Ketika blog-blog terkemuka tanah air banyak mendapat undangan dari berbagai pabrikan dalam rangka peluncuran produk baru mereka, blog sesat yang gurem ini juga tidak kalah. BMW Motorrad AG juga mengundang salah satu wartawan gaib kami kembali ke awal tahoen 50-an, yakni ketika BMW hendak meluncurkan BMW R25/3 yang banyak juga wara-wiri di jalanan tanah air.
Motor bersilinder tunggal 250 cc, tepatnya 247 cc, menghasilkan tenaga cukup besar di zamannya, yakni hingga 13 PS @ 5800 rpm. Sampai saat ini lumayan lah untuk menggerakkan motor berbobot kosong 150 Kg ini. Mesin 4 tak yang hanya berkompresi 7: 1 ini sangat digemari di tanah air, karena cukup minum premium (gaknyambung.de). Para pengendara BMW yang touring ke daerah-daerah pun tak perlu pusing-pusing memikirkan susahnya mendapatkan pertamax. Konstruksi penerus daya dengan gardan pun sudah terbukti kehandalan dan kepraktisannya, bukan sebatas gaya! Tidak perlu takut debu dan air, tinggal mengganti oli gardan saja secara teratur. Jadi, kalau mengganti oli BMW klassik ini, tinggal beli oli berkekentalan 20 sebanyak 1-1,25 liter dan seliter oli gardan. Oli mesin, gardan dan girboks diisi secara terpisah. Praktisnya, oli girboks dan gardan hanya menggunakan oli gardan itu, bahkan tidak sampai 1 liter.
Motor yang diproduksi dalam periode 1953 hingga 1956 sebanyak 47.700 unit ini dulunya dilego di Jerman seharga 2060 DM, atau sekitar 1000 Euroan. Kehebatan BMW untuk investasi tidak perlu diragukan, saat ini di pasar Jerman sendiri, BMW R25/3 dengan kualitas top sudah menyentuh 7200 Euro! Mungkin secara harga belum semahal motor Superbike baru, tetapi kalau di Jerman sendiri, motor klassiklah yang dihormati dan menjadi pusat perhatian, bukan motor-motor superbike ataupun chopper baru!
R25/3 yang masih fit bisa digeber hingga 119 km/jam, lumayan kan… Namun, di tanah air tentunya sangat-sangat jarang yang tega menggeber si “semut hitam” dengan sesadis itu. Versi yang memakai sespan juga ada lho. Bedanya tentu pada rasio gigi yang lebih ringan sehingga top speednya hanya 88 km/jam. Soal konsumsi bensin, motor ini bisa dibilang cukup irit. 100 Km hanya membutuhkan 2,9 liter. Artinya, dengan kapasitas tanki 12 liter, motor ini bisa menempuh hingga 400 km lebih!
Motor klassik yang satu ini tampaknya juga dirancang untuk siap bekerja keras. Bukan terlihat hanya dari bukti nyata, dimana saat ini R25/3 masih banyak yang keluyuran, tetapi bisa dilihat dari data teknisnya. Motor manis ini bisa menanggung bobot hingga 320 Kg (termasuk motor) dan yang versi sespan bahkan hingga 450 Kg! Tidak heran di usia yang sudah lebih dari setengah abad, tulang belulang bawaan doi tetap bisa diandalkan!
Test Ride
Buat Bro yang belum berpengalaman naik motor tua alias klassik, pastinya cukup terusik dengan getaran motor ini, terlebih saat start dari gigi satu. Saat motor mulai digas, terasa bergetARRRRR..RRRR..RRRR….. Getaran tentunya semakin terasa pada R25/3 yang tidak terawat. Gigi satu pun bisa dibilang sangat pendek, hanya berfungsi untuk menggerakan motor saja. Namun, mulai masuk gigi 2, getaran berkurang banyak. Rasa gregetan akibat gigi satu yang sangat pendek pun hilang, sebab di gigi 2 mulai terasa “normal”, ya cukup panjang lah, begitu juga dengan gigi 3 dan 4-nya, sudah serasa motor Jepang.
Soal riding position bisa dibilang cukup santai. Motor memang bentuknya sangat jauh berbeda dengan motor masa kini, tetapi secara riding position tidak terlalu banyak perbedaan kok. Kaki pun bisa nyaman menapak ke tanah, tidak seperti BMW modern yang sebagian besar cocoknya untuk orang bongsor saja. Suspensi dan rangka bisa dibilang bekerja sangat baik, motor terasa stabil dibawa kencang di jalan lurus ataupun menikung kencang. Suspensi juga cukup mencengangkan dalam melaksanakan tugas, terlebih mengingat usia motor yang sudah bisa jadi lebih tua dari orang tua kita!
