Salah satu peranti yang dicintai penggemar modifikasi, baik secara tampang maupun performa, adalah oil cooler. Peranti ini jelas-jelas membuat motor langsung tampil lebih gagah dan gahar layaknya moge akhir 80an-hingga awal 90an. Bahkan di beberapa motor besar saat ini, oil cooler saja dinilai cukup untuk mendinginkan mesin. Di pencinta motorsport, banyak malah yang mencari Gixxer di bawah tahun 1994 kalau tidak salah, sebab di bawah itu masih menggunakan oil cooler saja, belum radiator. Ada anggapan, mesin Gixxer yang ber-oil-cooler saja lebih bandel!
Di motor harian, sebaiknya diterapkan untuk motor harian yang memang sudah jadi “teman setia” kita, sebab modifikasi ini banyak yang menganggap sebagai modifikasi berat. Maksudnya, kalau distandardin lagi banyak yang harus diganti. Di Tiger saya misalnya, harus melubangi titik (yang memang sudah disiapkan dari pabriknya sana) di sebelah kanan mesin dan menanam nipel untuk dudukan selang oil cooler. Dari titik itu, oli memancur deras langsung dari pompa oli. Oli kemudian diteruskan selang yang ke oil cooler. Dari situ, oli didinginkan hembusan angin yang diterima oil cooler dan dilanjutkan ke lubang buang oil cooler. Di Tiger saya, oli yang sudah lebih dingin itu diluncurkan selang ke sebelah atas kem. Hasilnya, kepala silinder jadi adem dan kem lebih awet. Ketika saya bongkar, serasa kem tidak termakan, karena oli langsung menyiram kem. Padahal kem sudah kena gerinda (tune-up-mal-praktek.de). Barangkali ada sisi negatifnya juga menempatkan oli dari oil cooler langsung di atas kem, tetapi saya belum tahu.
Biaya untuk memasang oil cooler bisa dibilang tidak sedikit. Minimal Bro harus sediakan 350 ribu, itu kalau mau beli oil cooler sendiri dan pasang di bengkel murah. Oil cooler saya didapatkan dari teman, asalnya dari Toyota Crown kalau tidak salah, dia tebus 200 ribu. Biaya lainnya adalah untuk membeli nipel, bisa juga menggunakan nipel bekas dari selang rem yang sudah tidak terpakai. Nipel itu silahkan dipasang ke blog di tukang bubut. Untuk selang, cukup gunakan selang bensin bermutu bagus supaya awet, hanya 5-10 ribu per-meter. 1 meter saja cukup kok.
Kegunaan oil cooler tidak sebatas mendongkrak penampilan, tetapi pastinya sesuai namanya: bikin adem! Di Tiger, terasa saat bermacet-macet ria, panas mesin tidak lagi menyengat kaki.. Dibawa touring jauh pun mesin semakin anteng, otomatis juga menghemat bensin dan memperpanjang umur mesin. Selain itu, ada kegunaan lainnya yang suka luput dari perhatian. Dari pengalaman saya, oil cooler juga berfungsi laksana filter oli: Setiap 6 bulan oil cooler saya copot dan isi dengan bensin untuk membersihkannya. Setelah dikocok-kocok, bensin+sisa oli saya buang ke atas lantai, di situ terlihat gram besi mesin yang mengendap di dalam oil cooler. Oleh karena itu, terutama untuk yang motornya sudah berumur, rutinlah membersihkan oil cooler!
Kelemahan oil cooler hanyalah pemakaian oli yang lebih banyak. Di Tiger, saya tambahkan sekitar 200 mililiter. Sebenarnya tidak rugi juga sih, kan oli fresh yang melumasi motor jadi lebih banyak, otomatis mesin lebih terjaga keawetannya. Mungkin yang mengganggu adalah oli yang meler, tetapi itu hanya terjadi kalau pemasangan atau sambungan selang tidak benar. Sampai saat ini, selangnya sendiri di motor saya tidak bermasalah, awet Bro…
Bagaimana, tergiur dengan oil cooler? Kalau tidak mau repot, ya hubungi bengkel yang sudah biasa memasang dan menjual oil cooler khusus motor. Minimal harus sudah ada 500 ribuan di kantong. Kalau Ente mau yang bagus, bisa-bisa lebih dari 1 juta tuh….
Kalau mau modif sendiri, tentunya lebih hemat. Kalau saran saya sih, cari oil cooler di kampakan mobil. Sebaiknya tidak menggunakan bekas radiator. Bukan cuma terlalu besar, tetapi lubangnya relatif lebih kecil dan dalam melepaskan panas sepertinya lebih baik oil cooler…
39 komentar
Comments feed for this article
9 Desember 2010 pada 5:15 am
kentadis
plusar ane dah pake oil cooler masih aja panas bgt tuh mesin
9 Desember 2010 pada 3:14 pm
arieslight
coba bersihin dulu Bro..jangan2 dah mampet tuh… kalo nggak ya berarti emang panas mesinnya memang dirancang segitu..
