Yo Bro…Salah satu yang paling mengundang minat saya ke Intermot 2016 adalah kehadiran Suzuki GSX-R 125! Di Motorradonline yang merupakan media roda dua terbesar di Jerman, doi menjadi salah satu motor yang diangkat ceritanya. Ga nyebut-nyebut asal Indonesia sih, tapi dari ceritanya, ini motor menjanjikan sekali di kelasnya.
http://www.motorradonline.de/motorraeder/suzuki-gsx-r-125-abs-auf-der-intermot-2016/770237
Motor DOHC 125 cc berpendingin air ini menjanjikan tenaga 15 PS. Ini tenaga terbesar di kelasnya sport 125 cc! Suzuki mengklaim, ini motor teringan dan punya kemampuan berakselerasi tercepat di kelasnya! Suzuki juga mengatakan ini motor irit, irit ya, bukan teririt tertulis di teks sumbernya.
Fitur keyless, speedometer digital, lampu LED pun membuat doi cukup mengimbangi dalam hel teknologi. Silahkan lihat cockpitnya, sporty banget kan, dan buat saya lumayan rapih dan kokoh, meskipun materialnya tak terlalu halus, itu ditutupi dengan penggunaan cat berwarna hitam.
Lampu depan LED ini secara design biasa saja. Memang tetap single lamp, mengikuti design kakak-kakaknya Gixxer yang memakai single lamp. Di Indonesia mungkin jadi kurang diminati, tapi justru menurut saya ini yang namanya berani tampil beda..Dan lebih aman daripada gangguan polisi error yang mempermasalahkan lampu cuma nyala sebelah kan hehe…
Sisi buritan lumayan oke, meskipun tak bisa dibilang wow..Lampu remnya yang dianggap jelek di foto-foto spyshot yang beredar lalu buat saya sih lumayan, nanti kita bahas deh tentang lampu rem ini, saya akan buat Bro lebih mengerti bahwa ini lampu rem keren hehe..
Lampu rem ini mengikuti Gixxer kapasitas besar juga yang kini tak lagi menggunakan 2 mika lampu rem. Terlihat kurang gahar sih, tapi tampaknya Gixxer memilih gaya minimalis kompak, satu rem depan, satu rem belakang…
Spatbor belakang lumayan besar, pasti aman dari nyiprat, garansi deh.. Entah di Indonesia bakal pada doyan atau tidak dengan spatbor belakang selebar ini. Saya sih suka. Namun, saya tak sempat melongok saking ramainya, apakah spatbor ini mudah diganti dengan aftermarket yang lebih mini.
Yang bikin keren buritan belakang adalah design body belakang yang khas dan knalpot dengan dua lubang dalam satu silencer. GSX-R 125 yang akan menjadi GSX-R 150akan tampil fresh!
Bagaimana fairingnya dan bodynya? Saya sih suka hehe..tapi maaf, saya tak bisa bandingkan dengan CBR150R atau R15, karena saya tak pernah menyentuh kedua motor itu dan mengamati dengan seksama. Jadi, saya hanya bisa mendeskripsikan tanpa membandingkan. Berikut mudah-mudahan bisa memberikan gambaran kualitas GSX-R 125 yang pasti akan menjadi GSX-R 150 di Indonesia! Kenapa saya berani bilang pasti??? Hehe..baca sampai habis ya artikelnya…
Bodi saya nilai kokoh dan singset. Saya coba godek-godek tetap kuat dan yang keren, desainnya sudah 3D, jadi motor terlihat rapih. Kualitas cat versi Suzuki MotoGP ini dengan glitternya juga menggoda banget, keren!
Jok sangat sporty, nyaman diduduki. Kalau saya pencet-pencet sih lumayan empuk, entah kalau dipakai dalam jangka waktu lama. Namun, duduk di joknya asli enak karena bentuknya di depan didesain mengerucut, jadi buat macet-macetanpun tak terlalu menekan paha bagian dalam.
Motor ini dilengkapi dengan Velg palang 10 ring 17 dibalut ban Dunlop made in Indonesia (lebar ban depan 90 dan ban belakang 130) dan rem cakram sudah depan belakang. Bagaimana Bro, sama ga dengan punya New Satria 150? Saya tidak hapal hehe.. Ya semoga sih mata kucingnya tetap dipertahankan ya pas beredar di Indonesia..