Buat mereka-mereka yang sudah bosan dengan motor-motor modern, buat mereka-mereka yang ingin bertualang di dunia motor klassik dan ada rejeki lebih, buat mereka-mereka yang mau motor klassik Eropa yang tidak doyan meler olinya, R25/3 bisa jadi pilihan yang terbaik. Untuk Bro yang mau mulai main BMW klassik, R25/3lah motor entry levelnya. Saat ini yang bersurat dan bisa dibilang berkondisi bagus sudah mulai menyentuh 40 jutaan. Terakhir ada sumber gaib menyebutkan, R25 sudah ada yang laku hingga 52 juta rupiah! Bayangkan, tahun 1998 masih ada yang beli 300 ribu saja!
Orang sesat ada yang mengatakan:” if you want to be happy for one day…drink! If you one to be happy for a year…get married! If you want to be happy in your entire life, buy a BMW!”
Foto: HP-Klassikku
Sumber tambahan:
http://www.bmw-einzylinder.de/Start/baureihe/r25_3/techdata/r25_3-daten.php
36 komentar
Comments feed for this article
8 Mei 2010 pada 10:45 am
zukro
pertamac, btw GmBH itu kepanjangan apa bro?
9 Mei 2010 pada 9:40 pm
nadi
GmBH = German motore mBaHmu….
10 Mei 2010 pada 2:11 pm
arieslight
haha…kalo mbahku dulu punya ducati kaya sepeda..duh kemanakah tuh motor atu? mo ta’ gebet biar bisa masuk DDOCI hhihihihi
10 Mei 2010 pada 2:25 pm
nadi
Weh, nggak bisa masuk DDOCI bro. Gabung aja ke klub sepeda mesin Bro Irwan
10 Mei 2010 pada 2:30 pm
jomblo ati
ahahahahahahaha….. 😆
perut gw sakiiittt….
8 Mei 2010 pada 11:15 am
Supra XX
gmbh= gut morning … (lanjutno dw)
10 Mei 2010 pada 2:12 pm
arieslight
sebenernya singkaan dari Gesellschaft mit beschraenkter Haftung, kalo bahasa Indonesianya perseroan terbatas kali ya…
8 Mei 2010 pada 12:54 pm
kentadis
woh, pengen aku
yg jelek jelek aja, kr2 5jt dpt g y? Hhe
lha vespa klasik ’66 q ditawar 4jt e, kalo ada bmw 5jtan, q lpas deh vespa q
8 Mei 2010 pada 2:57 pm
asmarantaka
vespa ijo royo2…xixixiix
10 Mei 2010 pada 2:14 pm
arieslight
pasti dapet Bro..ya tapi 15 tahun lalu ya hahaha….
Vespa juga dah mahal2 kok, palagi yang orsian n lampunya masih di spatbor depan, harganya ga kira2 juga tuh…ya selevelan ama R25 ini lah…
8 Mei 2010 pada 2:59 pm
asmarantaka
emang mantap nih motor..naksir ane..xixiixx
10 Mei 2010 pada 2:16 pm
arieslight
marilah kita sama2 naksir… kalo beli, ane ga ikutan ah..atuuuutt (maklum, ane kurang mampu hikshiks….ga papa lah, biar kere, yang penting happy dunia n insyaallah juga di akherat)
11 Mei 2010 pada 4:00 pm
asmarantaka
aminn…
8 Mei 2010 pada 5:37 pm
Fiqri Caesar
wahahaha, memang enak sih makenya, ga kegedean saya pake sekolah pun santai aja bro slight
10 Mei 2010 pada 2:19 pm
arieslight
haha, gaya bgt ente naek R25 ke sekolah…asal ga ada yang ngajak balap aja ya… yoi Bro, enak, motornya pendek, ga kaya BMW masa kini yang tingginya ampun-ampunan deh (kecuali S1000RR).
saran ane sih, yang orsiannya dilsimpen aja Bro, sayang kalo diparkiran atau dijalan kepentok2 motor orang…
10 Mei 2010 pada 6:28 pm
Fiqri Caesar
wakakak kabur deh kalo diajakin balap jalan dipinggir muka soso santai padahal pengen ngejar hahaha
8 Mei 2010 pada 6:27 pm
blognyamitra
mantaffff 🙂
10 Mei 2010 pada 2:19 pm
arieslight
buat ngebt sih nggak Bro, tapi kalo buat nyantai n foto2, R25 sip bgt deh…
8 Mei 2010 pada 10:43 pm
kilaubiru
indomotoblogger diundang ga?
