yang kena rangka saya isolasi dobel, kalau perlu ditutup dengan selang, jadi aman. Kalau kelistrikan memang sensitif Om.. makanya kalau tidak ada keperluan mendesak, kelistrikan sebaik-baiknya tidak diotak atik..
Saran saya coba balik ke temannya saja Om, kan doi yang ubah, harusnya doi yang bisa balikin kaya semula..semoga Thundernya sehat lagi Om
6 Juli 2017 pada 10:37 am
siddik
thunder ane mau sempet ane buang ditengah gunung,bayangin aja, malem2 ditengah gunung yang gelap, hutan, hujan besar mengguyur, tiba2 thunder ane mogok. ane selonongin tuh motor sampe terjatuh terus ane tinggal.
8 Juli 2017 pada 2:59 am
arieslight
hihi.. ada masa di mana motor nyusahin Bro..ane juga sempet gitu sama motor ane, tapi ane inget2 lagi, dia lebih banyak jasanya dibandingkan nyusahinnya..dia error lebih karena ane yang mungkin kurang ngerawat dia dan kurang bersyukur hehe..
12 Juli 2017 pada 7:06 pm
japar
Selamat malam gan, ane punya motor tader nih,dan baru kali ini ane ngalamin masalah, motor tander saya kalo di oper ke gigi 2 aja mati tapi klo gigi 1 hidup gan,,
Mohon solusinya
14 Juli 2017 pada 6:22 pm
arieslight
Hmm..belum pernah ngalamin begitu Bro.. agak kurang jelas ya matinya kenapa, apa karena kelistrikan atau karburator. Coba distandar tengah, terus hidupkan mesin dan masuk gigi 2 dan seterusnya.. kalau tanpa beban mesinnya bisa hidup dan masuk gigi atas, harusnya bukan masalah kelistrikan ya…
maaf ya sebisa itu saja pendapatnya..semoga Thundernya cepat sembuh..
31 Juli 2017 pada 7:31 am
Agok Sandi Nayoan
salam kenal untuk semua. saya pendatang baru yg punya thunder juga. saya ngikutin komen2 teman2 sekalian..lau masalah sama thunder itu gampang2 sush emang. tapi lau diturutin jebol kantong, mending sekali ganti beres. lau masalah2 thunder biasanya itu memang pasti pd karbu..temen 2 diatas kebanyakan nyaranin karbu king. tpi menurut saya karbu king itu jelas kurang cocok untuk kelas si thunder krn knp. karbu king itu untuk jantung motor 2 tak, sedangkan thunder 4 tk yg notobenenya motor touring..jadi lau menurut sya kurang pas. apa lagi mesin masih standar ting-ting. bukan ayu ting-ting ya..lau saran saya coba deh pakek karbu gl 100. tinggal pasangin inteknya. masukin dah kemanifolnya. saya jamin motor thunder aman2 aja dan tenaga naik. motor saya dri pertama pakek karbu gl 100 smpe skrng aman2 aja..trus lau masih kurang tenaganya. silahkan kurangin sekat2 dalam box filter karbu.itu aja buat sharingnya.semoga bermanfaat. oiya 1 lagi konsumsi bensin yg pasti lebih irit dibanding pakek karbu king.(bukan promosi produk ya.)
31 Juli 2017 pada 6:15 pm
arieslight
Terima kasih sharingnya Bro… menambah pengetahuan.. kalau mau fungsional, berarti GL100 saja cukup ya.. Yang pakai karbu King mungkin memang niatnya ingin upgrade powernya Bro..sesuaikan kebutuhan aja memang..
3 Oktober 2017 pada 6:29 pm
azkaizz ahza
Permisi gan…
sy belum 5 bulan punya thunder 125…sy sdh rubah tampilan ke bratcafe…thunder sy kalo di rpm tinggi knalpot meletup trus mogok…setelah ganti busi nyala normal lagi…tapi pas di rpm tinggi meletup knalpotnya trus mogok lagi gan…
Mohon bantuanya gan…
Makasih…
4 Oktober 2017 pada 11:06 am
arieslight
Hmmm..dari sebatas keterangan ini, menurut saya main jetnya perlu naik ukuran Bro..Kurang bensin sepertinya. Coba servis karburator dulu, pastikan vakumnya juga baik kondisinya kalau pakai karbu bawaannya. Manifold juga pastikan kondisinya baik.
