Ada kebanggaan tersendiri mengetahui ada buatan Indonesia yang menjadi bagian di pesawat komersial terbesar dan juga salah satu yang tercanggih saat ini, yakni Airbus A380. Selama ini kan taunya ini pesawat buatan Eropa saja, ya Prancis, Jerman dan Spanyol lah…

20181009_183616

Telat banget ya Blog Sesat baru tau sekarang hehe.. Ya baru taunya juga tak sengaja melihat salah satu cuplikan berita dalam negeri di Youtube. Wah, bahkan beritanya dari tahun 2016.. Ketahuan Blog Sesat kurang up date hihi..

20180922_142709

Tentu pembuat komponen untuk pesawat tak bisa sembarangan. Kualitas harus dipastikan nomor satu! Apalagi yang dibuat ini bagian depan sayap, harus kuat lah… bagian dari alumunium ini tentu harus dibuat teliti dan super presisi.

Siapa lagi kalau bukan PT. Dirgantara Indonesia yang punya kemampuan untuk melaksanakan tugas ini. PT. DI dipercaya Airbus untuk membuat bagian inboard outer fixed, leading edge dan drive rib sayap A380.

20181009_105644

Tak cuma itu, PT. DI juga punya andil membuat komponen sayap Airbus A320, yakni bagian leading edge skin (bagian depan sayap yang bisa turun ke bawah itu lho kalau pesawat mau take off atau landing), engine pylon (bagian yang menghubungkan mesin dengan sayap), dan drop nose (bagian pangkal sayap).

Dan terkejutnya lagi, PT DI sudah sejak 2002 terlibat ya.. Sejak 2002-2015 mereka sudah menyuplai 230 set komponen sayap A380. Hmmm.. Blog Sesat benar-benar payah nih intelijennya wkwkwk..

Ga papa lah.. gini aja sudah senang kok.. Di pesawat favorit ternyata ada buatan Indonesianya!

Monggo dicek sendiri ke sini: