You are currently browsing the monthly archive for Februari 2019.

Dibuang sayang… Barangkali bermanfaat bagi yang ingin lihat motor usia lebih dari 40 tahun tak kalah kinclong dibanding motor baru keluaran terkini..

20180304_134024

20180304_134012-1

20180304_133957

20170304_131226

20170304_131336

20170304_131257

20170304_131251

20170304_131240

20170304_131406

20170304_131421

20170304_131536

20170304_131544

20170304_131205

20170304_131147

20170304_131140

20170304_131122

20170304_131130

Gimana Bro? Puyeng ga? hehe…

 

Sekitar 2 pekan lalu, Blog Sesat mudik ke Köln alias Cologne yang pernah 2 bulan menjadi kampung halaman di bulan Agustus-September 2016 lalu. Bukan untuk bernostagila, tapi untuk menjalankan misi rahasia dari Prof hehe…

20190214_120751

Sebagai agen rahasia aqua galon dan minyak jelantah, kami harus memastikan ada koleksi buku apa saja di perpustakaan jurusan Indonesistik Uni zu Köln. Sesampainya di depan gedung, saya pun langsung menuju lantai 3 dengan sebisa mungkin tak terlihat mentjoerigaken..

20190214_122002

Dan sampailah di perpustakaannya yang hanya berupa sebuah selasar memanjang. Pintunya tertutup dan harus dibukakan oleh penunggu perpus hihi.. Penunggu perpusnya makhluk halus keturunan Arab, wah, ini kelemahan kami sebagai agen rahasia.. Dari samping biasa aja sih, dari depan..wah, tatapan matanya membuat kami terfitnah wkwk…

20190214_123029-1

Sempat kehilangan fokus gara-gara nanya si penjaga perpus dan terkena tatap matanya yang bagai busur panah, kami pun kembali melakukan penyelidikan. Di selasar itu rupanya ada bagian bahasa Arab dan bahasa Turkinya..ya namanya juga Orientalistik.. Sebisa mungkin kami mencoba menandai, di bagian mana saja buku-buku mengenai bahasa Indonesia berada… Dan temuan pertama membuat kami kaget…

20190214_123006

Belum habis hilang fokus terkena fitnah wanita, kami terperanjat dengan rak buku bahasa Indonesia pertama yang kami temukan…What the fun…. Kok ada budak getah..ada Naruto… Hmmmm..

Sempat mau ngakak sesaat, tetapi kami bisa menguasai diri kami kembali.. Dan lumayan mengejutkan juga melihat koleksi perpustakaan ini.

20190214_124208

Cukup kaget melihat banyak sekali buku-buku pelajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa asing.. Ya tapi kayanya sih sudah melalui masa jayanya ya orang banak belajar bahasa Indonesia. Kini Indonesia lagi agak kurang daya pikatnya dibanding bahasa Asia lain macam bahasa Cina, Jepang dan Korea.

20190214_123450

20190214_123952

20190214_123612

20190214_123627

20190214_123801

Tak sampai di situ… ternyata kebudayaan dan bahasa Jawa pun juga dipelajari di sini.. Ya tak heran sih, Prof. di sini memang ahli bahasa Jawa juga..Dan inilah koleksi buku-buku dan kamus bahasa Jawanya:

20190214_123842

Ada beginning Javanese, ada intermediate Javanese, ada Javanese a cultural approach dan ada buku-buku tentang bahasa Jawa yang dituliskan dalam bahasa Belanda.

20190214_124226

Makin terkejut lagi, sampai ada buku morfologi bahasa Jawa wkwk.. Wah belum lagi buku-buku etnografi Jawa dan tata bahasa Jawa.

20190214_124244

Gimana Bro? Puyeng ga haha… Buku-buku ini ada yang dalam bahasa Jerman, bahasa Belanda, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia…

20190214_124500

Dan poentjak keterkejoetan kami adalah dengan menjaksikan dengan mata kepala sendiri kamus Javanese-English dan kamu Jawa-Jerman (Djawanisch-Deutsch) ini.. Wah, ternyata agen rahasia kami dalam bahasa Belanda dikatakan “tjoe koep kamp voe ngan”, hari gini baru ngelihat yang beginian wkwk…

Ya, sekian laporannya, alhamdulillah misi rahasia kami pun tercapai.. Tentu kami tak bisa beberkan apa sebenarnya misi rahasia kami demi keselamatan Anda juga..

Kira-kira sebulan lalu antara magrib dan isya, mesjid yang biasa saya kunjungi sangat ramai. Bukan cuma ramai pengunjung, tetapi ada beberapa Qori Al Quran di depan yang membacakan ayat-ayat suci Al Quran. Acara ini pun didokumentasikan secara profesional, ada beberapa kamera TV yang dioperasikan dengan beberapa cameramen.

20190213_231000

Rupanya ada acara penggalangan dana untuk pembangunan pusat kebudayaan Islam di kota Milan. Dari rencananya, pusat kebudayaan ini akan cukup besar. Pusat kebudayaan akan dilengkapi dua ruangan besar untuk sholat, aula untuk seminar, konferensi dan pameran, sebuah perpustakaan dan tempat untuk ngumpul-ngumpul.

20190213_230914

Selain itu direncanakan juga adanya kursus bahasa Arab dan lembaga pendidikan ilmu pengetahuan Islam. Letaknya pun cukup strategis, hanya 20 menit dari pusat kota Milan. Soal akses, hanya 200 meter dari kereta bawah tanah, 300 meter dari pusat perbelanjaan, 400 metere dari jalan tol dan 500 meter dari stasiun kereta.

20190213_231038

Yang hadir di malam itu pun berlomba-lomba memberikan amal terbaik mereka. Ada yang bisa langsung memberikan uang tunai, ada yang gesek, bayar pakai cek atau akun paypal pun bisa…

Mudah-mudahan pembangunannya dilancarkan dan di Italia makin banyak yang bisa dikunjungi. Kalau ke Milan, tak hanya sebatas mengunjungi Milan Motor Show saja dan berbagai objek wisata lainnya, tetapi ada satu tempat yang bisa membuat orang Islam seperti di rumah..

Hmm.. apa yang 10-20 tahun lalu terlihat mustahil ada di Italia, makin ke sini makin terlihat. Tau kan akan terwujudnya satu persatu hadits Nabi صلى الله عليه وعلى آله وسلم

20170409_143214

20170409_142406

20170409_142423

20170409_142428

20170409_142438

20170409_142453

20170409_14250020170409_142505

20170409_142517

20170409_142527

20170409_142534

20170409_142541

20170409_142550

20170409_142603

20170409_142619

20170409_142641

20170409_142649

20170409_142707

20170409_142721

20170409_142735

20170409_142414

Maaf jika Anda jatuh cinta…..

Zamannya masih kecil, salah satu kegiatan sekolah yang menarik bagi saya adalah kerajinan tangan. Yang seru sih ketika bermain dengan tanah liat. Bahkan sekolah dulu sampai mengajak siswa-siswi ke daerah Plered untuk melihat kerajinan tanah liat, tembikar dan keramik.. entah apa bedanya.. Kalau ingat keramik, ingetnya pedesaan. Tak sangka sekarang istilah keramik banyak hadir di olahraga balap.. super mahal pula wkwk..

Nah, kita kenalan nih dengan sepeda balap produksi firma Ceramic Speed asal Denmark yang dikenal di bidang sepeda balap dan cabang triathlon. Firma ini beken dengan laher keramik dan sistem perpindahan gigi dari karbonnya yang terkenal super enteng.

Motor yang terlihat cocok dipakai Batman ini meraih perhatian besar dan penghargaan ketika diperkenalkan pertama kalinya di bulan Juli tahun lalu.

Kettenloses Fahrrad von Ceramic Speed: Thema Antrieb mal komplett neu gedacht

Yang menarik bukan sosoknya yang eksotis dan sangar. Sepeda bahan karbon mah bukan hal baru. Sistem penggeraknyalah yang dinilai revolusioner di bidang persepedaan balap, yup, pakai semacam gardan.

Inovasi ini diklaim 49% lebih bebas beban gesekan, tanpa rantai, bebas minyak-minyakin, tak repot perawatan dan tak pakai acara rantai lepas apalagi putus rantai.

Das kettenlose Antriebssystem Driven ... (Bild: Ceramic Speed)

Dengan 13 gigi berbeda, rasio sampai 376% dan masih bisa dikembangkan, sepeda ini menawarkan performa di atas rata-rata. Perpindahan gigi pun tanpa kabel, tapi sudah dengan motor servo, wah kaya NSR nih wkwk..