Kalau dari rpm menengah sudah meletup2 dan putaran mesin tidak mau naik lagi, itu koilnya yang minta ganti..
semoga teratasi masalahnya
19 Oktober 2017 pada 7:40 am
arief
Assalamualaikum broo…
Saya mau tanya, thunder 2005 saya klo buat kenceng ngadat kyk kehabisan bensin..
Bisa whatshap saya gak bro… Biat bisa sharing tentang thunder… Maklum ane baru punya thunder, trimakasih
19 Oktober 2017 pada 7:53 am
arief
Ini nomer WA ane..085855483006
19 Oktober 2017 pada 1:25 pm
arieslight
Walaikumsalam..
kalau seperti kehabisan bensin, karburatornya minta setting Bro..
Saya lupa, jarum skepnya bisa disetting atau tidak.. kalau di tiger, bisa disetting diboroskan atau diiritkan. Jadi cukup bermain di setelan angin dan setelan jarum skep dulu, tak perlu beli main jet atau pilot jet.
Kalau belum cukup, baru ganti main jetnya untuk suplai bensin di putaran atas..
Motor kalau sudah berumur memang minta diboroskan sedikit bensinnya Bro..
Mohon maaf ya Bro, saya balasnya via blog saja..
22 Desember 2017 pada 7:10 pm
Parto
aq punya tunder 125 tahun 2015 tampa engkol ,kalo mesin hidup trus dilepas accunya kok mati itu gimana bro apanya yang rusak ,yang perlu diganti ,suwun pencerahanya
23 Desember 2017 pada 12:01 am
arieslight
Thunder 2005 kali Bro.. Tidak ada yang rusak Bro..
Setau saya memang ga bisa hidup kalau tak pakai aki, kan dia DC. Kalau AC seperti Tiger misalnya, aman hidup tanpa aki..hanya terganggu lampu2nya..
Coba main ke sini, penjelasannya bagus:
https://mochyuga.wordpress.com/2013/02/15/howto-cek-perangkat-kelistrikan-thunder-125-biar-ga-galau/
2 Februari 2018 pada 4:33 am
Nanang
Mas kira” thunder 2005 dikasih pengkol slah bisa tidak ya tolong pencerahanyal
2 Februari 2018 pada 11:58 am
arieslight
Bisa Bro.. tapi kalau saya sih tidak saya lakukan, mending ambil yg sudah ada kick starter bawaan karena biayanya terlalu besar, sekarang bisa lebih dari 2 juta kalau pakai parts baru semua. Ini saya copaskan:
Suzuki Thunder EN-125 pada seri-seri awalnya memang tidak dilengkapi kick stater / engkol,
karena memang secara engineering fitur engkol hanya digunakan pada motor-motor non-sport.
Pada motor sport modern umunnya digunakan stater elektrik, namun sayangnya masyarakat Indonesia khususnya seringkali melupakan perawatan accu/aki secara berkala sehingga baru masa pakai 1 tahun, aki biasanya sudah failure/soak dan gawatnya dalam kondisi rusak sekalipun sering tetap teru dipakai, yang akhirnya mengakibatkan kerusakan pada sepul magnet yang terus menerus bekerja, namun daya yang dihasilkan tidak tersimpan secara baik.
untuk mensiasati hal tersebut, selain perawatan aki adalah WAJIB di semua motor pabrikan berlambang S ini karena menurut rekan Bikerspit yang juga sebagai engineering di pabrikan motor Suzuki Japan, menyatakan bahwa kelistrikan bagi motor-motor suzuki adalah hal terpenting, bahkan cenderung lebih vital daripada mesin itu sendiri, karena sejak jaman dulu suzuki terkenal dengan motor paling bandel dan bebas mogok (*asalkan kelistrikan sehat).
