Yo Bro…Salah satu yang paling mengundang minat saya ke Intermot 2016 adalah kehadiran Suzuki GSX-R 125! Di Motorradonline yang merupakan media roda dua terbesar di Jerman, doi menjadi salah satu motor yang diangkat ceritanya. Ga nyebut-nyebut asal Indonesia sih, tapi dari ceritanya, ini motor menjanjikan sekali di kelasnya.

http://www.motorradonline.de/motorraeder/suzuki-gsx-r-125-abs-auf-der-intermot-2016/770237

20161008_144823

Motor DOHC 125 cc berpendingin air ini menjanjikan tenaga 15 PS. Ini tenaga terbesar di kelasnya sport 125 cc! Suzuki mengklaim, ini motor teringan dan punya kemampuan berakselerasi tercepat di kelasnya! Suzuki juga mengatakan ini motor irit, irit ya, bukan teririt tertulis di teks sumbernya.

20161008_144653

20161008_144419

20161008_144322-1

Fitur keyless, speedometer digital, lampu LED pun membuat doi cukup mengimbangi dalam hel teknologi. Silahkan lihat cockpitnya, sporty banget kan, dan buat saya lumayan rapih dan kokoh, meskipun materialnya tak terlalu halus, itu ditutupi dengan penggunaan cat berwarna hitam.

20161008_144523Lampu depan LED ini secara design biasa saja. Memang tetap single lamp, mengikuti design kakak-kakaknya Gixxer yang memakai single lamp. Di Indonesia mungkin jadi kurang diminati, tapi justru menurut saya ini yang namanya berani tampil beda..Dan lebih aman daripada gangguan polisi error yang mempermasalahkan lampu cuma nyala sebelah kan hehe…

20161008_144212

Sisi buritan lumayan oke, meskipun tak bisa dibilang wow..Lampu remnya yang dianggap jelek di foto-foto spyshot yang beredar lalu buat saya sih lumayan, nanti kita bahas deh tentang lampu rem ini, saya akan buat Bro lebih mengerti bahwa ini lampu rem keren hehe..

Lampu rem ini mengikuti Gixxer kapasitas besar juga yang kini tak lagi menggunakan 2 mika lampu rem. Terlihat kurang gahar sih, tapi tampaknya Gixxer memilih gaya minimalis kompak, satu rem depan, satu rem belakang…

Spatbor belakang lumayan besar, pasti aman dari nyiprat, garansi deh.. Entah di Indonesia bakal pada doyan atau tidak dengan spatbor belakang selebar ini. Saya sih suka. Namun, saya tak sempat melongok saking ramainya, apakah spatbor ini mudah diganti dengan aftermarket yang lebih mini.

20161008_144223

Yang bikin keren buritan belakang adalah design body belakang yang khas dan knalpot dengan dua lubang dalam satu silencer. GSX-R 125  yang akan menjadi GSX-R 150akan tampil fresh!

20161008_144456

Bagaimana fairingnya dan bodynya? Saya sih suka hehe..tapi maaf, saya tak bisa bandingkan dengan CBR150R atau R15, karena saya tak pernah menyentuh kedua motor itu dan mengamati dengan seksama. Jadi, saya hanya bisa mendeskripsikan tanpa membandingkan. Berikut mudah-mudahan bisa memberikan gambaran kualitas GSX-R 125 yang pasti akan menjadi GSX-R 150 di Indonesia! Kenapa saya berani bilang pasti??? Hehe..baca sampai habis ya artikelnya…

20161008_144508

20161008_144358

20161008_145245

Bodi saya nilai kokoh dan singset. Saya coba godek-godek tetap kuat dan yang keren, desainnya sudah 3D, jadi motor terlihat rapih. Kualitas cat versi Suzuki MotoGP ini dengan glitternya juga menggoda banget, keren!

20161008_145134

Jok sangat sporty, nyaman diduduki. Kalau saya pencet-pencet sih lumayan empuk, entah kalau dipakai dalam jangka waktu lama. Namun, duduk di joknya asli enak karena bentuknya di depan didesain mengerucut, jadi buat macet-macetanpun tak terlalu menekan paha bagian dalam.

20161008_145142

Motor ini dilengkapi dengan Velg palang 10 ring 17 dibalut ban Dunlop made in Indonesia (lebar ban depan 90 dan ban belakang 130) dan rem cakram sudah depan belakang. Bagaimana Bro, sama ga dengan punya New Satria 150? Saya tidak hapal hehe.. Ya semoga sih mata kucingnya tetap dipertahankan ya pas beredar di Indonesia..