Masih dikembangkannya sepeda yang teknologinya seperti motor ini membuat produsen belum menentukan harga. Ya Jangan heran seharga motor BMW yang sama-sama pakai gardan ya..

sumber:

https://www.golem.de/news/ceramic-speed-haette-haette-fahrrad-ohne-kette-1902-138986.html

Buat pemain motor klassik, beli onderdilnya pun bisa jadi investasi tersendiri. Yang biasa jadi anak Vespa tau lah.. nah, di motor klassik lain sama juga. Bahkan barang-barang original itu pun juga layaknya motornya, sama-sama bisa jadi alat investasi. Ya daripada main deposito kena riba, mending main parts klassikan kan..

Kita ambil contoh mika sein Hella original yang biasa dipakai di motor-motor BMW klassik. Berapa harga barunya? Noooh:

IMG-20190219-WA0021

Gimana Bro? 12,9 Euro satu mika doang, kalau mau lengkap ya 51,6 Euro wkwk… Itu belum ongkirnya lho.. Kalau sama ongkir sampai ke Indonesia, ya mending beli yang sudah ada di Indonesia saja kan.. Dari pantauan Blog Sesat, mereka masih pasang harga lama. Mending beli utuh sama seinnya saja malah… Kecuali kalau butuhnya hanya 1 atau 2 mika saja.

Contoh komponen lain yang di Indonesia lebih murah misalnya harga pistonnya. Di sini saja 1 piston untuk BMW R series lama sudah di atas 140 Euro. Di Indonesia sempat terpantau ada yang jual lebih murah dari harga baru sekarang. Ya artinya, kalau dia jual, dia tak bisa beli lagi dengan harga baru sekarang. Kesimpulannya, ga selamanya beli di Jerman langsung jadi lebih murah.. Mending cari dulu, apakah di indonesia ada yang punya stock lama dengan harga yang sebenarnya jauh lebih terjangkau. Maklum, di Jerman, harga parts BMW Klassik pun ikutan naik terus… Tak heran, banyak produk replika juga, walaupun kualitasnya sangat bagus, tetap saja replika. Untungnya, di sini ga main pasang merk! Jadi produk replika cuma sama bentuk dan fungsinya saja, mereka tak akan pasang merk!

Kemarin Blog Sesat bersesat ria ke kota Cologne.. Bukan buat nostalgia, tapi sedang menjalankan misi rahasia yang sudah tertunda dua bulanan ini karena malas hehe..

Alhamdulillah dua hari ini matahari bersinar. Tentu banyak bikers yang senang akhirnya bisa mengendarai lagi si roda dua tanpa harus gemeteran kedinginan atau takut risiko jatuh karena jalanan becek yang sangat dingin.

Salah satu motor yang kami jumpai adalah si CB750 ini:

20190214_120830

Soal aliran modifikasi, hmmm entahlah. Gabungan cafe racer dan jap-style ya.. KAlau dikasih ban tahu jadi scrambler.. entahlah, batasan kadang kabur hehe..

Modifikasi motor yang moyangnya di tahun 1969 menjadi the first superbike dengan mesin 4 silinder 736ccnya bisa dibilang sangat sederhana. Modal main livery saja dan modif minimalis sana-sini. Cukup copot spatbor belakang, ganti lampu belakang-belakang, jok, spatbor depan, silincer, setang, spidometer dan livery…jadilah motor ini.

20190214_120830-1

Kalau di Indonesia, termasuk modif ringan dan murah karena bisa pasang sendiri dan memang di Indonesia harga parts modifikasi itu sangat murah. Serius Bro, murah banget.. Kalau pakai parts bikinan Eropa juga, wah tau sendiri kan parts macam Rhizoma, Gilles, Domino, Brembo dkk..

20190214_120837-1

Di motor ini sih termasuk modifikasi irit. Namun, di situ justru serunya. Kalau paduannya tepat, gaya minimalis ini asik.. Wah saya jadi suka hehe.. maklum, lama ga liat motor berkeliaran sih ya.. CB Sevenfifty ini memang sekarang secara tenaga ga ada apa-apanya, tetapi motor yang di tahun 1969-1978 dan direborn di 1992-2002 tetap punya daya pikat tersendiri. Mungkin karena jumlahnya yang banyak ya. Produksi yang sampai tahun 1978 saja jumlahnya lebih dari 550 ribu unit.

20190214_121126

Si Tiger Hitam Blog Sesat yang penuh sejarah berulang tahun ke 21 di tahun 2019 ini. Motor Tiger generasi logo timbul pertama yang lahir 1997 akhir ini punya pajak yang alhamdulillah terjangkau hihi.. Tahun harus bayar pajak 157.500.

