Bro sekalian, di Indonesia biasanya kalau mau cari parts motor bekas, kita bisa pergi ke lokasi-lokasi tertentu yang menjual parts eks motor bekas yang sudah dimutilasi. Lokasi ini misalnya di pasar Minggu, Kelapa dua, Lenteng Agung, Parung dan sebagainya. Jadi wisata tersendiri sih menghabiskan waktu di sini, lihat-lihat, barangkali ada parts yang dibutuhkan.

Seiring waktu, kita lebih senang ngadem di kantor atau di rumah, tapi parts yang kita butuhkan bisa sampai ke tangan. Mencarinya pun relatif lebih mudah, minusnya ya hanya di dalam hal pengecekan barang yang tak bisa langsung dan lebih seksama. Belum lagi risiko penipuan yang tetap membayangi.

Nah, di Jerman, kalau butuh parts motor tua, bisa ke ajang-ajang pasar loak motor/mobil tua. Namun, acara macam ini kan jarang… Nah, mereka juga bisa beli parts itu secara online. Ada penjula pribadi, ada juga yang memang pedagang. Nah, contohnya salah satu pedagang kampakan motor di Bielefeld. Dia rapih memasang daftar motor apa yang dia punya dan ada parts apa saja yang terpapar jelas di website pribadinya. Kalau ada request pun, bisa ditanyakan via email. Doi pun mempersilahkan kalau mau ada yang datang langsung. Mau lihat, kira-kira seperti apa? Penggemar motor tua, terutama motor-motor Jepang macam Honda CB-Twin atau moge-moge 80an pasti nangis hehe…Maklum, motor macam CB200, CB 125 dan CB 175 twin bertumpuk-tumpuk di sini… Kalau mau beli utuh pun, motor macam Honda CB200 original bersurat bisa diperoleh di bawah 2000 Euro. Tentu butuh perbaikan sedikit-sedikit ya.. Namun, cek sendiri, parts originalnya terhitung lengkap! Cuma belum dipoles saja…

Sayang, untuk penggemar BMW tua, tidak ada hehe.. maklum, karena motornya juga mahal, jadi pasti sudah dipisah sama dia..

img-20161202-wa0020