Entah kenapa, rasanya biasa saja melihat motor-motor baru yang diedarkan di tanah air. Saya pribadi lebih tertarik dengan motor-motor yang sudah lama beredar. Ya bisa jadi ini dilatarbelakangi keadaan ekonomi saya yang pas-pasan dan berusaha untuk bisa tetap menyalurkan hobi dengan dana seadanya.
Oke, kita kenalan dulu dengan motor yang satu ini. Hmmm rasanya tidak perlu diperkenalkan lagi dengan motor legendaris Honda yang satu ini. CB 100 yang memang masih merajalela dan kembali diburu karena kehandalan, keklasikkan dan faktor ekonomisnya bisa menjadi pilihan bagi para pencinta motor klassik pada khususnya, dan pengendara motor yang tidak mau ikut kena peras bayar pajak motor yang rasanya tambah lama tambah tidak proporsional. Yup, kalau mau pajak murah, tengoklah motor keluaran lama!
CB-100 yang Bro lihat ini adalah milik seroang Bli yang sama-sama kami berlayar ke Gilimanuk. Doi baru saja main ke rumah temannya di Banyuwangi. Melihat tampilan CBnya yang rapi, saya tertarik juga. Kami pun bertukar cerita. Dari penuturannya, CB ini bisa dibilang sesuai juga dengan impian saya, tampang klassik dengan tenaga muda. CB 100 yang dijuluki Honda dengan embel-embel Supersport bisa dibilang memang super! Dengan mesin 100 cc, motor ini diklaim bertenaga 12 PS! Bukankah Mega Pro tenaganya juga hanya 12 PS lebih? Dahsyat juga kan, tahun lebih tua, cc jauh lebih kecil, tetapi tenaganya mengimbangi?!!
Bli pemilik CB ini merasa tidak cukup dengan tampang rapi, tenaga pun jadi perhatiannya. Lihat saja, blog bagian atasnya sudah full Tiger! gearbox yang dari luar tampak standard pun sudah berisi jeroan Tiger. Pengapiannya pun sudah didukung CDI BRT yang pake remote segala itu lho… Untuk meladeni mesin binal, kaki-kakinya pun sudah menggunakan milik Tiger plus velg alumunium yang lebih lebar dari standard. Wah mantebs juga nih, tetap handal, tetap gaya, tetap kencang, tetapi terhindar dari belitan pajak motor baru yang makin hari makin tidak proporsional itu…
Foto: HP-Klassikku
44 komentar
Comments feed for this article
21 Agustus 2010 pada 8:10 am
Mr_Long'S
Pertamax
Di warunk sesat
21 Agustus 2010 pada 8:14 am
Mr_Long'S
apik tenan mtr ny…
Gaya classic emang ga ada mati ny…
25 Agustus 2010 pada 1:32 pm
arieslight
yup, simple… emang kelihatannya biasa, tapi nggak ngebosenin… dan di jalan ternyata ane perhatiin lebih banyak yang ngelirik dan nyapa ya…
21 Agustus 2010 pada 8:59 am
asmarantaka
manatffff CBnya..resikkk dah

dulu pengen..tp banyak yg ngelarang..coz katanya rewel ngerawatnya..wah sekarang menyesal dah..xixixix
25 Agustus 2010 pada 1:33 pm
arieslight
rewel? tergantung tahun Bro… emang ada tahun-tahun tertentu yang katanya sih materialnya kurang oke…katanya agak dieksperimen gitu..
21 Agustus 2010 pada 9:44 am
lekdjie
sekarang ampun-ampunan dah nyarinya…
25 Agustus 2010 pada 1:34 pm
arieslight
nyarinya jangan di Citos, Ramayana atau Pasaraya dab…di koran dong hihihihi….
21 Agustus 2010 pada 11:56 am
nunoe
masih ngiler sama cb200 twin… 😦
25 Agustus 2010 pada 1:35 pm
arieslight
sayang mesinnya nggak segalak cb100…n katanya sih mahal juga onderdilnya…
21 Agustus 2010 pada 12:27 pm
dnugros
dulu pernah punya…tapi udah ditukar sama vespa 🙂
25 Agustus 2010 pada 1:35 pm
arieslight
hihihi..keong racun emang klassik..anak2 bmw juga banyak yang punya vespa lho…
21 Agustus 2010 pada 3:25 pm
pemain baru
ini baru motor honda,…
25 Agustus 2010 pada 1:36 pm
arieslight
mestinya sekarang yang 200 cc tenaganya 24 PS ya Bro…
23 Agustus 2010 pada 1:18 am
sbk-sbk
sayang ganti knalpot GL…
25 Agustus 2010 pada 1:37 pm
arieslight
mungkin lebih ngacir??