9 Desember 2010 pada 6:31 am
asmarantaka
pakai Oil Coolernya FU..cari yg second…barang SGP tuh..apalagi kalo dapet yg FU tahun awal muncul…made in Thailand
9 Desember 2010 pada 6:33 am
hydeator
motor ane udah pake radiator, jadi udah adem 😀
9 Desember 2010 pada 7:50 am
Legenda Rider
kalo oil cooler mang murah n bagus buat motor mengapa pabrikan ga langsung mbuati yah…?
9 Desember 2010 pada 3:17 pm
arieslight
ane rasa, memang dianggap keuntungan yang didapat tidak signifikan… dan nggak ada anggepan di pasar: nggak pake oil cooler=jadul! BEda kaya penerapan cakram belakang kan Bro..padahal kalo boleh jujur cakram belakang di motor pasaran indonesia emang nggak maksimal fungsinya, masih cukuplah performa rem tromol di belakang…
10 Desember 2010 pada 1:34 pm
alilin
he..he.. kecuali buat ninja, tanpa cakram belakang repot juga tuh.
9 Desember 2010 pada 7:51 am
one08
saya masih pake yang dielus-elus hembusan angin 😀
9 Desember 2010 pada 3:17 pm
arieslight
aduuuh..denger kata dielus-elus jadi gimana gitu hihihi
9 Desember 2010 pada 9:34 am
abe
Untung di scorpio udah ada salurannya langsung, jadi tinggal buka pipa bypass dan pasang oil cooler, kalo bosen tinggal pasang pipa bypassnya balik, untuk umur pemakaian oli lumayan kerasa, nambah panjang seminggu-dua minggu ukuran pemakaian di ibukota
9 Desember 2010 pada 3:18 pm
arieslight
berarti nggak perlu tukang bubut2 segala bro? alias bisa balik standard tanpa ganti komponen dong…ane nggak mengenal scorpio bro..naik aja belom huhuhu
10 Desember 2010 pada 9:04 am
tonosaur
punya ane udah liquid cooler sih dari sononyo
12 Agustus 2011 pada 1:54 pm
ipanase
ikutan bingung
12 Agustus 2011 pada 1:56 pm
arieslight
pegangan yang kuat
7 Februari 2013 pada 6:35 pm
ipanase
ternyata dah komen disini, bingung jalurnya 😀
25 September 2011 pada 4:25 am
mats
Nice share
8 Oktober 2011 pada 9:59 pm
ghigha
motor saya suprax125R sering saya pake buat touring”… nah pas kebetulan dapet jalan yang extrem tanjakanya sering over heating… kan udah ada tuh oil coolernya tapi bukan kaya oil cooler sejenis satria gt.. mau saya tambahin oil cooler yang kaya gitu kira” bisa g?? thnx 🙂
7 Januari 2012 pada 2:45 pm
A.yani
motor saya scorpio pengen make nih tp saya mau make kya yg punya situ..
beli oil cooler nya dimana ?
daerah jakarta ada kaga ?
thaks……………..
25 Oktober 2013 pada 12:13 am
supra
punya gue gak pake oil cooler, kalo touring panas, nyari aja sungai, dah siram tuh mesin satu ember… adem deh… wkwkwk….
10 November 2013 pada 10:23 am
Kisa2 oli d'mesin bisa habis sendiri gk tu bro...klo pke oil cooler? Soal'nya saya bingung mau masang oil cooler di motor grand_erisit ku...hhaha..pengen yg adem
Oil cooler bagusss..!!
4 Mei 2015 pada 11:05 am
Abid
Kalau pasang oil cooler di daerah bekasi di mana ya??, thunder 125 ane mau di pasangin biar tambah adem….
4 Mei 2015 pada 1:50 pm
arieslight
di bengkel biasa bisa Bro..tapi paling enak cari bengkel yang punya mesin bubut/bor duduk sendiri..lebih praktis. Bengkel korek mesin juga pasti bisa.. Kalau bengkel resmi biasanya ga mau ngerjain modifan. Beli aja dulu oil coolernya..yang murah dan agak besar sih bisa coba cari di kampakan mobil
1 Maret 2016 pada 11:09 am
ari ari
Oil cooler am mesin panasan yg mana sih saat motor d’gunakan ?