10 Mei 2010 pada 2:22 pm
arieslight
zaman dulu yang sudah eksis baru blog sesat Bro… coba kalo indomotoblog dah ada, ente semua pasti diundang sama BMW…ada jadinya ane yang ga diundang Bro, maklum, secara komersial tidak menguntungkan hihihii….
9 Mei 2010 pada 8:30 am
adul
Adul serasa makin jadul kalau tersesat kemari di Lampung ada yang nawarin r26 60 jeti… cuma bisa ngiler
10 Mei 2010 pada 2:25 pm
arieslight
wow… R26 sebenernya oke Bro, ini yang malah jarang dan lebih oke buat dikoleksi, tapi emang di Indonesia masih belom terlalu diburu kalo dibandingin R25 atau R27… btw, kalo harganya segitu, mestinya barangnya ledjzaaaaaaaattttt tuh…..
11 Mei 2010 pada 2:47 am
adul
Oh ya….? iklannya sudah sebulan enggak turun – turun dari LampPost …. kemana daku mencari 60 jeti?
9 Mei 2010 pada 9:39 am
one08
aku pernah nyoba nyalain motor jenis ini pake kick starternya… busyet sampai keringatan gak berhasil! 😯
padahal temenku yang punya udah bilang kick nya pake perasaan… berarti perasaanku yang gak jalan ya? wong dia dua kali kick langsung nyala tuh mesin!
10 Mei 2010 pada 2:29 pm
arieslight
hehehe…emang butuh feeling Bro, jadi ga kaya motor jepang, nyelahnya dari engah, ga dari paling atas…
terus kalo tuh motor emang dari dingin, berarti ente dikerjain, soalnya nyalainnya kadang emang agak lama..apalagi kalo akinya soak, kudu banyak diselah dulu biar ada listriknya, kalo dah cukup kekumpul listriknya, baru kuat deh api busi, nah baru deh bisa idup..
tapi emang gitu Bro, ane pertama kali malah ampe nyerah…kalo dipaksain takut selahannya patah…kalo masih orsi, wah 500 ribu sih ada tuh kalo disuruh ganti orsi juga..
tapi, practice makes perfect lah…keep practice Bro, buy BMW, mayan buat invest hihihi (corongbmw.de)
9 Mei 2010 pada 9:42 pm
nadi
Heheheh adikku beberapa bulan lalu sudah memboyongnya ke garasi rumah. Brrrm…. 😀
10 Mei 2010 pada 2:33 pm
arieslight
ane juga baca Bro NAdi, mantebs deh…vixion ente kalah teknologi tuh..ya di gardannya sih hahaha…
lucu juga yah kalo dilihat2, BMW termasuk motor yang kalo pindah kota bisa jauh-jauh…malah motor yang ane foto tuh asalnya dari Solo…
btw, R25 paling cocok buat alon riding…(racun.de)
10 Mei 2010 pada 8:35 am
apdri
pernah ketemu motor serupa ini, ujung knalpotnya berbentuk bulan sabit gepeng, suaranya memekakkan telinga… 🙂
10 Mei 2010 pada 2:38 pm
arieslight
wah, itu dah variasian Bro, emang jadi sangar sih, tapi sayang kuping lah..lagian ciri khas BMW oldtimers kan suaranya yang halus…saking alusnya malah kadang takut mesinnya mati..kalo stasioner bisa rendah bgt sih…
10 Mei 2010 pada 12:49 pm
zukro
@nadi, enaknya kalo mbah ku punya pabrik motor..om nadi tak kasih satu wis.. 🙂
10 Mei 2010 pada 2:24 pm
nadi
Amiiin!!! hehehehe
*namanya kaya merek kacang*
10 Mei 2010 pada 2:36 pm
arieslight
ya…kalo Mbahnya sih dah telat, gimana kalo anaknya si Bro Zukro punya pabrik motor aja kita-kita dibagi satu…syukur2 kalo punya dealer kita dah dibagi xixixi…
10 Mei 2010 pada 2:32 pm
jomblo ati
Hi Roy..!!
10 Mei 2010 pada 2:34 pm
arieslight
waduh, kamane aja Ente…kaya markus aja lagi pada ngilang…susah nih ane ngurus surat motor aneh bin sesat hahaha…
10 November 2010 pada 5:59 am
rendra
wah jadi pengein nih..ada yg mau lego ga ya..tp syaratnya hrs ori dan bersurat,,, kalau ada hub 081382747979..tks. salam
10 Agustus 2011 pada 11:11 am
Classicracer
kalo ada yg mau R27 taun 64 ex pastur sama BSA M20 hub ane : 085220013943 ..