23 Agustus 2010 pada 12:32 pm
damhar_akaboncu_ati karep bondo cupet
Keren wes..warnanya putih lagi..
sebelahnya CB putih itu motor sampean ya mas? kalo lihat lampu, jok dan setangnya, mirip dengan yg ditawarkan temen bulan kemarin
25 Agustus 2010 pada 1:37 pm
arieslight
ya Bro…R27…tapi kalau kita baru kenal BMW, R25, R26 sampe R27 sepintas mirip-mirip semua
23 Agustus 2010 pada 12:41 pm
bjl
kemaren liat yang dimodel cafe racer…
keren bo
25 Agustus 2010 pada 1:39 pm
arieslight
yoi… palagi kalo mesinnya dah full tiger… ane seneng sama kesimpelannya… terus ukurannya yang agak2 mini…
23 Agustus 2010 pada 12:53 pm
sobek-sobek
cafe racer nya FTR223
classic nya CB223
hrsnya spatbor depan jgn ganti
hehehe mungkin biar dominan putih ya? solae kalo yg crom sayang di cat 😀
25 Agustus 2010 pada 1:40 pm
arieslight
mungkin ngejer bobot ringan Bro…
25 Agustus 2010 pada 1:45 am
oldschoolheroes
ftr 223 tu flattrack/japstyle bukan cafe racer
25 Agustus 2010 pada 1:41 pm
arieslight
yup, benar…emang beda-beda tipis juga sih… paling gampang lihat posisi ketinggian setang kali ya…
26 Agustus 2010 pada 1:57 am
sbk2
bentul…
ternyata kurang nunduk…
ehehehe dan buntut nya kurang sexy ya alo di sebut cafe racer
jadi apa dong? cafe racer japstyle yg langsing dan tinggi *halaaggh..
4 Oktober 2010 pada 8:52 am
gerorogunso
jadi pengen punya juga…. huhuhuuu
4 Oktober 2010 pada 2:52 pm
arieslight
sikat Bro..daripada beli motor baru.. yg satu ini nggak rugi deh, handal kok…
21 November 2010 pada 9:09 pm
torix
knp gak dari dulu” ya w suka motor cb….
mantap dah motor cb….
26 Juli 2011 pada 12:50 pm
arieslight
ayo beli sekarang bro…tapi yang oke harganya dah lumayan, sama ma megapro lama second
5 Desember 2010 pada 10:32 am
meet_hana
seru juga modifikasi motor lama.. kesan antiknya dapet, tenaga bisa ditambah.. tapi emang CB100 fashionable deh menurut ane..apalagi yang putih di atas itu.. elegann
26 Juli 2011 pada 12:51 pm
arieslight
yup..enak dipake santai, dipake ngebut juga yahud, enteng n lincah bro
20 Desember 2010 pada 8:34 pm
akhmad saeho
cbnya manteb bro…. ana ada satu belum dimodif nich. yang satu udah,… gaya norton bro……
26 Juli 2011 pada 12:51 pm
arieslight
norton apa bro? penasaran nih? norton manx kah?
13 Juli 2011 pada 2:41 pm
Ady Duaankzz
sya ada bsatu cma masih tua tua dalemanya perlu d refress lgie biar fress…
jaya terus cb indonesia
26 Juli 2011 pada 12:52 pm
arieslight
wah piara bsa juga? pastinya ente orang yang penyabar dan tangguh hehehe
26 Juli 2011 pada 10:13 am
ian anugrah
bro lebih joss lg klo knalpotnya diaganti punya tiger revo…yahuttt
26 Juli 2011 pada 12:52 pm
arieslight
tergantung selera bro… kalo pake revo jadi lebih modern sih…
12 Agustus 2011 pada 10:51 pm
kaosmontorklassik
ampuuun dach….bikin ngileerr..
1 November 2011 pada 8:45 pm
faisputro
sama.q jg pnya gl 100.tp dah tak mdif fll cb.tenaga tiger.
4 November 2011 pada 3:14 pm
arieslight
mantebs..emang mending ambil gl100 Bro, lebih ekonomis dan lebih tega untuk dimodif2..
4 November 2011 pada 8:15 pm
ipanase
wedyan
27 November 2011 pada 9:00 pm
arif
alamat bengkel dimana man kalo boleh tau
27 Januari 2012 pada 7:35 am
yoelly trey
mas boy q pnya cb taun 80 tp gue bingung mau pakai mesin pa? yang enak ?
28 Desember 2016 pada 3:51 am
yogieza
terlalu banyak yg pake jadi terlalu mainstream hihi 😀
28 Desember 2016 pada 1:06 pm
arieslight
Karena semua varian gl banyak yang dijadiin CB100 hehe…tapi waktu saya bikin artikel ini, belom booming Bro..baru segelintir..terutama di jawa timur sih yang duluan menurut tebakan saya