Q bru masang nih mesin panas oil cooler cuma anget pdhal Q cba air panas Q alirkan k’oil cooler, oil coolerx panas bnget, klo jalur udh betul Q masukan semua oli dr pompa oli k’oil cooler trus masuk filter oli gk ad yg bocor. Pengaruh d’mesin dkit sihh masih cpet panas cuma udh gk overhet lgy(dlu sering bunyik tek tek tek trus mati)
5 Maret 2016 pada 11:40 am
arieslight
panasan mesin pastinya Bro.. coba dicek, aliran olinya sudah lancar belum..paling gampang tapi agak jorok ya buka selang yang keluar dari oil cooler menuju mesin saat mesin nyala..jelas tuh debit olinya, tapi belepotan
5 Maret 2016 pada 11:41 am
arieslight
sepanas-panasnya oil cooler kalau kesenggol tangan masih aman Bro..ga langsung nyoyos kalau kesenggol bentar doang.. kalau mesin panas ya pasti melepuh
6 Maret 2016 pada 3:48 pm
ari ari
Ternyata ngetesku kurang lama + kurang extrim :p
Nih pies emang panas bner, skarang jd agk lega d’buat jalan jauh
Makasih infonya 🙂 jd tambah ilmu
7 Maret 2016 pada 10:09 am
arieslight
nolong bgt memang Bro..saya di tiger ga pernah lagi panas mesinnya kaya waktu belum ada oil cooler meskipun motornya dibawa macet2 atau touring jauh..enak di kaki…kerasa bgt sih kalau pake celana panjang yg tipis…ga nyengat sekarang panasnya
7 Maret 2016 pada 3:15 pm
ari ari
Setuju kang, tp melanggar aturan gk ya ?? Takut aj d’bkin perkara biar kna tilang
7 Maret 2016 pada 3:35 pm
arieslight
Sampai hari ini belum ngalamin dan belum pernah dengar ada yang ketilang kalau pakai oil cooler Bro… Bisa dibully tuh polisinya..catet aja namanya yang berani nilang, biar dibully rame2 wkwkwk… Selama pemasangan benar dan diletakkan dengan baik dan tak mencolok, saya rasa polisi yang isengpun sungkan mempermasalahkan oil cooler.
8 Maret 2016 pada 1:52 am
ari ari
Masalahnya oil coolerku rada nyleneh
Wkkkk, maklum bikinan sendiri dr pipa tembaga d’jepit aluminium pendingin Tr(elektronik) buat kisi2nya, jd klihatan agk lebar kyak radiator(walau masih lebar radiator)
Nih Q ukur panjang 18,5 cm lebar 11,5 cm hahaha
11 Maret 2016 pada 3:07 pm
arieslight
kalau saya jadi kapolri pun saya ga berani jamin Bro…kalau sampai ada yang nilang gara2 oil cooler sih, ya itu oknum hihii
20 Agustus 2016 pada 11:53 am
ArtGrafter
Ada gambar mas ?
28 April 2016 pada 6:01 pm
Fauzan
Om pingin tau pasang oil cooler nya dimana yah? Saya pingin tiger saya dipasangin oil cooler tapi sama bengkel yg udah bisa masang hehe. Bisa minta kontaknya om? Makasih
21 Agustus 2016 pada 12:58 pm
arieslight
Maaf Bro, sudah ga ada, lama banget itu, sudah saya pasang dari sebelum tahun 2006..Bengkelnya malah bengkel gubuk doang yang cuma ada 2-3 mekanik.. BEngkel biasa (bukan bengkel resmi) apalagi yang punya mesin bubut sendiri pasti bisa Bro, setengah hari jadi.. Kalo langsung dikerjain, 3 jam pasti jadi kok..
21 Desember 2016 pada 12:58 pm
pungki
mas bisa tolong dikirimin foto tempat pemasangan nipple oli keluar dari mesin dan masuk nya ?
Makasih.
21 Desember 2016 pada 2:45 pm
arieslight
silahkan dilihat di situ Bro, fotonya diklick saja, masih kelihatan kok..di cover kopling deket pompa oli kalau dicopot kelihatan ada jalurnya, dari luar pun kelihatan sebenarnya kalau memang mau dipasang oil cooler.
Nah, yang ke atasnya, saya dipasang di silinder head ke noken as, dibolonginnya bisa dilihat, sedikit di atas kop busi, tapi ditanya2 saja lagi mas, ini plus minusnya apa kalau dipasang di situ. Kalau perkiraan saya sih, kemnya lebih awet karena oli dingin mengalir langsung ke situ.
17 April 2017 pada 12:31 pm
Nami
Gan, kalo posisi pasang nipel tuk oil cooler di suzuki thunder 125 tahun 2009, dimana aja ? Mohon pencerahan para suhu. Mkasih
18 April 2017 pada 1:43 am
arieslight
Maaf Bro, saya belum pernah lihat.. mudah2an ada teman2 yang bisa bantu.. Saya rasa mirip-mirip sih, posisi pompa olinya juga mirip kan, harus dibuka dan dilihat, ada jalur olinya atau tidak.
4 September 2023 pada 8:45 am
Yusuf
Bang kalo misal pasang oil cooler di bawaan mesin pabrik bisa gak..jadi mksd gw ..mesin nya standaran gitu. Terus gw mau pake OC ..kira kira bisa dan aman gak