Orang Jerman yang biasa dengan moge sih ada yang komen, imut banget nih suspensi depannya hehe…
Karena harus memenuhi Euro4, motor yang kelas bulu pun sudah harus dilengkapi dengan ABS. Bisa dilihat kan dari ring sensor ABS dan tentunya stickernya..ya eyalah, masa sticker bawaan ngibul wkwk…
Saya suka foot stepnya..Tampak cilong berkilau dipoles…
Sektor lengan ayunnya biasa sajaaa.. Ban Dunlop 130 di belakang pun terlihat pas, tapi tidak cukup memberi nuansa moge ke motor kelas pemula ini.
Tampaknya Suzuki juga berusaha segera mendapatkan feedback dari para remaja yang menjajak duduk dan mengamati si Suzuki Gixxer termini ini. Saya coba foto saat mereka sedang wawancara, eh gak boleh wkwkw.sok rahasia-rahasiaan nih, makanya saya foto dari kejauhan.. Si mbak-mbak ada dua orang memegang kuosioner dan menanyakan pendapat para calon konsumennya.
Oke, kembali ke pembahasan kenapa harus optimis… Di kelas sport 125 cc sekarang kan memang ada KTM Duke 125, Yamaha YZF-R 125 dan Aprilia RS4 125, ya itulah yang sekarang kita anggap pemain besarnya, yang gurem-gurem banyak Bro, motor-motor Cina gitu yang sampeyan sepertinya belum pernah denger juga mereknya…
Nah, Yamaha, KTM dan Aprilia menjual motor dengan spek tinggi! Apalagi Yamaha, paling mahal! Nah, Suzuki di sini masuk mengantikan Honda CBR125R yang tak dijual lagi, dan Suzuki dari pengamatan saya mengincar harga murah!
Tuh, remnya Bybre..ngejar harga murah kan…. Sama lah dengan KTM heheh….
Dari keterangan di Motorradonline, Suzuki menargetkan bukan hanya biker pemula saja, tetapi untuk pasar yang lebih luas, untuk sekolah, kerja, mobile di perkotaan dan buat jalan-jalan akhir pekan! Jadi secara emosional memang tak semewah KTM, Aprilia dan Honda, tetapi mereka mementingkan sisi fungsionalnya! Dan inilah yang akan diuber oleh GSX-R 150 di indonesia nantinya!
Berbeda dengan motor macam Yamaha R-15 dan Honda CBR150R, saya rasa Suzuki yang memang sama-sama 150 cc ini lebih mementingkan bobot ringan dan lincah! Body memang sama-sama full fairing, tetapi ini motor kecil banget, kaki saya menjejak dengan sangat mudah, hampir terasa seperti bebek karena kecil. Nih, ini anak kecil aja seneng banget karena kakinya nyampe, dan itu jadi daya jual Suzuki di Jerman, bahkan mereka menempel di tanki Gixxer mini keterangan tentang tinggi jok yang rendah!
Ini anak kecil ya Bro, tingginya saya rasa belum sampai 160 cm. Dan dia seneng banget kakinya menjejak!
Nah, kalau R15 dan CBR150R didesain untuk mereka yang ingin tampilan segede moge, Gixxer 150 nantinya justru akan mengincar mereka yang ingin moge mini dalam ukuran yang mini, tetapi tenaga mumpuni! Toh dengan mesin New Satria 150 saja sudah lebih besar tenaganya dibandingkan 2 kompetitornya kan? Apalagi kalau Suzuki memutuskan menambah powernya! Ingat Bro, dari FXR ke Satria FU, tenaga diturunkan lumayan kan, nah kalau dari Satria ke Gixxer nanti, bukan tak mungkin dikasih tenaga lebih dari 20 PS lho.. Kalau sudah begini, siapa yang tak tergiur??? (Jangan ngomongin dealer pada tutup ya hehe…)
Oke, sebagai penutup, masih ingat kan, Motorplus yang membocorkan nomor rangka Gixxer 125? Bocor sudah bahwa itu bikinan Indonesia.. Ini saya kasih lagi, maaf tapi kecil, tapi masih kebaca lah nomor rangka dimulai dengan MH:
Memang sih, sudah pada tahu… Nah, saya kasih bocoran lain ya yang menambah keyakinan ini motor bikinan Indonesia, ya minimal velgnya hehe..nih:
Masih belum puas??? Ini lagi nih, lebih keren lagi bocorannya… Dan fix, pasti 99% ini motor justru sebenarnya yang turunan GSX-R 150! Sebab knalpotnya saja tertulisnya GSX-R 150 Indonesia!
