Dulu kita pernah membahas BMW K1, motor 4 silinder sejajar pertama BMW yang penuh dengan terobosan dan menjadi bersejarah tak cuma karena teknologinya, tetapi juga membawa paradigma baru bagi BMW, terutama dalam segi rancang bangun mesin, desain dan pemilihan warna.

Nah, sekarang kita akan kenalan dengan BMW K46. Kalau K1200, K1300 tipe S dan R pasti tahu dong… Nah, K46 ini juga masih seangkatan kok! Malah masih lanjut sampai sekarang di saat K1300 tak dilanjutkan! Bukan apa-apa, K46 ini kan mesinnya sama-sama 4 silinder inline! Meskipun kapasitasnya lebih kecil, mesin K46 lebih modern dan dahsyat! Bahkan menjadi motor bertenaga terbesar di kelasnya! Bagaimana Bro, masa belum bisa nebak, BMW K46 itu apa…. Oke, kita kasih bocoran nih, ini knalpot si K46, kalau tak bisa nebak, jangan bilang up to date dalam hal roda dua ya..:

20161221_213924-1

Tadaaaaa… yup, K46 adalah BMW S1000RR, motor yang sejak lahir dari tahun 2009 lalu sudah begitu menggemparkan dan tetap menjadi yang terbaik dengan BMW HP4nya! Blog Sesat tak bohong lah, S1000RR disebut BMW K46 juga kok… memang bisa dibilang tak ada yang tau karena di media massa tak pernah disebut begitu. Saya juga tak tau, sampai saya baca sendiri di knalpot S1000RR seri Euro 3 ini. Coba dicek:

20161221_213902-1

Kan… BMW K46. Angka 0999 yang diduga keras mengacu ke kapasitas mesinnya yakni 999cc juga turut menjelaskan toh… Yang menarik, meskipun bunyi S1000RR tergolong garang dengan knalpot standarnya, di mufflernya ternyata tertulis hanya 80 dB! Wah, kalau dipasang di motor Tiger saya, nanti harusnya tembus razia dong ya hehe…Ya, itu sekedar muffler sih, kalau bukan knalpot full system bawaan S1000RR, belum tentu jatuhnya di bawah 80 dB.

Iklan