IMG_20190126_115744

Alhamdulillah ga mahal dibanding pajak motor baru. Inilah enaknya piara motor tua ya. Ga enaknya sih di borosnya hehe.. Ya nanti kalau ada waktu dan ada rejeki, si Tiger Hitam mau dirapih-rapihin lagi, terutama performa mesinnya yang sudah terlalu bergetar dan sama sekali tak efisien. Yup, boros, tapi tenaganya tak ada.

Sekarang, nabung dulu lah hehe…

Apa yang terlintas kalau kita mendengar merk Moto Guzzi? Kebanyakan pasti terbersit motor Italia dengan mesin V melintang seperti Boxer BMW yang genrenya kebanyakan street bike cruiser yang bergaya retro.

Nah, yang kita akan pdkt kali ini merupakan Moto Guzzi produksi massal yang paling sporty dan punya tenaga paling besar! Paling besar buat ukuran Moto Guzzi ya, kalau dibandingkan Ducati, ya cuma jadi bahan becandaan doang..

20170409_142016

Gimana Bro? Ga peduli kan performanya bakal jadi bulan-bulanan Ducati, toh tampangnya ga kalah keren kan. Bahkan soal eksklusifitas, dijamin bisa lebih baik dibandingkan produk pabrikan asal Bologna itu..

Di zamannya motor balap mengandalkan full fairing plastik, Moto Guzzi segurih MSG ini berani tampil setengah telanjang memamerkan mesin V2 1200ccnya. Ga jauh beda dengan HD, bunyi motor balap dengan teknologi mesin masih mengandalkan pendingin udara ini punya bunyi seperti helikopter hehe.. Dengan putaran mesin 2000 rpm saja, si motor balap berteknologi minimalis ini sudah siap melaju mantab.

20170409_142008

Namun, kalau dilihat dari tampilannya, jangan coba-coba dibawa ke jalan umum perkotaan ya. Tanpa lampu-lampu dan spion, motor ini hanya akan jadi santapan lezat oknum hihi.. Ya ga salah juga, kan melanggar dan bisa membahayakan diri sendiri atau pengguna jalan lain. Hmmm, tapi ada versi jalan rayanya juga deh..

Seperti Ducati, bunyi kopling kering ini bisa dinikmati di Moto Guzzi MGS-01. Soal rasa berkendara, ternyata ga nyaman-nyaman amat, ya tipikal motor Italia lah.  Katanya sih kalau digeber, motor berasa ketarik ke kanan.. Ya seperti BMW Boxer lah. Mungkin lebih kuat lagi ya, apalagi mesin ini diklaim mesin V2 boxer bawaan pabrik dengan tenaga terbesar.

20170409_141747

20170409_141729

Meskipun mesinnya berkapasitas besar, motor ini asik diajak jalan pelan-pelan di perkotaan, ya walaupun koplingnya berat. Beda dengan mesin Moto Guzzi lainnya yang kecil-kecil tenaga puncaknya, MGS-01 menjanjikan tenaga puncak 124 PS dengan torsi maksimum 114 Nm. Lumayan kan, peak power ala 600cc 4 silinder dipadu torsi maksimum ala motor 1000cc 4 silinder. Motor dengan 6 tingkat percepatan ini bisa berakselerasi dari 0-200 Km/jam dalam 10,7 detik saja. Top speed terhitung lumayan untuk ukuran mesin melintang berpendingin udara, bisa sampai 251 Km/jam.

20170409_141644

Meskipun torsinya besar, dari 1800 rpm ke 4000 rpm dikatakan tenaganya masih ogah-ogahan. Mulai 5500 rpm hingga 8000 rpm lah tenaganya tersalur sempurna. Pendek ya nafas mesin V2 ini, ya ga bisa dibandingkan dengan Ducati tentunya. MGS 01 punya masalah nafas pendek layaknya motor V2nya Yamaha, sebut saja MT 01 yang juga terkenal bernafas pendek.

Yang pernah jajal Yamaha Dragstar pun paham juga deh, putaran bawah asik, sampe menengah tau-tau mesinnya kaya berhenti berakselerasi hihi… Ga seru sama sekali buat yang doyan motor berperforma balap, maklum, motor tak mau menjerit…

20170409_141635

Soal rangka dan stabilitas, wah ternyata oke. Lihat merk suspensi dan remnya saja kan sudah jaminan mutu. Posisi duduk pun mirip dengan superbike 1000cc negeri sakura. Tanki dirasa tak terlalu panjang dan pengendara tak terlalu merasa ditarik ke depan untuk menjangkau setang. Distribusi bobot pun dinilai prima. Posisi mesin katanya bisa ditempatkan sangat kedepan berkat konstruksi spesial gearboxnya. Rangka, link monoschock, lengan ayun, footstep dan tuas rem belakang, semuanya terpasang ke rumah gearbox.

