Sekitar 2 bulan lalu, adik saya mengeluhkan susah mencari ban ring 18. Ya keluhan yang agak aneh kalau kita dengar beberapa tahun lalu. Namun, saya pikir-pikir ada benarnya. Makin ke sini memang makin sulit mencari ban ring 18, sebab motor-motor batangan sekarang memang pada dibekali ban ring 17.

Ya teringat juga sih waktu saya harus ganti ban Thunder 125 adik saya. Sesampainya di Planet Ban di daerah Depok, mas-masnya bilang, ga ada mas wkwk..padahal saya baru turun dari Thunder 125  dan belum mulai tanya-tanya haha…

Nah, kemarin adik saya akhirnya kirim pesan dan gambar. Thunder 125nya sudah pakai ban FDR 110 ring 18 di belakang dan di depan ukuran 90 ring 18. Begini penampakannya:

IMG_20180805_182433

Ukuran 110 sendiri di velg belakang Thunder 125 menurut saya sudah maksimal. Gejala mendonat sudah terlihat. Namun, sepertinya adik saya tak merasakan masalah pada handlingnya, sebab sebelumnya dia pakai Corsa ukuran yang sama..

IMG_20180805_182351

Kalau ukuran 90 di depan terlihat ideal ya.. Sayang belum dipasang spatbor. Kalau pakai punya GL100 sih kata dia mentok.. Ya masih harus dicarikan spatbor lagi.. Yang bawannya sepertinya sudah rusak. Ya penting, biar tak terkena teguran Pak Pol juga kan hihi…

Oh ya, dia lupa berapa harga pastinya. Untuk ban depan dia bilang keluar 400 ribuan dan ban belakang 350 ribuan, itu tergolong mahal karena termasuk ganti pentil dan isi cairan anti bocor. Ya walaupun sebaiknya dihindari ya pemakaian cairan anti bocor itu karena sering merusak pentil ban dan bahkan bisa “memakan” velg. Saya lihat-lihat dan perkirakan, cairan ani bocor plus pentil sekitar 50 ribu. Berarti harga ban FDR ukuran 110/18 sekitar 350 ribu dan yang 90/18 sekitar 300 ribu rupiah.

Wah, mahal juga ya hihi.. Namun wajar juga sih, karena sepemerhatian Blog Sesat, FDR termasuk ban berkualitas baik dengan harga terjangkau. Ya sedikit di atas Corsa lah.. Ya tentu tergantung tipe-tipe juga ya, tapi buat orang awam semacam saya, ya imagenya begitu..