Gimana Bro??? Semoga puas ya… Btw, menurut Ki Gede Anue, ini motor harus optimis laku keras di Indonesia ibarat Satria atau Thunder 125 di awal kemunculannya! Soal performa, motor-motor lain sekelas pasti putus Bro..Ini motor kan dibuat di planet lain! Buatan Suzuki Tambun Bekasi kan?? Hehehe…..
62 komentar
Comments feed for this article
9 Oktober 2016 pada 2:20 pm
gilaroda2ga
Josss Made in Bekasi!
10 Oktober 2016 pada 10:55 am
arieslight
Planet lain hehe…
9 Oktober 2016 pada 3:20 pm
ardiantoyugo
finishingnya kurang rapi ya…??
tapi difoto nampak rapi banget gitu…
10 Oktober 2016 pada 10:59 am
arieslight
oo rapi ya..hehe.. body2 keren, kokoh, tapi bagian setang menurut saya kurang halus..sama batang sok juga kulit jeruknya kelihatan..mungkin R15 dan CBR gitu juga, saya ga tau, maklum hehe..
9 Oktober 2016 pada 9:02 pm
tmcblog.com » Ini Bukti jejak nama Suzuki GSX-R150 di sosok GSX-R125 . . . berikut detail detailnya
[…] rem depan By Brembo alias Bybre . . mengenaifoto foto lain silahkan sobat mengunjungi langsung blog bro arislight dari Eropa . . semoga […]
10 Oktober 2016 pada 11:00 am
arieslight
Terima kasih Mas Taufik
9 Oktober 2016 pada 9:52 pm
Robiyana
Wkwkw planet lain.. Btw salam new reader, hehe
10 Oktober 2016 pada 11:01 am
arieslight
salam kenal Bro..terima kasih sudah mampir
9 Oktober 2016 pada 10:39 pm
are wege
Kira Kira di bandrol berapa ya???
10 Oktober 2016 pada 11:05 am
arieslight
KTM Duke 125 lebih mahal sekitar 600 Euro dibandingkan CBR125R Bro, jadi sekitar 8 jutaan lebih murah. Kalau diumpamakan Suzuki akan menjual menggantikan pasar CBR125R, ya lumayan kan bedanya, potensi di Indonesia kalau dijual nanti patokannya bisa juga dibandingkan KTM Duke 200, dia pasti lebih murah sampai jutaan rupiah
10 Oktober 2016 pada 2:09 am
lekdjie mumet-ndhase.com
Masih ada to blog sesat ini..kirain dah digulung pake mesin boxer buatan Jerman
10 Oktober 2016 pada 11:06 am
arieslight
MAsih Dab, cuma sering gangguan kejiwaan dan mumet Ndhase hehe..
10 Oktober 2016 pada 5:14 am
DAZZ
Spatbor belakang tuh ada baut nya digambar keliatan 3 biji… modal obeng jadi mini dah.. kayak yg di indihe
10 Oktober 2016 pada 11:08 am
arieslight
praktis juga, ada spatbor musim kemarau dan spatbor musim hujan
10 Oktober 2016 pada 5:53 am
abadi83
Iki sing mampir angkatan sesatttt
10 Oktober 2016 pada 11:09 am
arieslight
tetap sesat tetap semangat Bro….
10 Oktober 2016 pada 8:06 am
B lmp
Dsain sih masalah selera ya menurut saya.. Contoh R15 ada yg bilang keren ada yg bilang biasa aja bgtu jga all new cbr150
Jdi ya tergantung sis mengolah promosi si GSX-R150 ini nantinya
Masalah dealer pada tutup memang iya benar adanya.. Tpi bukan smuanya tutup kok..
Msh banyak jga yg buka..
Poin penting nya cma di promisi.. Pabrikan suzuki yg paling lemah di promosi.