Orang Jerman yang biasa dengan moge sih ada yang komen, imut banget nih suspensi depannya hehe…20161008_144728

20161008_144538Karena harus memenuhi Euro4, motor yang kelas bulu pun sudah harus dilengkapi dengan ABS. Bisa dilihat kan dari ring sensor ABS dan tentunya stickernya..ya eyalah, masa sticker bawaan ngibul wkwk…

20161008_145352

20161008_144759

Saya suka foot stepnya..Tampak cilong berkilau dipoles…

20161008_144304

Sektor lengan ayunnya biasa sajaaa.. Ban Dunlop 130 di belakang pun terlihat pas, tapi tidak cukup memberi nuansa moge ke motor kelas pemula ini.

20161008_144547

Tampaknya Suzuki juga berusaha segera mendapatkan feedback dari para remaja yang menjajak duduk dan mengamati si Suzuki Gixxer termini ini. Saya coba foto saat mereka sedang wawancara, eh gak boleh wkwkw.sok rahasia-rahasiaan nih, makanya saya foto dari kejauhan.. Si mbak-mbak ada dua orang memegang kuosioner dan menanyakan pendapat para calon konsumennya.

20161008_144202

Oke, kembali ke pembahasan kenapa harus optimis… Di kelas sport 125 cc sekarang kan memang ada KTM Duke 125, Yamaha YZF-R 125 dan Aprilia RS4 125, ya itulah yang sekarang kita anggap pemain besarnya, yang gurem-gurem banyak Bro, motor-motor Cina gitu yang sampeyan sepertinya belum pernah denger juga mereknya…

Nah, Yamaha, KTM dan Aprilia menjual motor dengan spek tinggi! Apalagi Yamaha, paling mahal! Nah, Suzuki di sini masuk mengantikan Honda CBR125R yang tak dijual lagi, dan Suzuki  dari pengamatan saya mengincar harga murah!

20161008_144956

Tuh, remnya Bybre..ngejar harga murah kan…. Sama lah dengan KTM heheh….

Dari keterangan di Motorradonline, Suzuki menargetkan bukan hanya biker pemula saja, tetapi untuk pasar yang lebih luas, untuk sekolah, kerja, mobile di perkotaan dan buat jalan-jalan akhir pekan! Jadi secara emosional memang tak semewah KTM, Aprilia dan Honda, tetapi mereka mementingkan sisi fungsionalnya! Dan inilah yang akan diuber oleh GSX-R 150 di indonesia nantinya!

Berbeda dengan motor macam Yamaha R-15 dan Honda CBR150R, saya rasa Suzuki yang memang sama-sama 150 cc ini lebih mementingkan bobot ringan dan lincah! Body memang sama-sama full fairing, tetapi ini motor kecil banget, kaki saya menjejak dengan sangat mudah, hampir terasa seperti bebek karena kecil. Nih, ini anak kecil aja seneng banget karena kakinya nyampe, dan itu jadi daya jual Suzuki di Jerman, bahkan mereka menempel di tanki Gixxer mini keterangan tentang tinggi jok yang rendah!

20161008_144624

20161008_144620

Ini anak kecil ya Bro, tingginya saya rasa belum sampai 160 cm. Dan dia seneng banget kakinya menjejak!

Nah, kalau R15 dan CBR150R didesain untuk mereka yang ingin tampilan segede moge, Gixxer 150 nantinya justru akan mengincar mereka yang ingin moge mini dalam ukuran yang mini, tetapi tenaga mumpuni! Toh dengan mesin New Satria 150 saja sudah lebih besar tenaganya dibandingkan 2 kompetitornya kan? Apalagi kalau Suzuki memutuskan menambah powernya! Ingat Bro, dari FXR ke Satria FU, tenaga diturunkan lumayan kan, nah kalau dari Satria ke Gixxer nanti, bukan tak mungkin dikasih tenaga lebih dari 20 PS lho.. Kalau sudah begini, siapa yang tak tergiur??? (Jangan ngomongin dealer pada tutup ya hehe…)

Oke, sebagai penutup, masih ingat kan, Motorplus yang membocorkan nomor rangka Gixxer 125? Bocor sudah bahwa itu bikinan Indonesia.. Ini saya kasih lagi, maaf tapi kecil, tapi masih kebaca lah nomor rangka dimulai dengan MH:

20161008_144944

Memang sih, sudah pada tahu… Nah, saya kasih bocoran lain ya yang menambah keyakinan ini motor bikinan Indonesia, ya minimal velgnya hehe..nih:

20161008_144346

Masih belum puas??? Ini lagi nih, lebih keren lagi bocorannya… Dan fix, pasti 99% ini motor justru sebenarnya yang turunan GSX-R 150! Sebab knalpotnya saja tertulisnya GSX-R 150 Indonesia!

20161008_144749

Gimana Bro??? Semoga puas ya… Btw, menurut Ki Gede Anue, ini motor harus optimis laku keras di Indonesia ibarat Satria atau Thunder 125 di awal kemunculannya! Soal performa, motor-motor lain sekelas pasti putus Bro..Ini motor kan dibuat di planet lain! Buatan Suzuki Tambun Bekasi kan?? Hehehe…..