Sekalipun mogok dan sulit menyalakan mesin akibat starter elektrik tidak kuat karena aki soak dapat dilakukan teknik wheel spinning yaitu caranya mesin mati, kemudian dimasukan ke gigi 5 lalu putar roda belakang blkg sambil trus di starter bisa juga dgn cara di dorong masuk gigi 3 or 4 trus di starter.
selain perawatan, jika terpaksa maka dapat dilakukan modifikasi “semi besar” pada bagian mesin…yaitu penggantian cover/blok kopling yang terdapat pada bagian kanan, penentuan lubang baut serta penyediaan sparepart pendukungnya seperti as stater, bushing, starting gear, dan juga seal2 serta tindakan modifikasi bubut lainnya.
Hal tersebut menurut informasi yang Bikerspit peroleh di bengkel2 seputaran cibubur, jakarta timur, akan menghabiskan biaya berkisar 1.7 juta rupiah diluar biaya mekanik.
bagian2 apa saja yang perlu dibeli?, dapat dilihat secara detail beserta harganya di
http://eparts.suzuki.co.id/ezpartsweb/
dan berikut adalah nomor parts yang harus dibeli (jika menggunakan parts baru dan asli)
1. Bak Kopling kanan – Rp. 382.000
2. Mangkok kopling full set – Rp. 500.000
3. as gigi rasio – Rp.97.500
4. Kick Stater 1 set – Rp.630.000
5. Stater Idle Gear + ring set – Rp. 65.000
total part = 1.674.500
Biaya kerja:
1 Bubut Crankcase kanan 150.000
2.Gasket set +top seat sekitar 100.000
3.Ongkos kerja bongkar pasang dan belah mesin, bervariasi
semoga bermanfaat.
Sumber: http://www.bikerspit.com/bengkel-bikers/cara-pasang-kick-starter-di-thunder-2004-2005/#
23 Oktober 2018 pada 11:25 am
Angger pandu
Pengen nanya nih…
Ane pengen ganti velg racing ring 17 kira2 yg cocok velg apa yah?
Paling ngga yg ga ngerubah kaki2nya…
Minta tolong petunjuknya…
23 Oktober 2018 pada 11:30 am
Angger pandu
Kalo mau ganti velg racing ring 17 untuk Thunder yg cocok velg racingnya?
Kalo bisa yg ga ngerubah kaki2.
23 Oktober 2018 pada 11:26 pm
arieslight
Kalau ganti dengan velg palang motor lain, saya tidak tau Bro.. Kalau saya sih ambil velg palang aftermarket yang sudah ada di pasaran. Ada beberapa merk velg ring 17 tapak lumayan lebar untuk thunder 125, ada V.Rossi, Power, Axio dsb.nya. Itu setau saya sudah tanpa ubahan..kualitas juga sudah lumayan
11 Mei 2020 pada 10:06 pm
NoldyRianto
tanya dong lur
ane baru ganti gas spontan kan terus di gas spontan kontaknya cuma ada 2 dan aslinya kan kontak ada 3 tuh
ane korbanin kontak yang on off tapi pas 3hari baru ngerasa ngadat tuh motor kaya brebet gitu pas lampu sen dinyalain dan pas lampu depan nyala motor malah mati
tolong bantuannya lur
5 Juli 2021 pada 5:21 am
Tar
Maaf Mau Nanya, Motor Thunder 125, ketika Mesin Sudah Panas, Stater Electric dan Kick Susah Hidup yah, biasa nya dari apa nya??
Terima Kasih
9 Juli 2021 pada 10:22 am
arieslight
https://www.otomotif.web.id/mendeteksi-mesin-panas-susah-a265.html
COba bantu jawab Bro.. bisa cek link di atas. Saya baca-baca, permasalahan ini kemungkinan di koil sudah lemah atau pulser pengapiannya. Bisa juga jarak busi atau kerenggangan klep tidak sesuai standardnya.
Saya rasa yg paling murah dan bisa dikerjakan sendiri dulu adalah cek busi dan kerenggangan klep.
Kalau koil sudah mau mati, biasanya rpm bawah masih oke, tapi rpm atas sudah brebet, Semoga motornya bisa sehat lagi ya
26 April 2022 pada 3:53 am
Wahid
Karbu apa yg cocok buat thunder 125