10 Oktober 2016 pada 11:10 am
arieslight
Saya yakin laku karena performanya Bro..dan ini motor dinakin kecil, ringan, pasti banyak yang seneng sih, sama kaya kenapa beat dan mio laku…
10 Oktober 2016 pada 8:09 am
Kobayogas
Wah mampir di blog sesat yang sekarang ada di planet lain hehe.. Salam kenal Mang.. kalau liat dr foto sih ini finishing rapi punya loh…
10 Oktober 2016 pada 11:12 am
arieslight
Wuih Mang Kobay mampir.. saya silent reader blognya Mang Kobay..ngiri sampeyan bisa geber motor2 2tak 250cc hehe..
Saya bilang kurang rapi karena saya habis ngulik-ngulik Fireblade,VFR800 sama CB 1100 Bro..kebawa2 jadinya, maklum hihi
10 Oktober 2016 pada 11:16 am
Kobayogas
Aduh saya jadi terhura dan tersanjung episode 66 kekekek.. ternyata diam diam suka mantau..
250cc 2 tak mah ajib..saya consider diri saya sangat beruntung bisa tes hehe..
Oalah pantes setelah liat liat yg Mahal sih wkwkwkw.. tq udah bales Komen yah.. appreciate it
10 Oktober 2016 pada 3:57 pm
arieslight
Dari zamannya Kang Kobay make Shiro (Z250 putih) sudah dipantau kok hehe…
10 Oktober 2016 pada 8:52 am
ecekeben
punten ah…. ngiring ngalangkung….
10 Oktober 2016 pada 11:12 am
arieslight
mangga Bro….
10 Oktober 2016 pada 9:01 am
ARIPITSTOP » Suzuki GSX-R125 di Indonesia Akan Bernama GSX-R150, Ini Penampakannya
[…] dari blognya motorklassikku disitu jelas2 memperlihatkan knalpot GSX-R125 tercetak nama GSX-R150 indonesia. Selain kemarin […]
10 Oktober 2016 pada 11:13 am
arieslight
Terima kasih Mas Ari..
10 Oktober 2016 pada 9:45 am
LT
jos
10 Oktober 2016 pada 11:13 am
arieslight
jos take my heart lah wkwkw…
10 Oktober 2016 pada 9:48 am
gsx 150
aku wingi yo wes numpak i kang.. rasane kenyes-kenyes gituu …
10 Oktober 2016 pada 12:14 pm
gaplek mania
tak coba ikut komen…
nganu.. headlampnya butuh waktu agak lama mencerna desainnya.. sepertinya lebih mungil jika dibandingkan cbr K45 (cbr lokal gen 1)
10 Oktober 2016 pada 3:59 pm
arieslight
gemes ya… ga disamain aja sama MV Agusta atau Gixxer 1000..Ane pikir justru desain ini di Eropa yang beda sendiri Mas..KAlo di Indo malah mirip Supra hehe
10 Oktober 2016 pada 12:29 pm
Billy Abzys
Poin yg sgt penting yaitu rating jd naik,, hoooaahhaaaahaa
10 Oktober 2016 pada 4:00 pm
arieslight
hehe… tapi siap2 abis naik pasti ada turun Bro hehe
10 Oktober 2016 pada 12:46 pm
dev
gara gara artikel ini bkig motorklasikku disebut sebut oleh 2 blogger kondang… bakal makin terkenal nih warung.. 🙂
10 Oktober 2016 pada 4:01 pm
arieslight
tenar sehari aja Bro hehe..
10 Oktober 2016 pada 3:26 pm
Pertamax7.Com –Confirmed : Namanya Suzuki GSX-R150 - Pertamax7.Com -
[…] sudah baca blognya om tersesat di motorklasikku ( disini ) nampak embos dibagian bawah knalpot Suzuki GSX R-125 yang ternyata sama dengan Suzuki GSX-R150 […]
10 Oktober 2016 pada 4:02 pm
arieslight
Terima kasih Mas Ipan…
10 Oktober 2016 pada 3:45 pm
Kakikuda
Dah ngerti kalau iwb posting ini di blognya om ? Soalnya ane liat ga ada link ke artikel ini. Cuma nyebutin nana blog aja.. rada pelit juga ya.. padahal kalau link nya ditulis diblog kan rating linknya blog ini bakalan naik di google.,
10 Oktober 2016 pada 4:04 pm
arieslight
Belom lihat Bro..disebut juga sudah alhamdulillah hehe…ngeri juga kalo dilink di sini jadi ada bakar2an..di sini biasa sepi dan damai kaya kuburan hehe…terima kasih sudah mampir
10 Oktober 2016 pada 3:55 pm
cuka
Ko ban di ganti malah dari irc exato ke Dunlop sih jd jelek.
