Saringan bensin tambahan bagi saya wajib hukumnya, terutama untuk motor sport alias batangan. Ini dikarenakan posisi tanki dan tutupnya yang tidak terlindung di bawah jok. Air hujan, terlebih lagi kalau hujan deras dan air semprotan cuci steam yang sembarangan seringkali merayap masuk ke dalam tanki. Belum lagi kotoran dan kandungan air dari bensin itu sendiri, terutama ya dari pom bensin cap kuda laut yang kurang menjaga mutunya.
Kotoran dan air ini sangat merusak logam. Biasanya yang diserang pertama kali tentunya tanki dan keran bensin. Banyak kan yang baru 3 tahun sudah menderita kebocoran atau rembes? Jika kotoran ini masuk langsung ke karburator, tidak akan sampai merusak mesin sih, hanya karburator saja yang jadi korban. Di karburator banyak saluran setipis rambut yang bisa tersumbat dan akhirnya performanya semakin menurun, ya misalkan pompa bensin yang macet sehingga buka gas tidak lagi bisa dihentak, sebab motor malah seakan mau mati.
Di Honda Tiger, karbu Keihin 28 mm originalnya tidak bisa dibilang murah, 1,3 juta Bro… Untuk menyelamatkan ini, kita wajib menghadirkan saringan bensin. Ada yang buat motor, ada yang buat mobil. Saya merekomendasikan yang untuk mobil, sebab lebih tahan lama dan sanggup memenuhi permintaan bensin mesin motor yang agak rakus sekalipun. Kalau memakai yang untuk motor, terlalu kecil. Kalau motor kita rakus, bisa-bisa kurang suplai bensinnya, terutama kalau kondisi saringan sudah kotor. Gejalanya, rpm naik dan ngebandeng… tak lama motorpun mati, itu akibat kurang bensin. Karena itulah saya pakai punya mobil. Dibersihkan 3 bulan sekali pun tidak masalah. Harga juga relatif murah, bisa diperoleh mulai 10 ribu rupiah. Selang bensin silahkan gunakan juga yang punya mobil, sebab mutunya lebih baik, bahkan jauuuuh lebih baik: Setelah bertahun-tahun tidak menjadi keras dan akhirnya getas yang bisa mengakibatkan kebocoran.
Foto: HP-Klassikku
10 komentar
Comments feed for this article
15 Desember 2010 pada 7:45 am
Momod
Siipz dah
15 Desember 2010 pada 7:51 am
one08
se 7 bro! part yang penting buat motor harian 😉
15 Desember 2010 pada 9:41 am
dvil
nah ini info yang dicari2, secara nsr jadulku sering mati kayak kehabisan bensin soalnya make saringan bensin motor, pas dilepas jadi ilang masalahnya..
15 Desember 2010 pada 10:11 am
abe
Diphoto filter mobil kijang apa carry tuh Bro ?
15 Desember 2010 pada 1:07 pm
asmarantaka
pakai saringan Tahu bisa om??…xixiixix
*sekedar bertanya Bang Arie Merana…..xixixiixix
16 Desember 2010 pada 11:37 am
j4na
motorQ blom ada genap 2thun udah karatan tangkinya mas…
http://www.dewataspeedblog.wordpress.com
17 Desember 2010 pada 5:37 pm
imuli
Klau Buat Pio Saringan Apa Yg Mantap Bro ???
17 Desember 2010 pada 5:39 pm
imuli
Maksud ane Fuel Filter Mobil apa yg bagus buat pio ????
25 September 2016 pada 3:14 pm
Seftian zulfahmi
Pake filter mobil punya apa bro…?
Ane coba pasang di tiger pake filter mobil carry…tp koq bensinnya gak mw kluar bro…tp bgitu selang yg dr tangki d buka bensin mengucur deras…
Emang bro pake filter mobil milik apa bro…?
26 September 2016 pada 5:54 pm
arieslight
Ane pake punya Suzuki Corsica Bro, kayanya sama carry sama-sama aja deh.. Memang kadang ada yang tipe ga mau ngucur dalam keadaan mesin diam(tidak terpasang ke karburator), tapi selama bisa dipasang di karbu dan motor tidak kecekek bensinnya, artinya berfungsi baik. Tadinya saya pakai saringan bensin punya motor, tetapi terlalu cepat kotor dan mampet, cirinya gas ngebandang (lama turun), kalau sudah parah mesin tak turun rpmnya karena terlalu kering.
Sebelum dipasang ke karbu, saya buka dulu kerannya hingga filter terisi bensin, baru deh selang dari filter dipasang ke karburator. Semoga membantu.