Screenshot_2016-02-16-20-02-16-1 Sebelum melakukan perjalanan Jakarta-Yogya-Jakarta, saya bertanya kepada mekanik Vespa langganan saya (padahal datang servis setahun sekali hihihi), berapa konsumsi bensin Excel? Chix, sebut saja namanya begitu, menjawab, Excel standar kira-kira bensinnya 1:25.

IMG-20151213-WA0005

Ya, saya percaya dengan pengalamannya. Nah, karena itu, saya perkirakan juga berapa bensin yang saya perlukan selama perjalanan. Nah, untuk mengantisipasi kehabisan bensin, saya juga bawa 1 liter premium di laci Excel Rose, ya barangkali tersesat, mati lampu atau kurangnya suplai bensin dari pusat.

Nah, sekarang coba kita hitung berapa konsumsi bahan bakar Excel Rose ya. Oh ya, Excel Rose sudah semi korek, pakai piston RX-King dan laher-laher yang lumayan lah… Lubang transfer dan bilas juga sudah dikorek sama Chix. Nah, saya pikir, bisa-bisa lebih boros dari 1:25 ya.. Namun di sisi lain, bisa lebih irit juga karena jalanan luar kota. Nah, yang teratas itu jarak tempuh total pulang pergi: 1549 Km.

Screenshot_2016-03-06-12-34-15-1 Nah, yang ini jumlah bensin yang saya beli. Jadi dari rumah full tank, sampai rumah lagi full tank. Tapi ya ini perkiraan ya, tetapi tak jauh-jauh lah kalau meleset. Nah, kira-kira saya butuh 34 liter premium. Oh ya, oli campur habis kira-kira sebotol berisi 700 ml. (jangan protes ya, saya sih ngoplos sesuka saya hihihi.)

Screenshot_2016-03-06-12-36-29-1

Nah, kita bulatkan saja… Kalau menempuh 1549 Km membutuhkan 34,05 bensin premium, nah berarti untuk 1 kmnya, Excel Rose bisa digeber sejauh 45.49 Km untuk jalanan luar kota… Untuk jalanan dalam kota tentu jadi lebih boros ya, perkiraan saya bisa di 1:30-1:25an. Nah, lumayan irit juga ya Excel kalau dipakai di luar kota…