10 Oktober 2016 pada 4:05 pm
arieslight
Ane senengnya Dunlopnya bikinan Indonesia, dan merk dipakai di Moto3 dan Moto2 Bro.. di kita murah, belum nongol yang varian mahalnya aja..
12 Oktober 2016 pada 8:49 pm
McLynch
Mungkin istilah OEM awam Bagi publik, tp untuk menentukan penggunaan part OEM (ban kita kategorikan sbg part) bukan asal sembarang pilih mana yg yg sedang laku dipasaran, namun dipilih melalui serangkaian test dr sang pabrikan terhadap para supplier, jika salah satu part sudah jadi OEM, bearti part dr supplier tersebut sudah sesuai dgn standar yg dimau oleh sang pabrikan. Krn ini salah satu pembangunan image produk, apalagi produk gress..
14 Oktober 2016 pada 5:03 pm
arieslight
IRC di Jerman imagenya biasa aja Bro, di Ninja 250 dan 300 series, malah faktor ban bawaan yang selalu bikin penilaian jadi kurang maksimal. Nah, Dunlop di Jerman imagenya supplier Moto3 dan Moto2.
Terima kasih komennya Bro..bener banget tuh tentang part OEM, strategi harga juga dan image sih… apalagi untuk produk baru
10 Oktober 2016 pada 3:57 pm
ipanase
mantabh sesepuh njedul
10 Oktober 2016 pada 4:05 pm
arieslight
ssst.. sepuh dari mana..ane 4l4y gini wkwkw
10 Oktober 2016 pada 4:06 pm
ipanase
wwwkwk ampun suhu
10 Oktober 2016 pada 6:09 pm
arieslight
setelah uangnya ditransfer, saya ampuni hihihi…
10 Oktober 2016 pada 5:40 pm
Trabas
absen\^o^,malem mas bro
10 Oktober 2016 pada 6:08 pm
arieslight
HAllo Mas Bro..di sini masih jam 4 sore…
10 Oktober 2016 pada 7:11 pm
Stevanie
Istimewa .
Good report
Regards
11 Oktober 2016 pada 4:13 pm
arieslight
Thnak you Sist..
11 Oktober 2016 pada 1:46 am
Mas bro
berarti suzuki mengincar pasar anak alay yg belum punya sim dong? hmmm siap2 yg mau beli buat pake kerja mengurungkan diri
11 Oktober 2016 pada 2:36 pm
Malesin
Akhirnya mulai ada percikan api, lol.
Efek link blog kondang nih
11 Oktober 2016 pada 4:13 pm
arieslight
tetap sabar hehe…
11 Oktober 2016 pada 3:00 am
Pertamax7.Com –Suspensi Belakang Suzuki GSX-R150 dan GSX-R125 Monoshock Pakai Link, Mantap ! - Pertamax7.Com -
[…] info tersebut confirmed dari om motorklasikku yang merupakan senior dan nonton langsung,, baca (disini) […]
11 Oktober 2016 pada 4:13 pm
arieslight
Terima kasih Mas Ipan
12 Oktober 2016 pada 9:22 am
Hermawan - MivecBlog.com
Mantab, salam kenal bro.. ijin sedot gambarnya ya 🙂
12 Oktober 2016 pada 3:55 pm
arieslight
Salam kenal, silahkan Bro…
12 Oktober 2016 pada 3:00 pm
tomcat
Semoga laris nih..lasian klo sampe bangkrut…indomobil jgn nutup mata lah.. Sampebfokys ke roda4…roda2 nya dicuekin…pdhal jualnnya ngandelin ertiga…awal2 nongol sih iya laris manis…tp skeg?ga kuat lawan duet maut toyota daihatsu…lam kenal masbro…ok bgt liputannya..mtq bwt tmcblog..jd tau ada blog ini dr wak haji
12 Oktober 2016 pada 3:55 pm
arieslight
Salam kenal Bro…kirain Bro Tomcat yang biasa di sini hehe
14 Oktober 2016 pada 12:25 pm
tomcat s
Wuih, ternyata rame banget, ada GSX-R125 made in Indonesia…. (sambil membayangkan bro Arie senyum-senyum…)
14 Oktober 2016 pada 5:00 pm
arieslight
ya..kaya nemu harta karun haha….