20170409_141625

Bagian ini dinilai istimewa dan dibuat dari satu blok utuh yang dikerjakan dengan mesin bubut sehingga dianggap salah satu seninya motor ini. Dan ini dikatakan mahal, seharga lebih dari satu unit motor baru motor Korea..

20170409_141722

20170409_141709

20170409_141613

Tertarik dengan motor yang dikatakan sangat stabil meskipun sedang dalam kecepatan top speednya ini? Untuk versi jalan rayanya, mohon sediakan 28900 Euro hihihi… Ya berarti sudah hampir 2 kali harga motor superbike Jepang ya.. Terhitung mahal untuk sebuah motor, tetapi murah dibandingkan harga tas sosialita wkwk…

sumber:

https://www.motorradonline.de/motorraeder/test-moto-guzzi-mgs-01-corsa.102761.html

 

Satu lagi motor Italia yang kurang tenar, Bianchi (ga pake kaleng). Sosoknya yang dari jauh seperti Ariel Red Hunter lumayan membuat mata melirik. Gaya motor yang terbit di antara kedua Perang Dunia bisa dibilang klassik elegan.

20170409_142938

Dari hasil googling yang tak terbilang mudah, ketemu juga akhirnya ini motor kira-kira motor apa. Berdasarkan hasil analisis Blog Sesat, motor ini adalah motor keluaran tahun 1938, dan yang bikin takjubnya, kapasitasnya ternyata 250cc saja.

20170409_143147

Maklum, tertipun dengan jumlah knalpotnya yang 2 itu. Hmm mungkin hanya desainnya yang twinport ya.

20170409_143005

Sulit untuk mencari informasi tentang pabrikan motor yang eksis di tahun 1897-1967 ini. Ya kalau bisa bahasa Italia, tentu bisa lebih mudah untuk mencari tahu satu persatu model motor yang tahun 1930an ini berjaya di bidang motorsportnya.

20170409_142958

Sayang sangat sulit untuk mencari informasi lebih tentang motor yang suspensi depannya masih cangkang dan suspens belakang tak ada alias rigid. Justru di kalangan penggemar motor klassik, motor kaya begini justru harganya sangat tinggi.

20170409_143129

Bahkan di dunia custom, ada bengkel yang justru sengaja membuat suspensi depan cangkang untuk melengserkan ssupensi teleskopik. Ya redaman benar-benar dipercayakan saja ke kekenyalan ban, kelenturan rangka dan per di tempat duduk rider.

20170409_143101

Buat yang doyan motor klassik, Bianchi ini bisa dibilang wow.. Kondisinya berkilau dengan tanki chromenya. Tak sebatas suspensinya saja yang klassik, bagian lainnya pun benar-benar bisa merepresentasikan teknologi di zamannya. Spidometer saja tak ada. Yang nempel di tanki layaknya motor-motor mewah model cruiser terkini itu bukan spidometer, melainkan pengukur tekanan oli semata.

20170409_143037

20170409_143050

Maksud hati ingin cerita lebih tentang motor klassik nan cantik ini. Sayang, susah luar biasa mencari tahu tentang motor 4 tak yang berkaburator Dell Orto ini. Tahun berapa keluar dan yang cc berapa ini pun sebenarnya Blog Sesat tak yakin wkwkwk.. Daripada menyesatkan dan dianggap hoax, kami pun memutuskan diam dan menyudahi sampai di sini hihi…

20170409_142929

tersesat muter-muter

  • 2.430.414 x 1000 rpm

Kata yang tersesat

arieslight pada Tidur Terlalu Lama……
Poleng pada Tidur Terlalu Lama……
arieslight pada Cakram Lebar Thunder 125
abdul rosid. pada Cakram Lebar Thunder 125
Sulthony Buluati pada Ban Lebar di Velg Standar Thun…

Waspadalah! Mungkin saya menyesatkan Anda....

Telah Menyesatkan

hmmm

Top Clicks

  • Tidak ada
Follow Motorklassikku on WordPress.com